Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Talun dengan strategi konversi teks deskripsi / Evi Dana Setia Ningrum
Main Author: | Ningrum, Evi Dana Setia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9391/ |
Daftar Isi:
- NingrumEviDanaSetia.2014.PeningkatanKemampuanMenulisPuisiSiswaKelasSMPNegeri1TalundenganStrategiKonversiTeksDeskripsi.SkripsiJurusanPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerahFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.WahyudiSiswantoM.Pd.(II)Dr.EndahTriPriyatniM.Pd.KataKuncikemampuanmenulispuisistrategikonversiteksdeskripsi12288122881228812288PembelajaranmenulispuisimerupakansalahsatukompetensidasardalamKTSPyangmasihditerapkansampaisaatinidandiajarkanpadasiswakelasSMPNegeri1Talun.Terkaitdenganpembelajaranmenulispuisidisekolahtersebutpenenlitimelakukanstudipendahuluandenganhasil(1)pembelajaranmenulispuisimasihterpusatpadapenjelasanguru(2)penggunaanmediadalampembelajarankurangmaksimalkarenahanyamenggunakanbukupaket(3)diatas50%siswamengatakanbahwapuisiitutidakpenting(4)siswasulitmemunculkanidesertakesulitanmenemukandiksiyangtepat(5)siswabelummengetahuiunsur-unsurpembangunpuisisecaradetail.12288122881228812288Masalahyangmunculpadaaspekhasilmenulissiswayaitusiswasulitmemunculkanidesertakesulitanmenemukandiksiyangtepatsiswabelummengetahuiunsur-unsurpembangunpuisisecaradetailsiswabelumtertarikmenulispuisikarenapenggunaanmediadalampembelajarankurangmaksimal.Olehkarenaitupermasalahantersebutakandiatasimenggunakanstrategikonversiteksdeskripsiuntukmenfokuskanimajinasisiswasaatmenulispuisi.Teksdeskripsidipilihkarenadalamteksdeskripsimemuatpenjabaran-penjabaransuatuobjeksecarajelasdanterperincisehinggapembacaseolah-olahmelihatdanmerasakanapayangdideskripsikan.Dengandemikanteksdeskripsidiharapkandapatmerangsangimajinasisiswamemicumunculnyaidememberikantambahankosakatamembantusiswamengembangkandiksimenjadibait-baitpuisisertamembangkitkankeantusiasandankreativitassiswadalammenulispuisidenganmenerapkanunsur-unsurpuisi.12288122881228812288Penelitianinibertujuan(1)mendeskripsikanpeningkatakanprosesaktivitasmenulispuisisiswakelasSMPNegeri1Talundenganstrategikonversiteksdeskripsipada(a)kegiatanawalpembelajaran(b)kegiatanintipembelajarandan(c)kegiatanakhirpembelajaran(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilkemampuanmenulispuisisiswakelasSMPNegeri1Talundenganmemanfaatkanstrategikonversiteksdeskripsikhususnyakemampuan(a)menggunakandiksi(b)menggunakanmajas(c)mendeskripsikanimaji(d)menyusuntipografi(e)merumuskanjuduldan(f)membentukamanat.12288122881228812288Sesuaidengantujuanmakarancanganpenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangmeliputiempathalpokokyaitu(1)pratindakan(2)perencanaantindakan(3)pelaksanaantindakandan(4)refleksihasiltindakan.Jenisdatadalampenelitianiniterbagimenjadiduayaitudataprosesdandatahasil.Datayangdiperlukandalampenelitianinimeliputimutuprosespembelajaranmenulispuisidenganstrategikonversiteksdeskripsidanhasilbelajarsiswa.Datadansumberdatadalampenelitianinidiperolehdarigurudansiswa.Sedangkaninstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahtugasmenulispuisilembarobservasilembarwawancaradancatatanlapangan.Pengumpulandatayangdigunakandalampenelitianinidilakukandengancaraobservasitugasmenulispuisiwawancaradandokumentasi.Analisisdatadalampenelitianinidilakukanmelaluitigatahapyaitureduksidatapaparandatadanpenyimpulan.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwastrategikonversiteksdeskripsimampumeningkatkankinerjapembelajaranmenulispuisipadamutuprosesdanhasilpembelajaran.Peningkatanprosesditunjukkandengan(1)siswalebihantusiasdalammenuangkanidepuisi(2)siswalebihantusiasdalammengembangkandiksimenjadipuisi(3)siswalebihperhatianterdapatpenjelasanguru(4)siswalebihaktifbertanyadanmenyuntingpuisidan(5)siswalebihkreatifmenciptakanunsur-unsurpuisi.Peningkatanhasilditunjukkanpadaaspek(1)penggunaandiksiyangsesuaidengandeskriptor(2)penggunaanmajasyangsesuaidengandeskriptor(3)deskripsiimajiyangsesuaidengandeskriptor(4)penyusunantipografiyangsesuaidengandeskriptor(5)perumusanjudulyangsesuaidengandeskriptordan(6)pembentukanamanatyangdapatmenyampaikanmaksudpuisi.Peningkatanprosesdanhasilpembelajaranmenulispuisidiikutipuladenganpeningkatannilaihasilbelajarsiswadalammenulispuisi.Padapratindakanskorrata-ratakelas6529%sedangkanpadasiklusImeningkatmenjadi7619%padasiklusIImeningkatmenjadi8606%.12288122881228812288Penggunaanstrategikonversiteksdeskripsidalampembelajaranmenulispuisisangatkreatifdaninovatifkarenamampumenarikperhatiansiswadalampembelajarnmenulispuisisertamenciptakansuasanabelajaryangmenarikdanmenyenangkan.Teksdeskripsidaftardiksidanpenjelasangurumembantusiswadalammemahamidanmengembangkanisiteksmenjadipuisi.PemberiancontohsertalatihandenganmediaLCDmembuatsiswatertarikdanaktifbertanyapemberianmotivasibimbinganindividusecarameratapemberianpenguatanmenjadimotivasisiswadalammenulispuisi.12288122881228812288Strategikonversiteksdeskripsimampumeningkatanmutuprosesdanhasilpembelajaranmenulispuisi.Olehkarenaitudisarankankepada(1)gurubahasadansastraIndonesiauntukdapatmenerapkanstrategikonversiteksdeskripsidalampengajarankhususnyapembelajaranmenulispuisidan(2)bagipenelitiselanjutnyadiharapkanmenggunakanmediateksdeskripsidalambentukketerampilanberbahasayanglain.