Kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2013/2014 / Yulian Pipy

Main Author: Pipy, Yulian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9427/
Daftar Isi:
  • PipyYulian.2014.KemampuanMenulisPuisiBebasSiswaKelasVIIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangTahunAjaran2013/2014.SkripsiJurusanBahasaIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SuyonoM.PdKataKuncikemampuanmenulispuisibebas1228812288122881228812288Menulisadalahkemampuanyangharusdikuasaisiswauntukmengungkapkanpikiranpikirangagasandanperasaan.Kemampuanmenulissiswadituangkandalamkompetensidasarmenulis.Melaluikemampuanmenulisdiharapkansiswaberanidalammengutarakanpikiran-pikirannya.Padasaatinipeneilitianmengenaikemampuansiswadalammenulismasihjarangdilakukanuntukitulahpenelitimenelitikemampuanmenulissiswa.Tujuandaripenelitianiniuntukmengetahuikemampuansiswadalammenulispuisidilihatdariaspektemaamanatdiksirima.1228812288122881228812288DatapenelitianiniberupaskoryangdiperolehdarikemampuansiswadalammenulispuisibebassiswakelasVIIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Instrumenpenelitianberuparubrikpenilaianmenulispuisi.Penyekorandilakukandenganmetodeanalitikyaknidenganmemberikanskorterhadapaspek-aspekyangditeliti.Aspek-aspekyangditelitidalampenelitianinimeliputiaspektemaamanatdiksirima.Setelahpenyekoranselesaidilakukanlahpenilaianperaspekberdasarkanpedomanpenilaianyangtelahdilakukan.Analisisdatadilakukansetelahsemuadataterkumpuldenganlangkah-langkahberikut(1)persiapan(2)pengkodean(3)penilaian.1228812288122881228812288HasilanalisispenilitiankemampuanmenulispuisibebassiswakelasVIIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangdilihatdariaspektemamenulispuisidinyatakanbahwasebanyak6siswa(25%)mendapatkankualifikasisangatbaik8siswa(3333%)mendapatkankualifikasibaik10siswa(4166%)mendapatkankualifikasicukupbaik.Halinidapatdiartikanbahwasebanyak24siswa(100%)mendapatkannilaidiatasSKMyaitu75sedangkan10siswa(4166%)mendapatnilaidibawahSKM.Kemampuanmenulispuisidilihatdariaspekamanatmenulispuisisebanyak24siswa(100%)mendapatkankualifikasisangatbaik.Artinyasebanyak24siswamendapatnilaidiatasSKM.Kemampuanmenulispuisisiswadilihatdariaspekdiksisebanyak6siswa(3333%)mendapatkankualifikasisangatbaiksebanyak2siswa(833%)mendapatkualifikasibaik.Halinidapatdisimpulkanbahwasebanyak16siswa(6666%)mendapatnilaidiatasSKM.Aspekrimasebanyak3siswa(125%)mendapatkualifikasibaikhanya5siswa(2083%)mendapatkualifikasikurang.1228812288122881228812288Secaraumumsiswasudahmampumenulispuisibebas.Hanyasajauntukaspekrimamasihsajasangatkurang.SaranuntukguruBahasaIndonesiamaupunpihaksekolahsebaiknyameningkatkankemampuansiswamengekspresikandiri.Saranuntukpenelitilainpenggalianmetodeuntukmenyempurnakanaspek-aspekdalammenulispuisimasihbanyakyangharusdigalikembali.Sehinggaadabanyakcarayangbisadigunakanguruuntukpembelajarandalammenulispuisi.