Kualitas teks pidato siswa kelas X MAN Malang 1 tahun pelajaran 2013/2014 / Daniar Rahmawati Ning Tyas
Main Author: | Tyas, Daniar Rahmawati Ning |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9397/ |
Daftar Isi:
- TyasDaniarRahmawatiNing.2014.KualitasTeksPidatoSiswaKelasXMANMalang1TahunPelajaran2013/2014.SkripsiJurusanSastraIndonesiaProdiPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerahFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.ImamAgusBasukiM.Pd.(II)MusthofaKamalS.Pd.M.Sn.KataKuncitekspidatopembelajaranmenulisSalahsatucarapenyampaianberpidatoyaitumetodemanuskripyangmembutuhkanadanyateksataunaskahpidato.TeksPidatoadalahteksyangberisigagasanataupikirandalambentukkata-kataatautulisanyangakandilisankanuntukditujukankepadaorangbanyak.Fungsidariteksnaskahpidatoyaitusebagaialatuntukmembantupembicaramenuangkangagasanatauidesecaratertulisyangnantinyaakandisampaikankepadapembacaataupendengar.Tujuandalampenelitianiniadalah(1)mendeskripsikansistematikatekspidatoyaitusalampembukapendahuluanisisimpulanharapandansalampenutup(2)mendeskripsikantujuanpidatodilihatberdasarkanisidan(3)mendeskripsikanpenggunaanbahasatekspidatoyangmeliputiejaanpilihankatadankeefektifankalimat.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandeskriptifkualitatif.Instrumenyangdigunakanuntukmendapatkandataadalahperintahdanpetunjukmenulistekspidatodanpanduananalisiskualitastekspidato.SumberdatapenelitianiniadalahtekspidatosiswakelasXMANMalang1tahunpelajaran2013/2014yangberjumlah22tekspidato.Kegiatananalisisdatadilakukandenganreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Pengecekankeabsahandatadilakukandenganteknikketekunanpengamatandantriangulasipakaryaitukonsultasipadapembimbing.BerdasarkananalisisdatapadakualitastekspidatosiswakelasXMANMalang1diperolehtigahasilpenelitian.Sistematika.Sistematikatekspidatoadalahbagian-bagiandalamtekspidatoyangterdiriatassalampembukapendahuluanisisimpulanharapandansalampenutup.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasebagaianbesarsistematikatekspidatosiswadiketahuikuranglengkapkarenabanyakyangtidakmemilikibagiankesimpulan.Salampembuka.Diketahuisebagianbesarsalampembukatekspidatosiswaterdiriatassalamyangsesuaidengankontekspendengaryaituassalamualaikumwr.wbdikarenakanmayoritaswargasekolahberagamaIslamsertaditemukanadanyasalamsecaraumumyaituselamatpagisalamsejahtera.Selainitudalamsalampembukadiikutisapaankepadahadirinsecararuntutmulaidarijabatantertinggihinggaterendah.Pendahuluan.Diketahuisebagianbesarpendahuluantekspidatomeliputiadanyaucapansyukurdanpenyampaianmaksudpidatosecarajelas.Isi.Diketahuisebagaianbesarisitekspidatosiswamemilikigagasanyangsudahjelasdanterdapatfaktasertarinci.Simpulan.Diketahuisebagaianbesartekspidatotidakmenyertakansimpulan.Selainituterdapatpulabeberapasimpulandaritekspidatoyangdianalisismemilikiintidarikeseluruhanisipidatotetapitidakjelasmaknanya.Harapan.Diketahuisebagaianbesarharapankurangmemuatpesandantidakdisertaialasanyangjelas.Salampenutup.Diketahuisebagianbesarsalampenutupmeliputiadanyapermohonanmaafdanucapanterimakasihdisertaialasanyangjelassertaditutupsalamsesuaikontekssedangkanadapulayanghanyaterdapatpermohonanmaafatauucapanterimakasihsaja.Tujuanpidatoberdasarkanisi.Tujuanpidatoadalahmaksudpenyampaianpidato.Adaempattujuanpidatoyaitupidatoinformatifpidatoargumentatifpidatopersuatifdanpidatorekreatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasebagianbesartujuantekspidatosiswamemilikitujuanargumentatifdaninformatifsertahanyasebagiankecilpidatoyangbertujuanpersuasifbahkantidakadatekspidatoyangmemilikitujuanrekreatif.Tujuanargumentatiftersebutmeliputiadanyapendapatyanglogisdandisertaifaktayangmendukungpendapatsedangkanadapulatujuanargumentatifyangmeliputiadanyapendapatyangkuranglogisdandisertaifaktayangkurangmendukungpendapat.Tujuaninformatiftersebutmeliputiadanyanarasiyanglogisberdasarkanfaktayanglogisdanterdapatcontoh.Penggunaanbahasa.PenggunaanbahasaadalahpenggunaanejaanyangsesuaidenganEYD(EjaanYangDisempurnakan)pilihankatayangtepatdanpenuliasankalimatyangefektif.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwasebagianbesarpenggunaanbahasadalamtekspidatomenggunakanpilihankatayangsudahtepatdalammenuliskankatabakudansesuaikontekssertapenulisankalimatsudahtergolongefektif.DisampingitupenggunaanejaansebagianbesartidaktepatkarenatidaksesuaidenganEYD(EjaanYangDisempurnakan)sepertidalampenulisanhurufkapitalimbuhankatadi-ke-dansingkatan-singkatan.Berdasarkanhasilpenelitiandikemukakantigasaran.Pertamabagiguru.GuruBahasaIndonesiadiharapkanmelakukanperbaikanpembelajaranmenulistekspidatobahasaIndonesiakhususyadilihatdarisegisalampembukapendahuluanisisimpulanharapansalampenutuptujuanpidato(argumentatifpersuasifinformatif)berdasarkanisipenggunaanejaanpilihankatadankeefektifankalimat.HaliniagarmenjadikansiswayangterampildalammenuliskantekspidatomakaperludilakukandengancarapendalamanmateripemberiancontohdanlatihandarigurupembimbingpelajaranbahasaIndonesiaKeduabagipenelitilain.Penelitilainyanginginmelakukanpenelitianterkaittekspidamenganalisistekspidatosiswapenelitianinidapatdimanfaatkanmeskipundalampenelitianyangberbedaataupunaspekyangberbedasehinggapenelitianinidapatterlengkapi.Ketigabagisiswa.Siswadiharapkandapatmenambahwawasanpengetahuansiswamaupunreferensibelajardalampembelajaranmenulistekspidato.