Kemampuan menulis surat pribadi berbahasa Jawa siswa kelas VIII MTs Negeri Jabung Kecamatan Talun Blitar / Fuad Abdillah
Main Author: | Abdillah, Fuad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9383/ |
Daftar Isi:
- AbdillahFuad.2014.KemampuanMenulisSuratPribadiBerbahasaJawaSiswaKelasVIIIMTsNegeriJabungKecamatanTalunBlitar.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MudjiantoM.Pd.(II)KarkonoS.S.M.A.KataKuncipembelajaranmenulissuratpribadibahasaJawaBahasaJawamerupakanbahasayangseringdanbanyakdigunakanolehmasyarakatJawaTengahdanJawaTimurselainbahasaIndonesia.BahasaJawasaratdengannilai-nilaimoralyaitumemilikibeberapaundhausuktingkattuturdenganpilihankatayangberbedatetapimemilikiartiyangsamakepadalawanwicaranya.Bahasadapatdinyatakandalambentuklisanmaupuntulisan.Menyatakanbahasadalambentuktulisandisebutkegiatanmenulis.SalahsatukompetensidasarketerampilanmenulisdalampelajaranBahasaDaerahyangharusdikuasaiolehsiswaSMP/MTsadalahmenulissuratpribadidenganmenggunakanragambahasaJawayangbaikdanbenar.Suratmerupakanalatkomunikasijarakjauhyangdikirimkanlewatposdenganditempeliperangkopadaamplopnya.BahasaJawayangdigunakandalamsuratjugadisesuaikandenganpembacanya.Dalammenulissuratseseorangsecaratidaklangsungmempelajaribanyakpelajarandiantaranyamenentukanpemilihankatadenganlawanwicarapenggunankalimatefektifdanmenulisdenganejaanyangtepat.PenelitianinidilaksanakandengantujuanyaknimendeskripsikankelengkapansertakeruntutanisidalammenulissuratpribadiberbahasaJawasiswakelengkapansertakeruntutanisidalammenulissuratpribadiberbahasaJawasiswadanpenggunaanejaandalamsuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIIMTsNJabungKecamatanTalunKabupatenBlitar.Penelitianinimerupakanjenispenelitiangabunganyaitukuantitatifdankualitatifsertamenggunakanrancanganpenelitiandeskriptif.Instrumendalampenelitianiniadalahpenelitidanalatbantuberupapanduankodifikasirubrikpenilaiankemampuanmenulissuratpribadidanpanduananalisis.DatapenelitianiniadalahsuratpribadisiswasiswakelasVIIIMTsNJabungKecamatanTalunKabupatenBlitartahunpelajaran2013/2014yangberjumlah85surat.Kegiatananalisisdatadilakukandenganreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Pengecekankeabsahandatadilakukandenganteknikketekunanpengamatdantriangulasipakaryaitukonsultasipadadosenpembimbing.BerdasarkananalisisdatapadasuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIIMTsNegeriJabungKecamatanTalunBlitardiperolehtigahasilpenelitian.PertamaKelengkapansertakeruntutanunsurdalammenulissuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIIMTsNegeriJabungkecamatanTalunBlitar.Kelengkapanisisuratpribadisebagianbesarsudahsangatlengkapdankeruntutanunsursuratpribadisebagianbesarsangatruntut.KeduaketerpaduankatadalamkalimatpadasuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIIMTsNegeriJabungsebagianbesarmasihkurangpaduketerpaduankalimatdalamparagrafsebagianbesarsangatpadudanketerpaduanparagrafdalamrangkaiansuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIIMTsNegeriJabungsebagianbesarsangatpadu.KetigapenulisankatatembungpadasuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIIMTsNegeriJabungsebagianbesartidaksesuaipenggunaanhurufkapitalpadasuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIIMTsNegeriJabungsebagianbesartidaksesuaidanpenggunaanpemakaiantandabacapadasuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIIMTsNegeriJabungtermasukdalamkategorikurangsesuaidantidaksesuai.Dalampenelitianinipenulismempunyaiempatsaranyangditujukankepada(1)guruBahasaDaerah(2)siswa(3)masyarakatumumdan(4)penelitiselanjutnya.GuruBahasaDaerahdisarankanuntukmemberikanPRterhadapsiswatentangkosakatabahasaIndonesiakedalambahasaJawadanmenulisbeberapakatayangmasing-masingdikategorikankedalamtingkattuturyangberbeda.HaltersebutperludilakukankarenadalamaspekketerpaduankatadalamkalimatmasihmunculkosakatabahasaIndonesiamaupunkosakatayangtidaksesuaidengantingkattuturnya.GurujugaharusmelakukanperbaikandalamejaandenganmenyuruhsiswamembawaEYDatauperpustakaanmenyediakanEYDagardapatdipinjamolehsiswakarenadarihasilpenelitianpenggunaanejaanmasihbanyakyangsalah.SiswadisarankanuntukmeningkatkanbelajarberbahasaJawadengantepatsesuaidengantingkattuturnyaapabilamemungkinkandansiswalebihsering-seringmembacaEYDkarenadalampenulisantandabacaapabilatandabacasalahmeletakkanatausalahmenulismakamaknanyapunmenjadibeda.MasyarakatumumdisarankanuntukmembenarkanjikadalampenggunaanbahasaJawamasihsalahkarenadenganpembenarantersebutsedikitdemisedikitsiswamerubahpemilihankatayangsalah.Penelitiselanjutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitiansejenisterkaitdenganpenggunaanpilihankatadalamtingkattuturdanpenulisanejaan.