Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia bersadarkan kurikulum 2013 pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar / Mita Indriany
Main Author: | Indriany, Mita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9416/ |
Daftar Isi:
- IndrianyMita.2014.ImplementasiPendidikanKarakterdalamPembelajaranBahasaIndonesiaberdasarkanKurikulum2013padaSiswaKelasVIIdiSMPNegeri1GarumKabupatenBlitar.SkripsiJurusanSastraIndonesiaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.MaryaeniM.Pd.(2)Dr.Hj.YuniPratiwiM.Pd.KataKuncipendidikankarakterpembelajaranBahasaIndonesiaPembentukankaraktermerupakansalahsatutujuanpendidikannasionalPasal1UUSISDIKNAStahun2003yangmenyatakandiantaratujuanpendidikannasionaladalahmengembangkanpotensipesertadidikuntukmemilikikecerdasankepribadiandanakhlakmulia.AgarpendidikantidakhanyamembentukinsanIndonesiayangcerdasnamunjugamembentukinsanIndonesiayangberkepribadianatauberkaraktersehinggalahirgenerasibangsayangtumbuhberkembangdengankarakteryangbernapasnilai-nilailuhurbangsasertaagama.PendidikankarakterdapatdiintegrasikankedalamsemuamatapelajarantermasukBahasaIndonesia.Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanimplementasipendidikankarakterdalamperencanaanpelaksanaandanevaluasipembelajaran.PenelitianinimenggunakanrancangandeskriptifkualitatifyaitumendeskripsikankondisiobjektifperencanaanpelaksanaandanevaluasipembelajaranBahasaIndonesiayangtelahdiintegrasikandalampendidikankarakter.Sumberdatadalampenelitianiniyaitu(1)dokumenyaituRPPyangdisusunolehguruBahasaIndonesiakelasVII(2)prosespelaksanaanpembelajarandanprosesevaluasipembelajaran.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanadalahpedomanstudidokumentasipedomanobservasidanpedomanwawancara.Prosedurpengumpulandatapadaperencanaanpembelajaranmenggunakanstudidokumendatatentangpelaksanaandanevaluasipembelajaranmenggunakanteknikobservasilangsungdanwawancara.Datadianalisisdengantahapanmengumpulkandatamembacadatayangdiperolehmenafsirkandatayangdiperolehmemaknaidatamenyimpulkantemuandaristudidokumenwawancaradanhasilobservasimelakukanpengecekantemuandatamenguraikankembalidatayangsesuaidengantujuanpenelitiandanmemaparkannyasesuaidenganpendekatanpenelitianyangdigunakanmembuatkesimpulanberdasarkanhasilpenelitian.NilaikarakterdiimplementasikandalamperencanaanpembelajaranterwujuddalamRPP.NilaikarakteryangdominandanberulangdicantumkandalamRPPadalahtanggungjawabgurujugamencantumkannilaikarakteryanglainuntukmendukungpenerapanpendidikankarakterdalampembelajaran.Nilaikaraktertersebutadalahkreatifjujurpedulipercayadirireligiusdansantun..Nilaikarakterdiimplementasikandalampelaksanaanpembelajaranterwujuddalamkegiatanawalkegiatanintidankegiatanakhir.Padakegiatanawalmenerapkannilaikarakterreligiusdankreatif.Padakegiatanintimenerapkannilaikarakterpedulisosialpedulilingkunganbersahabat/komunikatiftanggungjawabmandiripercayadiricintatanahairdisiplindangemarmembaca.Padakegiatanakhirmenerapkannilaikaraktermandiridantanggungjawab.Nilaikarakterdiimplementasikandalamevaluasipembelajaranterwujuddalampenilaianprosesdanpenilaianhasil.Gurumemberikanumpanbalikdenganpujianpadasiswayangaktif.Gurumenunjukkankekurangandanmemberikanbimbinganpadasiswayangbelumdapatmencapaikompetensidenganbaik.Gurujugamemberikantegurankepadasiswayanggaduh.Siswajugadiajakuntukmengoreksipekerjaantemandarikelompoklain.Padakegiatanevaluasigurumenerapkannilaimandiritanggungjawabkreatifdanjujur.Sarandalampenelitianiniyaitu(1)hasilpenelitianinidapatdigunakanolehguruBahasaIndonesiauntukdijadikanbahanpertimbanganmelakukanpenilaiankarakterdalampelaksanaandanevaluasipembelajaransesuaidenganperencanaanpembelajaran(2)penelitianinidapatdijadikanbahanpertimbanganpihaksekolahuntukmengukurpenilaiankarakterdalampembelajaranbaikdidalammaupundiluarkelas(3)Penelitianinidapatmenjadireferensibagipenelitilainuntukmengembangkanpenelitianserupayangberkaitandenganpendidikankarakter.