Kesalahan morfologis dan sintaksis bahasa Indonesia dalam paragraf narasi pelajar Jepang Program Bunga ISP-MCE Malang Kucecwara tahun 2013 / Niken Pranandari
Main Author: | Pranandari, Niken |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9413/ |
Daftar Isi:
- NikenPranandari.2013.KesalahanMorfologisdanSintaksisBahasaIndonesiadalamParagrafNarasiPelajarJepangProgramBungaIsp-MceMalangKuewaraTahun2013.Sekripsi.ProgramStudiPendidikanBahasaIndonesia.JurusanSastraIndonesia.Pembimbing(1)Dr.WidodoHSM.Pd(2)Dr.HeriSuwignyoM.PdKataKuncikesalahanmorfologiskesalahansintaksisProgramBungaISP-MCE12288122881228812288ProgramBungaadalahprogrampembelajaranBahasaIndonesiaregular-intensifdirancangdenganmodeldualsystemsebagairealisasikerjasamaantaraISP-MCEMalangKuewaradanprogramStudiBahasaIndonesiaKandaUniversityofInternationalStudies(KUIS)Jepang.PadaperiodekegiatanpembelajarandiISP-MCEMalangKuewarapelajarasingdariJepangbelajardalammodelCelupTotalyangmelibatkanpenuturaslibahasaIndonesia.DarihasilobservasiterhadapproduktulispelajarasingdariJepangprogramtersebutditemukansejumlahkesalahankaidahtulisbahasaIndonesia.12288122881228812288Penelitianinibertujuanmendeskripsikanbentuk-bentukkesalahanmorfologisdansintaksisyangadadalamparagrafnarasiberbahasaIndonesiapelajarasingdariJepangpadaprogramBungaISP-MCEMalangKuewaratahun2013.Untuktujuantersebutdipilihmetodedeskripsikualitatifdenganmemberdayakanpenelitisebagaihumaninstrument.SetelahpenelitimembacaberulangdanmendalamterhadapparagrafnarasiberbahasaIndonesiapelajarasingdariJepangpadaprogramtersebutsebagaisumberdatadiperolehdataberupakutipankatadankalimatyangmemuatkesalahanmorfologisdansintaksis.DatatersebutsetelahdiberikodesesuaidengankebutuhanmasalahpenelitiandankemudiandianalisisdenganmembandingkankaidahbakubahasaIndonesia.12288122881228812288DalamparagrafnarasipelajarasingdariJepangprogramBungadiISP-MCEMalangKuewaravariankesalahanmorfologismenyebarpadaprosespengimbuhanpengulangandanpemajemukan.Kesalahanpadapengimbuhanaspekafiksasimeliputiprefikskonfikssufiks.Kesalahanprefiksditemukanpadapenggunaanimbuhanber-me-dandi-.Kesalahansufiksditemukanpadapenggunaandanakhiran-an.Kesalahankonfiksditemukanpadapenggunaanimbuhanme-kandi-kandanke-an.Kesalahanpadapengulanganditemukanpadabentukpengulangansebagiandanpengulanganpenuh.Kesalahanpadapemajemukanditemukanpadaadanyakerancuanmaknapemajemukan.12288122881228812288Tentangkesalahansintaksisditemukanpadavariansebagaiberikut.Kesalahankarenastrukturkalimatterbalik.Kesalahankarenapenggunaankonjungsi.Kesalahankarenamaknaambigu.Kesalahankarenakaidahtidaknormatif.12288122881228812288Denganmerujuktemuantersebutdisampaikansaransepertiberikut.PengajarBIPAhendaknyamemperhatikanbentuk-bentukkesalahantersebutsebagaidasartindakansehinggadapatmengurangivariankesalahanpadaparagrafnarasiberbahasaIndonesiapelajarasingdariJepang.BagipengembangBIPAtemuantersebutdapatdigunakansebagaidasarpengembanganmateriyangmemungkinkanpelajarasingdariJepangdapatmenguasaikaidahbahasaIndonesiatulisdenganbaikdanbenar.BagipenelitilaintemuanpenelitianinidapatdigunakansebagaidasartindakanpenelitianpengembanganbahanajarpengembanganstrategipembelajaranpengembanganmediapembelajarandanperbaikanmanajemenpembelajaranBIPA.