Karakteristik pola pengembangan paragraf dalam artikel skripsi mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang tahun 2013/2014 / Fammy Azmi Arrofi

Main Author: Arrofi, Fammy Azmi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9434/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKArrofiFammyAzmy.2014.KarakteristikPolaPengembanganParagrafdalamArtikelSkripsiMahasiswaJurusanSastraIndonesiaUniversitasNegeriMalangTahun2013/2014.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MartutikM.Pd.(II)DewiPusposariM.Pd.KataKuncikarakteristikpolapengembanganparagrafartikelskripsiKeterampilanmenulisdapatdilihatdariketerampilandalammengolahataumenyajikanide.Keterampilanpenyajianideialahketerampilandalampembentukanparagrafpembedaanantarapokokbahasandansubpokokbahasanpembagianpokokbahasandalamurutanyangmasukakal.Dengandemikianketerampilandalammenulisdapatdilihatdariketerampilanmengolahataumengembangkanidemenjadisebuahparagraf.Dalamsebuahparagrafide-idedikembangkandalambentukkalimattopikdankalimatpenjelas.Kalimatpenjelasdalamsebuahparagrafmenjelaskanataumemberiinformasibaruterhadapapayangdibicarakandalamkalimattopikataukalimatpenjelas.Apayangdibicarakandalamkalimatpenjelasitumerujukdanmenjelaskansalahsatuataubeberapaunsurkalimatbaikyangterdapatdalamkalimattopikataupundalamsalahsatukalimatpenjelas.Unsuryangdijelaskanbisasubjek(S)predikat(P)objek(O)pelengkap(Pel.)keterangan(K)ataugabunganbeberapaunsursepertipredikatdanobojeksubjekdanpredikat.Kalimat-kalimattersebutbertalianhinggamembentukpolatertentu.Polatersebutbisadilihatdarihubunganantarkalimatdalamparagrafunsurmanayangdijelaskanolehkalimatpenjelaspenataangagasandalamparagrafdanlogikayangdipakaidalammengembangkanparagraf.Penelitianinipentingdilakukandanberbedadenganpenelitian-penelitiansebelumnyakarenapolapengembanganparagraftidakdilihatdaripolapikiryangdigunakanolehpenulismelainkandilihatdaripolahubunganantarkalimatyangmembentukpargaraftersebut.Kualitasdalampenulisanartikelpenelitianharuslahjelasruntutdanjugapadu.Kualitastersebutdapatdilihatdariketerampilanmengolahidemenjadikalimat-kalimatyangsalingberhubungansehinggamembentukpolatertentu.Penelitianinibertujuanmelihatdanmenemukanpolahubunganantarkalimatdalammengembangkanparagrafyangadapadaartikelskripsi/artikelpenelitianmahasiswajurusanSastraIndonesiaUniversitasNegeriMalangtahun2013.Penelitianinidilakukandenganmenggunakanpendekatankualitatifdanmerupakanjenispenelitiandeskriptif.DatapenelitianiniberupaparagrafyangterdapatdalamartikelskripsimahasiswaJurusanSastraIndonesiatahun2013/2014.Jumlahdatayangdianalisispadapenelitianiniyaitu67paragraf.SumberdatapenelitianiniberupaartikelskripsimahasiswaJurusanSastraIndonesiatahun2013/2014yangberjumlah23artikel.Instrumendalampenelitianiniadalahpenelitidanalatbantuberupalembarpanduananalisisdanpengodeandata.Pengumpulandatadilakukandenganteknikdokumentasi.DatayangtelahterkumpulselanjutnyadianalisisdenganmenggunakanteknikanalisisdatapenelitiankualitatifyangdikemukakanMilesdanHuberman.Teknikanalisisdataterdiriatastigakegiatanyaitureduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Pengecekankeabsahantemuandilakukandenganketekunanpengamatankonsultasikepadadosenpembimbingdandiskusitemansejawat.Berdasarkanhasilanalisisdataditemukanduakesimpulan.PertamapolapengembangangagasanpadaartikelskripsimahasiswaJurusanSastraIndonesiatahun2013/2014dilihatdariunsurkalimatutamayangdijelaskanolehkalimatpenjelasialahunsursubjek(S)objek(O)keterangan(K)pelengkap(Pel.)dangabunganbeberapaunsurkalimatutama.Gabunganunsurtersebutialahunsursubjekketeranganpredikatpelengkap(SKPPel.)unsursubjekketerangan(SK)unsurpredikatobjekketerangan(POK)anunsursubjekpredikatpelengkap(SPPel.)subjekobjek(SO)danpredikatketerangan(PK).KeduaterdapatempatmodelhubunganantarkalimatdalamparagrafpadaartikelskripsimahasiswaJurusanSastraIndonesiatahun2013/2014yaitumodelsatusimpulmodelduasimpulmodeltigasimpuldanmodellebihdaritigasimpul.Masing-masingmodelmemilikikembangan.Terdapat6kembanganpadamodelsatusimpul9kembanganpadamodelduasimpulsertamasing-masing3kembanganpadamodeltigasimpuldanmodellebihdaritigasimpul.Selaintemuan-temuantersebutditemukan18paragrafyangtidakunity.Haltersebutdisebabkankarenadalamsatuparagrafterdapatlebihdarisatupikiranpokok.Selainituterdapatkalimatyangtidaksalingbertaliandengankalimatyanglain.Saranpenelitianinidisampaikanpadamahasiswadanpenelitiselanjutnya.Bagimahasiswadiharapkanuntukdapatmemperbaikikualitastulisankhususnyadalamtulisanilmiahyaituartikelskripsi.Haltersebutdikarenakanberdasarkananalisisdalampenelitianinidiketahui18paragrafdari67paragrafpada23artikelskripsimahasiswaJurusanSastraIndonesiabelummemenuhisyaratsebagaiparagrafyangbaik.Bagipenelitiselanjutnyaadaberbagaikemungkinanpolapengembanganparagrafdilihatdariunsuryangdijelaskanolehkalimatpenjelasdanpolahubunganantarkalimatnya.Temuandalampenelitianiniperludibuktikandengandatayanglebihberagamagardalampenelitianyangselanjutnyatemuan-temuanbarudapatmunculuntukmemperkuatdanmenyempurnakanpenelitianini.