Pengembangan bahan ajar menulis kreatif puisi baru dengan metode sinektik untuk siswa kelas X SMA / Juma'ati
Main Author: | Juma'ati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9423/ |
Daftar Isi:
- Jumaati.2014.PengembanganBahanAjarMenulisKreatifPuisiBarudenganMetodeSinektikuntukSiswaKelasXSMA.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasMalang.Pembimbing(I)Dr.MuakibatulHasanahM.Pd.(II)Dr.TitikHarsiatiM.Pd.Katakuncibahanajarmenuliskreatifpuisibarumetodesinektik.12288122881228812288Penelitianpengembanganinidilatarbelakangiolehkebutuhanbahanajaryangdisusunsecaraproseduraldansistematis.Berdasarkanhasilpengamatanawalditemukankendala-kendalabahwagurukesulitanmengajarkanmenulispuisikepadasiswa.Selainitusiswamengalamihambatandalammenuliskreatifpuisi.Siswakesulitanmemunculkandiksiberdasarkanide-idekreatifnyakarenakondisiproseskreatiftidaksesuaidengankondisifisikdanpsikissiswa.Olehkarenaitubahanajardibutuhkanuntukmembantukeefektifanprosespembelajarandikelasdanmembantuproseskreatifsiswa.12288122881228812288Bahanajardapatdigunakanuntukmembantukeefektifanprosesbelajarmengajardikelas.Secaraumumtujuanpenelitianinimenghasilkanprodukberupabahanajarmenuliskreatifpuisibarudenganmetodesinektik.Berdasarkantujuanumumtersebutdijabarkanempattujuankhususpenelitianyaitumengembangkan(1)sistematikabahanajar(2)deskripsiisibahanajar(3)penggunaanbahasabahanajardan(4)tampilanbahanajar.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdankuantitatif.ModelpengembanganpenelitianinidiadaptasidaridesainmodelpembelajaranDickCareyyangterdapatempattahapprosedurpenelitianyakni(1)tahapprapengembangan(2)tahappengembangan(3)tahapujicobadan(4)tahaprevisi.Instrumenpenelitianiniberupapedomanpengamatanwawancaradanangketkelayakanproduk.Subjekcobapenelitianinimelibatkansubjekcobaperseoranganyaituahlidanpraktisidankelompokkecilyaitusiswaberjumlah6orang.Databerupahasilmenulispuisisiswayangdianalisisdenganmenggunakankriteriakualifikasikelayakandansaranperbaikandariangket.Teknikanalisisdatakuantitatifdilakukandenganmendeskripsikankelayakanprodukbahanajarberdasarkanpersentasekelayakanprodukbahanajar.Teknikanalisisdatakualitatifdilakukandengan(1)mengumpulkandataverbaltertulisyangdiperolehdariangketpenilaiandanhasilkegiatanmenulispuisikreatifdenganmetodesinektikdan(2)mentranskripdataverbaltulis(3)menghimpunmenyeleksidanmengklasifikasidataverbaltulisberdasarkankelompokujidan(4)menganalisisdatadanmerumuskansimpulananalisissebagaidasaruntukmelakukantindakanperbaikanterhadapprodukyangdikembangkanapakahharusdirevisiataudiimplementasi.12288122881228812288Berdasarkanhasilujicobadenganahlimaterimenulispuisidanpraktisi/gurubahasaIndonesiaaspeksistematikabahanajarmencapaipersentasekeseluruhan8056%aspekdeskripsiisibahanajarmencapaipersentase8333%aspekpenggunaanbahasabahanajarmencapaipersentasekeseluruhan7916%danaspektampilanbahanajarmencapaipersentasekeseluruhan7561%.Aspektampilandarihasilujicobaahlidesainbahanajarmencapaipersentasekeseluruhan7614%.Hasilrata-ratapersentasekeseluruhantersebutdapatdiartikanbahwaseluruhaspekbahanajarmenuliskreatifpuisidenganmetodesinektiklayakdandapatdiimplementasikan.12288122881228812288Berdasarkanhasilujicobadengankelompokkecil/siswayangdiperolehdaripenyebaranangketaspeksistematikanbahanajarmencapaipersentasekeseluruhan8125%aspekdeskripsiisibahanajarmencapaipersentasekeseluruhan7917%aspekpenggunaanbahasabahanajarmencapaipersentasekeseluruhan7917%danaspektampilanbahanajarmencapaipersentasekeseluruhan7917%.Hasilrata-ratapersentasekeseluruhantersebutdapatdiartikanbahwaseluruhaspekbahanajarmenuliskreatifpuisidenganmetodesinektiklayakdandapatdiimplementasikan.12288122881228812288Langkahpemanfaatanprodukhasilpengembangandisarankankepadagurusiswadanpenelitilain.Gurudisarankanuntukmenerapkanbahanajarmenuliskreatifpuisibarudenganmetodesinektikdalampembelajaranmenuliskreatifpuisisehinggapembelajaranmenuliskreatifpuisiberjalanefektif.Siswadisarankanuntukmembacabahanajarmenuliskreatifpuisibarudenganmetodesinektikkarenabahanajartesebutdapatmembantumenumbuhkembangkankemampuanmerekadalamhalbelajarmandiridantidakketergantunganterhadapkehadiranguru.Selanjutnyapenelitilaindisarankanuntukmembacapenelitianinisebagaisumberacuanpenelitianlebihlanjut.