Pengembangan media pembelajaran analisis unsur intrinsik novel berbasis macromedia flash siswa kelas VIII SMPN 1 Plaosan Kabupaten Magetan / Novia Ayu Romadhoni

Main Author: Romadhoni, Novia Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9381/
Daftar Isi:
  • RomadhoniNoviaAyu.2014.PengembanganMediaPembelajaranAnalisisUnsurIntrinsikNovelBerbasisMacromediaFlashSiswaSMPKelasVIIISMPN1PlaosanKabupatenMagetan.SkripsiJurusanSastraIndonesiaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.DjokoSaryonoM.Pd(II)Dr.HeriSuwignyoM.Pd.KataKuncimacromediaflashpembelajaranunsurintrinsiknovel1228812288122881228812288Pembelajarannoveldisekolahsulitdipahamisiswa.Kesulitantersebutdisebabkanolehkurangnyamediayangdiberikanguru.Olehkarenaituperluadanyamediayangdapatmembantugurumenyampaikankepadasiswa.Adanyamediasiswadapatbelajardenganmenyenangkan.Sejalandenganitupenelitianinibertujuanuntuk(1)menghasilkanmediapembelajarananalisisunsurintrinsiknovelberbasismacromediaflashdan(2)mengetahuikelayakanmediadalampembelajarananalisisunsurintrinsiknovel.12288122881228812288PenelitianinimenggunakanprosedurpenelitiandanpengembanganBorgdanGallyangdiadaptasidariSukmadinata.Adaptasiproseduryangdimaksudyakni(1)tahapprapengembangan(2)tahappengembanganproduk(3)tahapujicobadan(4)tahappascapengembangan.Ujicobaprodukdalampenelitianinidilaksanakankepada(1)ujiahlimateri(2)ujiahlimediapembelajaran(3)ujipraktisidan(4)ujilapanganatauujisiswa.Datapenelitianpengembanganiniberupadatakualitatifdankuantitatif.Datakualitatifdiperolehdaridataverbalberupakritiksarandankomentardariahlipraktisidansiswatentangkelayakanprodukdanwawancaratentangkebutuhansiswa.Datakuantitatifdiperolehdaridatanumerikberupaskorangketyangdiisiolehahlipraktisidansiswayangmenggambarkankelayakanisidansajianbahasatampilanmedianavigasitomboldanmanfaatmediadalampembelajaran.Datakualitatifdankuantitatifdijadikanbahanrevisiproduk.12288122881228812288Penelitianinimenghasilkanprodukberupamediapembelajarananalisisunsurintrinsiknovelberbasismacromediaflash.Mediatersebutterdiriataskuranglebih45tampilanyangterbagimenjadilimamenu.Jenishurufyangdigunakanadalahgeorgiadenganukuranhurufsesuaidenganketerbacaan.Tampilanmediamenggunakankombinasiwarnabiruhijautuahijaumudadanputih.Adapunkelebihandarimediatersebutyaitu(1)terdapatlatihanmandiri(2)bahasayangdigunakankomunikatif(3)terdapatilustrasigambaryangmenyenangkandan(4)dapatmeningkatkanminatbelajarsiswa.Akantetapiselainmempunyaikelebihanmediainijugamemilikikelemahanyaitutidakdikembangkansetiapkompetensidasartetapibeberapakompetensidasaryangserumpundijadikansatu.MediapembelajaraninihanyabisadigunakandalamprosespembelajaranapabiladisekolahdilengkapifasilitaskomputerdanLCDbilamediadigunakanolehguru.12288122881228812288Mediainisebagaisalahsatualternatifyangdapatmempermudahsiswabelajarmenganalisisunsurintrinsiknovel.Pengembanganmediatersebutdapatdijadikancontohuntukpengembanganmediapembelajaranyanglainnya.SelanjutnyaprodukpengembanganmediainidapatdisebarluaskanmelaluijurnalpendidikandanforumMusyawarahGuruMataPelajaran(MGMP)BahasaIndonesia.12288122881228812288122881228812288122881228812288