Kemampuan menulis surat pribadi berbahasa Jawa siswa kelas VIII MTs Negeri Jabung Kecamatan Talun Blitar / Fuad Abdillah

Main Author: Abdillah, Fuad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9383/
Daftar Isi:
  • AbdillahFuad.2014.KemampuanMenulisSuratPribadiBerbahasaJawaSiswaKelasVIIIMTsNegeriJabungKecamatanTalunBlitar.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MudjiantoM.Pd.(II)KarkonoS.S.M.A.KataKuncipembelajaranmenulissuratpribadibahasaJawaBahasaJawamerupakanbahasayangseringdanbanyakdigunakanolehmasyarakatJawaTengahdanJawaTimurselainbahasaIndonesia.BahasaJawasaratdengannilai-nilaimoralyaitumemilikibeberapaundhausuktingkattuturdenganpilihankatayangberbedatetapimemilikiartiyangsamakepadalawanwicaranya.Bahasadapatdinyatakandalambentuklisanmaupuntulisan.Menyatakanbahasadalambentuktulisandisebutkegiatanmenulis.SalahsatukompetensidasarketerampilanmenulisdalampelajaranBahasaDaerahyangharusdikuasaiolehsiswaSMP/MTsadalahmenulissuratpribadidenganmenggunakanragambahasaJawayangbaikdanbenar.Suratmerupakanalatkomunikasijarakjauhyangdikirimkanlewatposdenganditempeliperangkopadaamplopnya.BahasaJawayangdigunakandalamsuratjugadisesuaikandenganpembacanya.Dalammenulissuratseseorangsecaratidaklangsungmempelajaribanyakpelajarandiantaranyamenentukanpemilihankatadenganlawanwicarapenggunankalimatefektifdanmenulisdenganejaanyangtepat.PenelitianinidilaksanakandengantujuanyaknimendeskripsikankelengkapansertakeruntutanisidalammenulissuratpribadiberbahasaJawasiswakelengkapansertakeruntutanisidalammenulissuratpribadiberbahasaJawasiswadanpenggunaanejaandalamsuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIIMTsNJabungKecamatanTalunKabupatenBlitar.Penelitianinimerupakanjenispenelitiangabunganyaitukuantitatifdankualitatifsertamenggunakanrancanganpenelitiandeskriptif.Instrumendalampenelitianiniadalahpenelitidanalatbantuberupapanduankodifikasirubrikpenilaiankemampuanmenulissuratpribadidanpanduananalisis.DatapenelitianiniadalahsuratpribadisiswasiswakelasVIIIMTsNJabungKecamatanTalunKabupatenBlitartahunpelajaran2013/2014yangberjumlah85surat.Kegiatananalisisdatadilakukandenganreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Pengecekankeabsahandatadilakukandenganteknikketekunanpengamatdantriangulasipakaryaitukonsultasipadadosenpembimbing.BerdasarkananalisisdatapadasuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIIMTsNegeriJabungKecamatanTalunBlitardiperolehtigahasilpenelitian.PertamaKelengkapansertakeruntutanunsurdalammenulissuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIIMTsNegeriJabungkecamatanTalunBlitar.Kelengkapanisisuratpribadisebagianbesarsudahsangatlengkapdankeruntutanunsursuratpribadisebagianbesarsangatruntut.KeduaketerpaduankatadalamkalimatpadasuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIIMTsNegeriJabungsebagianbesarmasihkurangpaduketerpaduankalimatdalamparagrafsebagianbesarsangatpadudanketerpaduanparagrafdalamrangkaiansuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIIMTsNegeriJabungsebagianbesarsangatpadu.KetigapenulisankatatembungpadasuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIIMTsNegeriJabungsebagianbesartidaksesuaipenggunaanhurufkapitalpadasuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIIMTsNegeriJabungsebagianbesartidaksesuaidanpenggunaanpemakaiantandabacapadasuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIIMTsNegeriJabungtermasukdalamkategorikurangsesuaidantidaksesuai.Dalampenelitianinipenulismempunyaiempatsaranyangditujukankepada(1)guruBahasaDaerah(2)siswa(3)masyarakatumumdan(4)penelitiselanjutnya.GuruBahasaDaerahdisarankanuntukmemberikanPRterhadapsiswatentangkosakatabahasaIndonesiakedalambahasaJawadanmenulisbeberapakatayangmasing-masingdikategorikankedalamtingkattuturyangberbeda.HaltersebutperludilakukankarenadalamaspekketerpaduankatadalamkalimatmasihmunculkosakatabahasaIndonesiamaupunkosakatayangtidaksesuaidengantingkattuturnya.GurujugaharusmelakukanperbaikandalamejaandenganmenyuruhsiswamembawaEYDatauperpustakaanmenyediakanEYDagardapatdipinjamolehsiswakarenadarihasilpenelitianpenggunaanejaanmasihbanyakyangsalah.SiswadisarankanuntukmeningkatkanbelajarberbahasaJawadengantepatsesuaidengantingkattuturnyaapabilamemungkinkandansiswalebihsering-seringmembacaEYDkarenadalampenulisantandabacaapabilatandabacasalahmeletakkanatausalahmenulismakamaknanyapunmenjadibeda.MasyarakatumumdisarankanuntukmembenarkanjikadalampenggunaanbahasaJawamasihsalahkarenadenganpembenarantersebutsedikitdemisedikitsiswamerubahpemilihankatayangsalah.Penelitiselanjutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitiansejenisterkaitdenganpenggunaanpilihankatadalamtingkattuturdanpenulisanejaan.