Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi berjudul Asal-usul Candi Singasari dengan menggunakan media wayang beber pada siswa kelas VII-I SMPN 16 Malang / Fransisca Dara Ayu Pertiwi
Main Author: | Pertiwi, Fransisca Dara Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9435/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPertiwiFransiscaDaraAyu.2014.PeningkatanKemampuanMenulisTeksEksplanasiBerjudulAsal-usulCandiSingasaridenganMenggunakanMediaWayangBeberpadaSiswaKelasVII-ISMPN16Malang.SkripsiSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.A.SyukurGhazaliM.Pd.(II)DwiSulistyoriniS.S.M.HumKatakunciKemampuanmenulistekseksplanasiwayangbeber.PembelajaranBahasaIndonesiadiarahkanuntukmeningkatkankemampuanpesertadidikuntukberkomunikasidenganbahasaIndonesiasecarabaikdanbenar.BaiksecaralisanmaupuntulissertamenumbuhkanspresiasiterhadaphasilkaryakesastraanmanusiaIndonesia.Salahsatukompetensidasarkemampuanmenulisuntuksekolahmenengahpertamaadalahmenulistekseksplanasibaiksecaralisanmaupuntulis.PembelajaranmenulistekseksplanasitelahdilaksanakandiSMPNegeri16Malangtetapihasilyangdiperolehbelummemenuhistandartketuntasanminimal(SKM)yangditetapkanyaitu75.PadaobservasidiketahuiadanyapermasalahanyangdialamisiswakelasVII-ISMPNegeri16Malangdalammenulistekseksplanasipermasalahanyangdialamiyaitupermasalahanpadahasildanprosespembelajaran.DaripermasalahanyangditemukanpenelitidangurubahasaIndonesiakelasaVII-ISMPNegeri16Malangberkolaborasiuntukmemecahkanpermasalahanyangdialamniolehgurudansiswadenganmerencanakanpenelitiantindakankelas(PTK).Penelitianyangdilakukanyaitudenganmenggunakanmediawayangbeber.HalinibertujuanuntukmeningkatkankualitaspembelajarandankemampuanmenulistekseksplanasipadasiswakelasVII-ISMPN16Malang.Penelitianinidilaksanakanpadatangal02April2012sampaidengan24April2014diSMPNegeri16Malang.SumberdatapadapenelitianiniadalahsiswadanguruBahasaIndonesiakelasVII-Idatapenelitianiniadalahdataprodukhasilmenulistekseksplanasidancatatanlapanganprosespembelajaran.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanketuntasanpadapembelajaranmenulistekseksplanasidaripratindakan(3225%)kesiklusI(6451%)dansilkusI(6451%)kesiklusII(100%)dalamaspekisidanaspekkebahasaan.Kualitaspembelajaranmeningkatdalamhalkeaktifankerjasamadankeberanian.DarihasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwamediawayangbeberdapatmeningkatkankemampuanmenulistekseksplanasisiswakelasVII-I.BerdasarkanpenelitianpeningkatankemampuanmenulistekseksplanasidisarankankepadaguruBahasaIndonesiauntukmenggunakanmediawayangbeberdalampembelajaranmenulistekseksplanasidanmelaksanakanpembelajaranyangmemotivasisiswauntukaktifdanmerasasenangdalammengikutipembelajaranbahasaIndonesiasalahsatunyadenganmenggunakanmediawayangbeber.