Pengembangan media pembelajaran mengapresiasi cerita wayang berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMP kelas IX / Johan Slamet Raharjo
Main Author: | Raharjo, Johan Slamet |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9370/ |
Daftar Isi:
- RaharjoJ.S.2014.PengembanganMediaPembelajaranMengapresiasiCeritaWayangBerbasisMultimediaInteraktifuntukSiswaSMPKelasIX.LaporanPenelitianJurusanPendidikanBahasaSastraIndonesiaDaerahFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SunotoM.Pd.(2)KarkonoS.S.M.A.Katakuncipengembanganmediamultimediainteraktifmengapresiasiceritawayang.SecaraumumpenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanprodukmediapembelajaranmengapresiasiceritawayangberbasismultimediainteraktifuntuksiswaSMPkelasIX.TujuanumumtersebutkemudiandijabarkanmenjadibeberapatujuankhususyaitumengembangkanmediapembelajaranmengapresiasiceritawayanguntuksiswaSMPkelasIXdenganmemerhatikan(1)sistematikapenyajianmateripadaprodukyangdihasilkan(2)penggunaanbahasapadaprodukyangdihasilkandan(3)bentuktampilanpadaprodukyangdihasilkan.Untukmencapaitujuandiataspenelitimenggunakanrancanganpenelitianpengembangan.AdapunmodelpengembanganbahanajaryangdigunakanyaitumodelpengembanganRD.ModeldesainpenelitiandanpengembanganRDdirumuskansebagaiberikut(1)adanyapotensidanmasalah(2)mengumpulkandata(3)desainproduk(4)validasidesain(5)perbaikandesain(6)ujicobaproduk(7)revisiprodukujicobapemakaian(9)revisiproduk(10)pembuatanprodukmasal.BerdasarkanmodeldesainmodelRDyangtelahdisebutkanpenelitikemudianmemperjelassetiaptahapandenganmembuatrundownalurpengembanganmedia.Validasibahanajardilakukanterhadapempatkelompokvalidatoryaitukelompokahlimediaahlimateripraktisidansiswa.Dariujicobaterhadapketigakelompokvalidatortersebutdiperolehrata-ratapersentase867%(layakuntukdiimplementasikan).Selanjutnyaprodukakandipaparkandibawahinisesuaidengantujuankhususpenelitian.Pertamasistematikapenyajianmateripadaprodukyangdihasilkan.MateriisipadamediayangdikembangkaninitelahdisesuaikandenganSKKDdantujuanpembelajaranBahasaJawapadakurikulumKTSP.Keduapenggunaanbahasapadaprodukyangdihasilkan.PadamediapembelajaranmengapresiasiceritawayanginiadaduapilihanbahasayaituJawadanIndonesiaformalyangkomunikatifdanlogissehinggaketikadigunakanpenggunaakanlebihmudahmemahamidanmenangkapsetiapinstruksipadamedia.PenggunaanbahasaIndonesiadalammediainibertujuanagardapatpuladigunakanolehmerekayanginginbelajarbahasadanbudayaJawatetapibelummenguasaiBahasaJawa.Ketigabentuktampilanpadaprodukyangdihasilkan.Wujudmediayangdihasilkanpadapenelitiandanpengembanganiniberupaperangkatlunakmediainteraktifmengapresiasiceritawayangdenganformatpowerpiontshow.Tombolmenupadamediapembelajaranmengapresiasimengapreasiceritawayanginitataletaktombolmenudiubahdandilengkapidengannamaiconagarmemudahkanpenggunamedia.dilengkakpidenganopeningyangmenarikDalampemanfaatannyamediapembelajaranmengapresiasiceritawayanginidiharapkandapatdimanfaatkanolehpesertadidiksebagaimediamandiridanjugadenganbimbinganguru.Gurudisarankanuntukmenggunakanprodukmediapembelajaranhasilpengembanganinisalahsatualternatifmediayangdigunakandalamprosespembelajarandikelas.PengembanganmediapadamatapelajaranBahasaDaerahinidiharapkandapatmenambahsaranapembelajaran.DenganbertambahnyamediapembelajaraninipembelajaranBahasaJawaakanlebihdiminatiolehpesertadidik.