Peningkatan kemampuan menulis cerpen dengan media video reality show " Orang Pinggiran" siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Pandaan / Mayang Restiawati
Main Author: | Restiawati, Mayang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9406/ |
Daftar Isi:
- RestiawatiMayang.2014.PeningkatanKemampuanMenulisCerpendenganMediaVideoRealityShowOrangPinggiranSiswaKelasXIBahasaSMANegeri1Pandaan.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MuakibatulHasanahM.Pd.(II)Dr.EndahTriPriyatniM.Pd.KatakuncikemampuanmenuliscerpenmediavideorealityshowPembelajaranmenuliscerpensudahdiajarkankepadasiswakelasXIBahasaSMANegeri1PandaansesuaidenganKTSP.Berdasarkanstudipendahuluandenganmengamatiprosespembelajarandanmenganalisiscerpensiswadiketahuibahwakemampuanmenuliscerpensiswamasihrendah.Halinidisebabkansiswakesulitanmenuliskerangkacerpenmengembangkanideceritasertamenciptakandanmenyelesaikankonflikpadaalurcerita.Selainitukeaktifandanmotivasisiswadalampembelajaranmenuliscerpenmasihkurangkarenamediayangdigunakankurangmenarik.TujuanumumpenelitianiniadalahmeningkatkankemampuanmenuliscerpendenganmediavideorealityshowOrangPinggiransiswakelasXIBahasaSMANegeri1Pandaan.Secarakhusustujuanpenelitianiniadalah(1)meningkatkanprosespembelajaranmenuliscerpendenganmediavideorealityshowOrangPinggiranpadatahap(a)pratulis(b)tulisdan(c)pascatulis(2)meningkatkanhasilmenuliscerpendenganmediavideorealityshowOrangPinggiranyangmeliputisubkemampuanmengembangkan(a)tema(b)tokohdanpenokohan(c)latar(d)alurdan(e)sudutpandang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiriatasduasiklusdengantargetnilairata-ratakelasatauketuntasanminimalyaitu78.Tiapsiklusterdiriatastahapperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Datadalampenelitianiniberupadataprosesdandatahasil.Dataprosesberupaperilakusiswasaatprosespembelajaranmenuliscerpenyangdilakukandikelassedangkandatahasilberupaskorkemampuanmenuliscerpensiswa.Pengumpulandataprosesdilakukandenganobservasidokumentasidanrubrikpenilaianprosessedangkanpengumpulandatahasildilakukandengantesmenuliscerpenyangdinilaimenggunakanrubrikpenilaianmenuliscerpen.Dataprosesdandatahasildianalisisdenganmenyeleksimengoreksimenskordanmenyimpulkan.SumberdatadalampenelitianiniadalahsiswadangurubahasaIndonesiakelasXIBahasaSMANegeri1Pandaan.BerdasarkanhasilanalisisdatadiketahuibahwasecaraumumhasilmenuliscerpensiswakelasXIBahasaSMANegeri1PandaanmeningkatdenganpenggunaanmediavideorealityshowOrangPinggirandarisiklusIhinggasiklusII.Peningkatanprosespembelajaranmenuliscerpenterlihatpadatahappratulistulisdanpascatulis.Padatahappratuliskegiatansiswameliputi(1)menyimakvideorealityshowOrangPinggiransecarautuh(2)berdiskusiuntukmenemukanhasilidentifikasiyangtepatdan(3)mengembangkanhasilidentifikasimenjadikerangkacerpen.PadakegiatanpratulissiswatampakaktifbertanyajawabdengangurumengenaipembelajaranmenuliscerpenperilakusiswapadasiklusIIterlihatlebihseriusdanantusiasdibandingsiklusIdalammenyimakdanmengembangkankerangkacerpen.Padatahaptuliskegiatansiswameliputi(1)mengembangkankerangkacerpenmenjadicerpenyangutuhdanpadudan(2)merevisicerpenyangtelahditulis.PadatahaptulissiklusIIsiswatampaklebihseriusdanbersemangatdalammengembangkankerangkacerpenmenjadicerpenyangutuhdanpadu.Padatahappascatuliskegiatansiswameliputi(1)menyuntingcerpenmiliktemandenganmemberikankomentardanmasukandan(2)memublikasikancerpennyadidepankelas.Padatahappascatulissiswalebihkreatifdalammemberikomentarpadacerpenmiliktemandalamkegiatanmenyuntingmerekajugalebihpercayadiriuntukmemublikasikancerpendidepankelas.12288122881228812288PeningkatanhasilmenuliscerpensiswadarisiklusIhinggasiklusIIterlihatpadasetiapsubkemampuanmengembangkanunsurpembanguncerpen.Peningkatankemampuanmenuliscerpenpadasubkemampuanmengembangkantemasiswaberkategorisangatbaikdenganindikatortemabarumenarikdansesuaidenganisivideorealityshowmeningkatdari3449%padasiklusImenjadi6896%padasiklusIIdantidakadasiswaberkategoricukuppadasiklusII(berkurangdari344%padasiklusI).Padasubkemampuanmengembangkantokohdanpenokohansiswaberkategorisangatbaikdenganindikatordeskripsicirifisikdanwataktokohjelasdanmendukungtemameningkatdari3104%padasiklusImenjadi3448%padasiklusIIdantidakadasiswaberkategoricukuppadasiklusII(berkurangdari344%padasiklusI).Padasubkemampuanmengembangkanlatarsiswaberkategorisangatbaikdenganindikatorlatartempatwaktudansuasanadideskripsikansecararincimeningkatdari3449%padasiklusImenjadi4138%padasiklusII.Padasubkemampuanmengembangkanalursiswaberkategorisangatbaikdenganindikatoraspekperkenalankonflikawalkonflikmemuncakklimaksdanpenyelesaiandikembangkansecararuntutdanmenarikmeningkatdari1034%padasiklusImenjadi3793%padasiklusIIdantidakadasiswaberkategoricukuppadasiklusII(berkurangdari3794%padasiklusI).Padasubkemampuanmengembangkansudutpandangsiswaberkategorisangatbaikdenganindikatorpenggunaansudutpandangyangtepatdankonsistenmeningkatdari3794%padasiklusImenjadi5862%padasiklusIIdantidakadasiswaberkategoricukuppadasiklusII(berkurangdari689%padasiklusI).BerdasarkanhasilpenelitianinigurubahasaIndonesiadiharapkanmenggunakanmediavideorealityshowOrangPinggiranuntukmeningkatkankemampuanmenuliscerpen.KepadapenelitiselanjutnyadiharapkanmenggunakanmediavideorealityshowOrangPinggiranuntukmeningkatkanketerampilanberbahasayanglain.