Strategi memahami teks bhasa Indonesia siswa kelas XI-IA4 SMA Negeri 6 Madiun / Nunung Yuni Irmawati

Main Author: Irmawati, Nunung Yuni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9376/
Daftar Isi:
  • IrmawatiNunungYuni.2014.StrategiMemahamiTeksBahasaIndonesiaSiswaKelasXI-IA4SMANegeri6Madiun.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.ImamSuyitnoM.Pd.(2)Dra.Hj.IdaLestariM.Si.KataKuncistrategimemahamiteksmenyimpulkanisitekspembelajaranmembacaMembacamerupakankegiatanyangpenting.Membacasebagaiketerampilanpentingdimilikisiswaagardapatmemahamiteksbacaan.Keberhasilanstudisiswasalahsatunyaditentukanolehkemampuanmembacayangdapatdilihatdarikemampuanmemahamiteksbacaan.Olehsebabitudiperlukanstrategiyangmemudahkansiswadalammemahamiteksbacaan.PenelitianinisecaraumumbertujuanmendeskripsikanstrategiyangdigunakanolehsiswadalammemahamiteksbahasaIndonesia.SecarakhususpenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanstrategimemahamiteksbahasaIndonesiayangdigunakanolehsiswadalammenyimpulkanisiteksmenemukantujuanpenulismenilaipernyataandanmenilaihubunganantaridedalamteksbahasaIndonesia.Pendekatanyangdigunakanpenelitianiniadalahpendekatankualitatifdengandesainpenelitiandeskriptif.SumberdatapenelitianiniadalahlembarjawabantessiswakelasXI-IA4SMANegeri6Madiundanlembarhasilobservasi.DatapenelitianiniadalahpaparannonverbaltentangstrategiyangdigunakansiswadalammemahamiteksbahasaIndonesia.Pengumpulandatadilakukanmenggunakantekniktesdanobservasi.Instrumenyangdigunakandalamprosespengumpulandataadalah(1)perintahdanpetunjukpengerjaantesdan(2)pedomanobservasi.Analisisdatadilakukandengantahapan(1)mengidentifikasi(2)mengelompokkan(3)menjabarkandan(4)menyajikandatahasilpenelitian.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehempatsimpulan.Pertamaadaduabelasstrategiyangdigunakanolehsiswadalammenyimpulkanisiteks.Duabelasstrategitersebutadalahstrategi(1)membacadariawalsampaiakhirteks(2)melihatjuduldanmembacabeberapabarisawal(3)membacasebagiandarimasing-masingparagraf(4)membuatikhtisar(5)menggarisbawahiataumenandaikata-kataataubagianpenting(6)membacacepatteks(7)menggunakanpengetahuanumumdanasosiasi(8)menebakjawabantanpapertimbangantertentu(9)membacaulangteks(10)berhentipadapilihanyangtepatatautidakkembaliketeks(11)menggunakanpilihanpanjang-pendekdan(12)bertanyapadateman.Dariduabelasstrategitersebuttidakseluruhstrategidigunakanolehsetiapsiswa.SelainitustrategiyangdominandigunakanolehsiswadalammenyimpulkanisiteksbahasaIndonesiaadalahstrategimembacadariawalsampaiakhirteksbacaandanstrategimembacatekssecaracepat.Keduaterdapatsebelasstrategiyangdigunakanolehsiswadalammenemukantujuanpenulis.Sebelasstrategitersebutyaitustrategi(1)membacadariawalsampaiakhirteks(2)menebakdarijudul(3)membacasebagiandarimasing-masingparagraf(4)menggarisbawahiataumenandaikata-kataataubagianpenting(5)membacacepatteks(6)menggunakanpengetahuanumumdanasosiasi(7)membacaulangteks(8)berhentipadapilihanyangtepatatautidakkembaliketeks(9)menggunakanpilihanpanjang-pendek(10)menebakjawabantanpapertimbangantertentudan(11)bertanyapadateman.Darisebelasstrategitersebuttidakseluruhstrategidigunakanolehsetiapsiswa.SelainitusiswadominanmenggunakanstrategimembacadariawalsampaiakhirteksbacaanuntukmenemukantujuanpenulisdalamteksbahasaIndonesia.Ketigaadasepuluhstrategiyangdigunakanolehsiswadalammenilaipernyataandalamteks.Kesepuluhstrategiyangdigunakanolehsiswaadalahstrategi(1)membacadariawalsampaiakhirteks(2)menggarisbawahiataumenandaikata-kataataubagianpenting(3)menggunakanpengetahuanumumdanasosiasi(4)menebakjawabantanpapertimbangantertentu(5)membacaulangteks(6)berhentipadapilihanyangtepatatautidakkembaliketeks(7)menggunakanpilihanpanjang-pendek(8)memilihperkecualian(9)bertanyapadatemandan(10)menandaipilihanjawaban.Darisepuluhstrategitersebuttidakseluruhstrategidigunakanolehsetiapsiswa.SelainitustrategiyangdominandigunakanolehsiswadalammenilaipernyataandalamteksbahasaIndonesiaadalahstrategimembacadariawalsampaiakhirteksbacaandanstrategimemilihperkecualian.Keempatadasembilanstrategiyangdigunakanolehsiswadalammenilaihubunganantaridedalamteks.Sembilanstrategiyangtersebutyaitustrategi(1)menggarisbawahiataumenandaikata-kataataubagianpenting(2)menggunakanpengetahuanumumdanasosiasi(3)menebakjawabantanpapertimbangantertentu(4)membacaulangteks(5)berhentipadapilihanyangtepatatautidakkembaliketeks(6)menggunakanpilihanpanjang-pendek(7)memilihperkecualian(8)bertanyapadatemandan(9)strategilainyaitumembacaulangteksyangditunjukolehpertanyaan.Darisembilanstrategitersebuttidakseluruhstrategidigunakanolehsetiapsiswa.SelainitusiswadominanmenggunakanstrategimembacaulangteksyangditunjukolehpertanyaandalammenilaihubunganantaridedalamteksbahasaIndonesia.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwastrategimemahamiteksbahasaIndonesiayangdigunakanolehmasing-masingsiswakelasXI-IA4SMANegeri6Madiunberagam.Dariberbagaistrategiyangdigunakanolehsiswaterdapatstrategiyangdinilaikurangefektifmenurutahli.OlehkarenaituguruBahasaIndonesiayanghendakmenggunakanhasiltemuanpenelitianinidalamkegiatanpembelajaranmembacadisarankanuntukmemberikanpengarahanyangintensifpadasiswatentangstrategi-strategiyangefektifdalammemahamiteksbahasaIndonesia.BagipenelitiselanjutnyayanghendakmelakukanpenelitiansejenisdisarankanuntukmenelitipengaruhpenggunaanstrategimemahamiteksterhadapkemampuansiswadalammemahamiteksbahasaIndonesiakarenahasilpenelitianiniterbataspadapotretstrategi-strategiyangdigunakanolehsiswadalamusahamemahamiteksbahasaIndonesia.