Asesmen pada pembelajaran teks negosiasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 siswa kelas X SMA Negeri 3 Jombang / Firda Rizky Kadidya
Main Author: | Kadidya, Firda Rizky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9410/ |
Daftar Isi:
- KadidyaFirdaRizky.2014.AsesmenpadaPembelajaranTeksNegosiasidalamMataPelajaranBahasaIndonesiaKurikulum2013SiswaKelasXSMAN3Jombang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.TitikHarsiatiM.Pd.(II)Dr.ImamAgusBasukiM.Pd.KataKunciasesmenteksnegosisasikurikulum2013.12288122881228812288Asesmenmerupakansuatuprosesmemberikanataumenentukannilaiyangdilakukansecaraberkalaberkesinambungansertamenyeluruhyangdilihatdariperkembangansiswabaikdidalamkelasmaupundiluarkelas.Asesmenmemilikikomponenpentingdalampembelajarankarenadalambeberapakasusmasihbanyakguruyangmembuatasesmentidakotentik.Misalnyagurumembuatasesmenhanyamelihatsiapayangdinilaisehinggapenilaiantidakobjektiftetapibersifatsubjektif.OlehkarenaitupenelitianinidiperuntukkankepadaparagurubahasaIndonesiaagarprosesbelajarmengajarberjalandenganbaikdanalatpenilaianyangdigunakantidakhanyaberdasarkanstrukturfisiksajadanmelihatsasaranyangakandinilai.Berdasarkanpaparandiataspenelitianinidiharapkanmenjadipertimbanganuntukmengevaluasipenerapankurikulum2013yangakandatangsehinggapenerapankurikulum2013dapatberjalansesuaidenganharapan.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifjenisdeskriptif.LokasipenelitiandiSMANegeri3Jombang.SumberdatadalampenelitianiniadalahRPPgurudanprosespembelajaranteksnegosiasi.TeknikpengumpulandatadenganteknikstudidokumenterwawancaradanobservasisedangkanteknikanalisisyangdigunakanadalahreduksidatapenyajiandatadanVerification/ClonclusionDrawing(penarikankesimpulan).Untukmengetahuikeabsahandatadilakukandengantekniktriangulasi.12288122881228812288Berdasarkanhasilpenelitiandapatdiketahuibahwa(1)penilaianranahsikappembelajaranteksnegosiasikurikulum2013dibagimenjadiduaketerampilanyaitureseptifdanproduktif.Penilaianketerampilanreseptifdanproduktifdidasarkanpadakompetensidasar1.1dan2.4.Kompetensidasar1.1berupasikapreligius.SikapreligiusyangdinilaiadalahbersyukurdenganmenggunakanbahasaIndonesiasesuaidengankaidahdankonteks.SementaraitusikapsosialyangdinilaiadalahpadaKD2.4yaituberperilakujujurdisiplinpedulidansantun.IndikatorkeduaKDtersebutterintegrasipadaKI3dan4.Alatpenilaiannyaberuparubrikdenganskalalimatanpaadadeskriptordandegradasipenskoran.TeknikyangtercantumdalamRPPadalahobservasitetapisaatprosespembelajaranmenggunakanteknikpenilaianantarpesertadidik.Berdasarkanhasilwawancaragurumenggunakantigateknikpenilaianyaitujurnalpenilaiandirisendiridanpenilaianantarpesertadidik.(2)penilaianranahpengetahuandipecahmenjadiduaketerampilanyaitureseptifdanproduktif.PenilaianranahpengetahuanketerampilanreseptifdanproduktifdidasarkanpadaKDyangsamayaituKD3.1dan3.2.Kompetensidasar3.1menilaitentangpengetahuanstrukturkaidahdanperbandinganteksnegosiasidengantekslain.Kompetensi3.2menilaitentangpengetahuanmembandingkanteksnegosiasidengantekslain.KeduaKDtersebutdijabarkanmasing-masingmenjadiduaindikator.AlatpenilaiannyatidakdikembangkandalamRPPnamunpadaprosespembelajaranmenggunakansoaluraiandandaftarpertanyaanlisan.TeknikyangdigunakandalamRPPadalahtestulis/lisanbegitupulapadaprosespembelajaran.(3)Penilaianranahketerampilandibedakanmenjadiduayaitureseptifdanproduktif.PenilaiantersebutdidasarkanpadaKD4.1dan4.2.Kompetensidasar4.1menilaiinterpretasimaknateksnegosiasisedangkanKD4.2menilaiproduksiteksnegosiasi.KeduaKDtersebutdijabarkanmasing-masingmenjadiduaindikator.AlatpenilaiandidalamRPPtidakdikembangkansedangkanpadaprosespembelajaranmenggunakansoaluraianuntukketerampilanreseptif(membaca).Teknikpenilaianyangdigunakanreseptif(membaca)adalahtestulissedangkanyangtercantumdalamRPPadalahportofolio.Teknikpenilaianketerampilanproduktif(berbicara)menggunakantespraktiksedangkanpadaRPPmenggunakanportofolio.12288122881228812288Berdasarkanhasilpenelitiansaranyangdiajukanadalah(1)bagigurubahasaIndonesiadiharapkanmenjadikanRPPsebagaipedomanpembelajaransehinggapelaksanaanpembelajaranberjalansesuaidenganrencanayangtelahdisusundalamRPP(2)bagimahasiswapendidikandiharapkandapatmembuatdanlebihmempertimbangkandengantepatdalammembuatRPPagartidakterjadikesenjanganantaraperencanaandenganpelaksanaanketikamenjadiseorangguru.dan(3)bagipenelitilaindiharapkanuntukdapatmengembangkanpenelitiansejenisdenganteksanekdotlaporanhasilobservasiatauprosedurkompleks.