Keefektifan metode pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa SMA / Diyah Ayu Candra

Main Author: Candra, Diyah Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9421/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKCandraDiyahAyu.2014.KeefektifanMetodePembelajaranBerbasisProyekdalamPembelajaranMenulisCerpenpadaSiswaSMA.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.DjokoSaryonoM.Pd.(II)Dr.HeriSuwignyoM.Pd.KatakuncimetodepembelajaranberbasisproyekpembelajaranmenuliscerpenMenulismerupakankegiatanyangsulitdikuasaikarenamelibatsemuaapekketrampilanberbahasa.Salahsatupembelajarandalamketrampilanmenulisadalahmenuliscerpen.BerdasarkanwawancaradengansiswadanguruBahasaIndonesiamenunjukkanbahwadalampembelajaranmenuliscerpensiswamengalamikesulitan-kesulitanyangberhubungandengankurangnyaketrampilanmenulisrasamalasminimnyaperbendaharaanbahasadankurangnyawawasanataukepekaansosial.Darisisigurukadangmunculkesulitan-kesulitandalammemberikanbimbingansecaraintensifkarenajumlahsiswasangatbanyakdanwaktupemberianbimbinganyangsingkat.Perlumetodeyangtepatagarmampumendorongsiswauntukaktifmenyampaikanide-idenyamelaluimenuliscerpen.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifanpenggunaanmetodepembelajaranberbasisproyekdalampembelajaranmenuliscerpenpadasiswaSMA.Aspekyangmenjadimasalahdalampenelitianiniyaknimenentukantemamengembangkantokohmendeskripsikanalurdanmenggambarkanlatar.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodeeksperimensemu/eksperimenkuasimenggunakantesawal(prates)dantesakhir(pascates).SampeldalampenelitianinimenggunakansatukelaseksperimenpadakelasXdiSMAN1Durenan.SampeldalampenelitianiniadalahsiswaSMAN1DurenankelasX-6.Adapuncarapengambilansampeldalampenelitianinidenganteknikpurposivesamplingyaitupengambilansampeldenganmaksudtujuantertentuagartercapaihasilyangdiinginkan.Hasilpenelitiandianalisismenggunakananalisisstatistikuji-tpadaprogramkomputerSPSS16.0forwindowsdengantarafsignifikansi005.Uji-tbertujuanuntukmengetahuiadatidaknyaperbedaanantaratesawal(prates)dantesakhir(pascates).Instrumenyangdigunakanadalahtesmenuliscerpendenganketentuanyangtelahditetapkandanpedomanpeskorannya.Pengumpulandatadalampenelitianinidilakukandenganmenganalisishasiltesyangdiperolehpadasaatpratesdanpascates.Datadalampenelitianiniberupanilaimenentukantematokohdanpenokohanalurdanpengaluransertalatardanpelatarandalamcerpenyangditulisberdasarkanperistiwayangpernahdialamisiswa.DarihasilpenelitianyangdilakukanmenunjukkanbahwametodepembelajaranberbasisproyekefektifdigunakandalampembelajaranmenuliscerpenpadasiswaSMA.Padaaspekmenentukantemadiperolehnilairata-ratakelaspadapratessebesar17.830sedangkanpadapascatessebesar19.889.Padaaspekmengembangkantokohdiperolehnilairata-ratakelaspadapratessebesar17.110sedangkanpadapascatessebesar19.632.Padaaspekmendeskripsikanalurdiperolehnilairata-ratakelaspadapratessebesar15.352sedangkannilairata-ratakelaspadapascatessebesar19.301.Padaaspekmenggambarkanlatardiperolehnilairata-ratakelaspadapratessebesar16.176sedangkanpadapascatessebesar18.713.BerdasarkanhasilpenelitiandisimpulkanpenggunaanmetodepembelajaranberbasisproyekefektifdigunakanuntukpembelajaranmenuliscerpenkelasXSMAN1Durenanpadaaspekmenentukantemamenggambarkantokohdanpenokohanlatardanpelataransertaalurdanpengaluran.SaranbagigurumatapelajaranBahasadanSastraIndonesiakhususnyaguruSMAN1Durenanadalahgurudapatmenggunakanmetodepembelajaranberbasisproyekuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Bagipenelitilainbisamenggunakanmetodepembelajaranberbasisproyekpadaaspeklainsepertidalammenentukanamanatgayabahasadansudutpandang.