Kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri di Madiun tahun pelajaran 2013/2014 / Olengka Farra Xenya
Main Author: | Xenya, Olengka Farra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9398/ |
Daftar Isi:
- XenyaOlenkaFarra.2014.KemampuanMenulisPuisiSiswaKelasVIIISMPNegeridiMadiunTahunPelajaran2013/2014.Skripsi.ProgramStudiPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerahJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.RoekhanM.Pd.Pembimbing(II)DwiSulistiyoriniS.S.M.Hum.Katakuncimenulispuisikemampuanmenulispuisi.Puisimerupakanmediaekspresipenyairyangmampumembangkitkanperasaanyangmerangsangimajinasipancaindradalamsusunanyangberirama.Kemampuanmenulispuisiadalahkecakapandalammengekspresikanimajinasiperasaandanpikirandenganmenggunakanpilihankatakata-katakiasyangmemilikimaknadanamanatdarisuasanayangdiciptakanmelaluipuisi.TujuanumumpenelitianiniadalahuntukmedeskripsikankemampuanmenulispuisisiswakelasVIIISMPNegeridiMadiun.SecarakhususpenelitianinibertujuanmendeskripsikankemampuanmenulispuisisiswakelasVIIISMPNegeridiMadiunpada(1)strukturfisikpadaaspek(a)diksi(b)majas(c)citraan(d)rimadan(2)strukturbatinpadaaspek(a)suasana(b)amanat(c)kesesuaiantemaserta(d)pengembangantema.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiandeskriptifkuantitatif.DatapenelitianiniberupaskorkemampuanmenulispuisisiswakelasVIIISMPNegeridiMadiun.SumberdatapenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPNegeridiMadiunyangberjumlah167.Pengumpulandatadenganmenggunakantesmenulispuisi.Analisisdatadilakukandenganlimatahapyaitu(1)seleksidata(2)penyekoran(3)mengurutkandanmengelompokkandan(4)menetapkantingkatkemampuanmenulispuisi.BerdasarkananalisisdatadiperolehhasilkemampuanmenulispuisisiswakelasVIIISMPNegeridiMadiundalammenulispuisipadaaspekdiksisiswayangmendapatkankualifikasimampupadakategorisangatbaiksebesar206%(34siswa)dankategoribaiksebesar418%(69siswa)sedangkankualifikasitidakmampupadakategorikurangbaiksebesar272%(45siswa)dankategoritidakbaiksebesar104%(17siswa).KemampuanmenulispuisisiswakelasVIIISMPNegeridiMadiundalammenulispuisipadaaspekmajassiswayangmendapatkankualifikasimampupadakategorisangatbaiksebesar54%(9siswa)dankategoribaiksebesar43%(72siswa)sedangkankualifikasitidakmampupadakategorikurangbaiksebesar352%(58siswa)dankategoritidakbaiksebesar164%(27siswa).KemampuanmenulispuisisiswakelasVIIISMPNegeridiMadiundalammenulispuisipadaaspekcitraansiswayangmemilikikualifikasimampupadakategorisangatbaiksebesar188%(31siswa)dankategoribaiksebesar242%(40siswa)sedangkankualifikasitidakmampupadakategorikurangbaiksebesar334%(55siswa)dankategoritidakbaiksebesar122%(20siswa).KemampuanmenulispuisisiswakelasVIIISMPNegeridiMadiundalammenulispuisipadaaspekrimasiswayangmemilikikualifikasimampupadakategorisangatbaiksebesar14%(23siswa)dankategoribaiksebesar442%(73siswa)sedangkankualifikasitidakmampupadakategorikurangbaiksebesar278%(46siswa)dankategoritidakbaiksebesar104%(17siswa).KemampuanmenulispuisisiswakelasVIIISMPNegeridiMadiundalammenulispuisipadaaspeksuasanasiswayangmemilikikualifikasimampupadakategorisangatbaiksebesar296%(49siswa)dankategoribaiksebesar389%(64siswa)sedangkankualifikasitidakmampupadakategorikurangbaiksebesar212%(35siswa)dankategoritidakbaiksebesar11%(18siswa).KemampuanmenulispuisisiswakelasVIIISMPNegeridiMadiundalammenulispuisipadaaspekamanatsiswayangmemilikikualifikasimampupadakategorisangatbaiksebesar11%(18siswa)dankategoribaiksebesar43%(71siswa)sedangkankualifikasitidakmampupadakategorikurangbaiksebesar334%(55siswa)dankategoritidakbaiksebesar72%(12siswa).KemampuanmenulispuisisiswakelasVIIISMPNegeridiMadiundalammenulispuisipadaaspekkesesuaiantemasiswayangmemilikikualifikasimampupadakategorisangatbaiksebesar588%(97siswa)dankategoribaiksebesar358%(59siswa)sedangkankualifikasitidakmamputidakterdapatsiswakategorikurang0%dankategoritidakbaiksebesar61%(10siswa).KemampuanmenulispuisisiswakelasVIIISMPNegeridiMadiundalammenulispuisipadaaspekpengembangantemasiswayangmemilikikualifikasimampupadakategorisangatbaiksebesar18%(3siswa)dankategoribaiksebesar558%(92siswa)sedangkankualifikasitidakmampupadakategorikurangbaiksebesar364%(61siswa)dankategoritidakbaiksebesar10%(66siswa).Kemampuanmenulispuisisecarakeseluruhanmenunjukkanbahwaketercapaiannilaisiswadalammenulispuisipadaaspekdiksisebesar624%padaaspekmajassebesar484%padaaspekcitraansebesar43%padaaspekrimasebesar582%padaaspeksuasanasebesar685%padaaspekamanatsebesar54%padaaspekkesesuaiantemasebesar946%danpadaaspekpengembangantemasebesar576%.Berdasarkantemuanpenelitiangurudisarankanagarmemberikanpembelajaranyangdilaksanakandenganmemberikanmetodedanmediayangdapatmenumbuhkanminatsiswadalammenulispuisidandibutuhkankeikutsertaanguruuntukmengajaksiswamembacakaryasastrasebanyakmungkinterutamapuisi.