Kemampuan menulis cerkak siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang tahun pelajaran 2013/2014 / Muhammad Irfan Faisal

Main Author: Faisal, Muhammad Irfan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9385/
Daftar Isi:
  • FaisalMuhammadIrfan.2014.KemampuanMenulisCerkakSiswaKelasVIIISMPNegeri1MalangTahunPelajaran2013/2014.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SunotoM.Pd(II)DwiSulistyoriniS.S.M.Hum.KataKuncimenulisdancerkakMenuliscerkakmerupakansalahsatukompetensidasaryangseharusnyadikuasaiolehsiswadalammatapelajaranmuatanlokalbahasaJawa.Pembelajaranmenuliscerkakdapatdisajikandalambentukyanglebihmudahdanmenarikdenganmenuangkanideberupapengalamanpribadisiswadapatdijadikansebagaisumberinspirasidalammenuliscerkakagarsiswamudahmengembangkanidemenarikdankreatifuntukdijadikansumberdalammembuatkaryafiksiberupacerkak.12288122881228812288PenelitianinibertujuanmedeskripsikankemampuanmenuliscerkaksiswakelasVIIISMPNegeri1Malang.Secarakhusustujuanpenelitianiniadalah(1)mendeskripsikankemampuansiswakelasVIIISMPNegeri1Malangdalammengembangkanisicerkak(2)mendeskripsikankemampuansiswakelasVIIISMPNegeri1Malangdalammenentukanorganisasidanpenyajianunsurcerkakserta(3)mendeskripsikankemampuansiswakelasVIIISMPNegeri1Malangdalammenentukanejaan.12288122881228812288Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahdeskriptifkuantitatif.SumberdatadaripenelitianiniadalahcerkaksiswakelasVIIISMPNegeri1Malang.Datayangdiperolehdaripenelitianiniadalahdataskorhasilmenuliscerkaksiswa.InstrumenyangdigunakandalamprosespenelitianiniadalahperintahkerjamenuliscerkakdanrubrikpenilaianuntukmengukurkemampuanmenuliscerkaksiswakelasVIIISMPNegeri1Malang.Metodepemberianskordidasarkanatashasilmenganalisisceritasiswaberdasarkanaspek-aspekyangada.Dengandemikianskorakhirkemampuanmenuliscerkaksiswadijadikannilai.Skortersebutdiolahmenggunakanaplikasimicrosoftexcel2010.12288122881228812288BerdasarkanhasilanalisiskemampuansiswakelasVIIISMPNegeri1Malangkurangmampumenuliscerkak.Halinidapatdibuktikandalampenelitianyangmenggambarkan3845%atau10siswayangmencapaistandarkemampuanminimal(SKM)nilai880580.12288122881228812288Pertamahasilanalisisdeskriptifstatistikmenunjukanbahwakemampuansiswadalamaspekmengembangkanisicerkakdengankriteriakesesuaianceritadengantemayangtermasukdalamkualifikasimampuyaknipadakategorisangatbaiksebesar12siswaatau4615%dankategoribaik10siswaatau3846%.JadidarihasildatatersebutdapatdisimpulkanbahwasiswakelasVIIISMPNegeri1Malangtelahmampumengembangkanisicerkakdengankriteriakesesuaianceritadengantema.12288122881228812288Keduapadaaspekmengembangkanisicerkakdengankreativitasdalammengembangkanceritayangtermasukdalamkualifikasimampuyaknipadakategorisangatbaiksebesar8siswaatau3077%dankategoribaik8siswaatau3077%.JadidarihasildatatersebutdapatdisimpulkanbahwasiswakelasVIIISMPNegeri1Malangtelahmampumengembangkanisicerkakdengankreativitasdalammengembangkancerita.DarihasildatadiatasdapatdisimpulkanbahwasiswakelasVIIISMPNegeri1Malangtelahmampumenuliscerkakpadaaspekisicerkak.12288122881228812288Ketigahasilanalisisdeskriptifstatistikmenunjukanbahwakemampuansiswadalamaspekorganisasidanpenyajiancerkakdengankriteriapenyajianunsur-unsurfakta(karakteralurdanlatar)ceritayangtermasukdalamkualifikasimampuyaknipadakategorisangatbaiksebesar9siswaatau3462%dankategoribaik13siswaatau5000%.JadidarihasildatatersebutdapatdisimpulkanbahwasiswakelasVIIISMPNegeri1Malangtelahmampumenentukanorganisasidanpenyajiancerkakdengankriteriapenyajianunsur-unsurfakta(karakteralurdanlatar)cerita.12288122881228812288Keempatpadaaspekorganisasidanpenyajiancerkakdengankriteriakepaduanunsur-unsurceritayangtermasukdalamkualifikasimampuyaknipadakategorisangatbaiksebesar8siswaatau3077%dankategoribaik3siswaatau1154%.JadidarihasildatatersebutdapatdisimpulkanbahwasiswakelasVIIISMPNegeri1Malangbelummampumenentukanorganisasidanpenyajiancerkakdengankriteriakepaduanunsur-unsurcerita.12288122881228812288Kelimapadaaspekorganisasidanpenyajiancerkakdengankriteriakelogisanceritayangtermasukdalamkualifikasimampuyaknipadakategorisangatbaiksebesar8siswaatau3077%dankategoribaik6siswaatau2308%.JadidarihasildatatersebutdapatdisimpulkanbahwasiswakelasVIIISMPNegeri1Malangtelahmampumenentukanorganisasidanpenyajiancerkakdengankriteriakelogisancerita.DarihasildatadiatasdapatdisimpulkanbahwasiswakelasVIIISMPNegeri1Malangtelahmampumenuliscerkakpadaaspekorganisasidanpenyajiancerkak.12288122881228812288Keenamhasilanalisisdeskriptifstatistikmenunjukanbahwakemampuansiswadalamaspekmenulisejaandenganmenggunakankriteriaejaandantandabacayangtermasukdalamkualifikasimampuyaknipadakategoribaik3siswaatau1154%.JadidarihasildatatersebutdapatdisimpulkanbahwasiswakelasVIIISMPNegeri1Malangbelummampumenentukanejaandantandabaca.DarihasildatatersebutdapatdisimpulkanbahwasiswakelasVIIISMPNegeri1Malangbelummampumenuliscerkakpadaaspekejaan.12288122881228812288BerdasarkansimpulandiatasdisarankankepadagurumatapelajaranbahasaJawauntukmerencanakandanmerancangmateripembelajarandengancarayangmenarikdanmenciptakansuasanabelajarefektifyangmelatihkemampuanberimajinasiberkreasimeningkatkankreativitasdanmelatihsertamemperbanyakkosakatabahasaJawayangbakudanbenar.AgarsiswadapatmeningkatkankreativitasmenulismemperbanyakkosakatabahasaJawayangbakumemperhatikanaspekejaanbahasaJawadantandabacayangbenar.Kepadapenelitilanjutanyanghendakmelakukanpenelitiansejenisdisarankanuntukmelakukanpenelitianpeningkatanhasilpembelajarandanpengembanganmediaataustrategipembelajaran.