Pengembangan media interaktif pembelajaran teks hasil observasi untuk siswa SMP kelas VII / Marinda Agustina
Main Author: | Agustina, Marinda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9411/ |
Daftar Isi:
- AgustinaMarinda.2014.PengembanganMediaInteraktifPembelajaranTeksHasilObservasiuntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.KusubaktiAndajaniS.Pd.M.Pd.(2)Dr.WidodoH.SM.Pd.KataKuncimediainteraktiftekshasilobservasi.12288122881228812288PerkembanganIPTEKmemperkenalkanadanyamultimediasebagaimediapembelajaranbersifatkompleksyangdapatdigunakanolehgurudalamprosesbelajarkarenamenggabungkanaspekvisualdanaudio.SalahsatuprogramkomputeryangdapatdijadikanmediapembelajaranadalahMacromediaFlashyakniprogramanimasiyangprofessionaldanbergunauntukmelatihsiswamengamatimenelaahdanmenangkapmaterisecarajelasmelaluitayanganyangdisajikandalammedia.Pembelajarantekshasilobservasimengajarkankepadasiswabagaimanamenggaliinformasimelaluipengamatanbertanyamencobakemudianmengolahdataatauinformasimenyajikandataatauinformasidilanjutkandenganmenganalisismenalarmenyimpulkandanmenciptasuatutekshasilobservasimelaluipengamatanyangtelahdilakukansebelumnya.12288122881228812288Tujuanpengembanganiniadalah(1)menghasilkanprodukmediainteraktifpembelajarantekshasilobservasiuntuksiswaSMPkelasVIIyanglayakdarisegiisi(2)menghasilkanprodukmediainteraktifpembelajarantekshasilobservasiuntuksiswaSMPkelasVIIyanglayakdarisegibahasadan(3)menghasilkanprodukmediainteraktifpembelajarantekshasilobservasiuntuksiswaSMPkelasVIIyanglayakdarisegitampilan.12288122881228812288PenelitianinimenggunakanmetodepenelitianpengembanganyangdiadaptasidarimodelpengembanganBorgandGall(1983).Modelpengembanganinidimodifikasimenjadisembilantahapanyakni(1)penelitiandanpengumpulandata(2)tahapperencanaan(3)tahappengembangandrafprodukdanpembuataninstrumenevaluasi(4)tahapujiahli(5)tahaprevisihasilujiahli(6)tahapujipraktisi(7)tahappenyempurnaanprodukhasilujipraktisi(8)tahapujicobaterbatasdan(9)tahappenyempurnaanprodukakhir.Ujicobaprodukdilakukanmelaluitigatahapanyakni(1)ujiahlimateridanmedia(2)ujipraktisi(guruBahasaIndonesia)dan(3)ujicobaterbatas(25orangsiswa).Instrumenpengambilandatahasilujicobamenggunakanpedomanwawancaradanangketujiproduk.Datahasilujicobayangdihasilkanberupadatakuantitatifdalambentukskorpenilaiandandatakualitatifberupakomentardansaranperbaikandarisubjekcoba.Analisisdatadiperolehdenganlangkah(1)menyajikandatahasilpengembanganmediadaristrukturisimelaluinilaipenghitungandatakuantitatif(2)menyajikandatahasilpengembanganmediadaristrukturbahasamelaluinilaipenghitungandatakuantitatifdan(3)menyajikandatahasilpengembangandaristrukturtampilanmediamelaluinilaipenghitungandatakuantitatif.Perbaikanmediapembelajarandilakukanberdasarkankomentardansaranperbaikandariahlimateriahlimediapraktisidansiswa.12288122881228812288Mediainteraktifiniterdiridarikuranglebih130tampilan(slide)yangmenyajikanempatkompetensidasarpembelajarantekshasilobservasiyangmeliputiaspekpengetahuandanketerampilan.Aspekpengetahuanterdiridariduakompetensidasaryaitu(1)memahamitekshasilobservasimelaluilisanmaupuntulisandan(2)mengklasifikasitekshasilobservasimelaluilisanmaupuntulisan.Aspekketerampilanterdiridariduakompetensidasaryaitu(1)menyusuntekshasilobservasimelaluilisanmaupuntulisandan(2)menelaahdanmerevisitekshasilobservasimelaluilisanmaupuntulisan.Mediainteraktifinidilengkapidengansoal-soallatihanpadasetiapkompetensidasardansoalujikemahiranyangterdiridari10soalpilihangandauntukmengasahpemahamansiswaterhadappembelajarantekshasilobservasi.Berdasarkanhasilujicobaprodukyangdilakukanolehahlimateriahlimediapraktisidansiswamenunjukkanbahwamediainteraktifinilayakdigunakansebagaimediapembelajaranolehgurudisekolah.Mediainteraktifpembelajarantekshasilobservasidilihatdaristrukturisimendapatpersentasekelayakansebesar775%dilihatdaristrukturbahasamendapatpersentase808%dandilihatdaristrukturtampilanmendapatpersentase842%.Hasilujicobainimenunjukkanbahwamediainteraktifpembelajarantekshasilobservasiinidapatdigunakandandiimplementasikansebagaimediapembelajaran.Meskipuntergolonglayakdandapatdiimplementasikandatakualitatifberupakomentardansaranyangterdapatdalamangkettetapdijadikanacuanuntukmemperbaikiprodukini.12288122881228812288Mediainteraktifpembelajarantekshasilobservasiinidapatdigunakanolehgurusebagaisumberbelajaruntukmendampingipenggunaanbukuteksdisekolah.Siswadapatmemanfaatkanmediainteraktifinisecaramandiriuntukmenambahwawasandanpengetahuantentangtekshasilobservasi.ProdukmediainidiwujudkandalambentukCD(CompactDisk)sehinggasiapdigunakansebagaimediapembelajaranyangaktifdanmenyenangkan.