Pengaruh penggunaan teknik peta pikiran terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Lailinda Nur Jannah

Main Author: Jannah, Lailinda Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9361/
Daftar Isi:
  • JannahLailindaNur.2014.PengaruhPenggunaanTeknikPetaPikiranterhadapKemampuanMenulisTeksBeritaSiswaKelasVIIISMPNegeri2Malang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFSUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.H.DawudM.Pd.(2)DewiPusposariS.Pd.M.Pd.Katakunciteknikpetapikirankemampuanmenulisteksberita12288122881228812288DidalamKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)terdapatkompetensidasar(KD)menulisteksberitasiswakelasVIIISMP.UntukmencapaiKDtersebutadatigaaspekkemampuanmenulisberitayangharusdikuasaiolehsiswayaknijudulterasdantubuhberita.Ketigaaspektersebutdianggapmasihsulitdicapaiolehsiswa.Salahsatupenyebabkesulitantersebutadalahteknikpembelajaranyangdigunakankurangmendukung.Dengandemikiandibutuhkansebuahteknikyangdapatmengoptimalkankemampuanmenulisteksberita.Padapenelitianinidiujicobakanteknikpetapikiranuntukmembantusiswadalammemetakkanberitayangdiperolehsehinggamerekamampumenulisteksberitadenganbenar.12288122881228812288SecaraumumpenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanteknikpetapikiranterhadapkemampuanmenulisteksberitasiswakelasVIII.SecarakhususpenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanteknikpetapikiranterhadapkemampuanmenulisjudulterasdantubuhberitasiswakelasVIIISMPNegeri2Malang.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanrancangankuasieksperimen.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPNegeri2MalangsedangkansampelpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-AsebagaikelaskontroldankelasVIII-Isebagaikelaseksperimen.Kelaseksperimendiberikanperlakuandenganmenggunakanteknikpetapikiransedangkankelaskontrolmenggunakanteknikkonvensional.InstrumenkelaseksperimenberupaLembarKerjaSiswa(LKS)yangdidalamnyaterdapatlangkah-langkahmenulisteksberitadenganteknikpetapikiran.IntrumenkelaskontrolberupaLKSyangdidalamnyaterdapatperintahmenulisteksberita.Denganinstrumentersebutdiperolehdatapenelitiannilaikemampuanmenulisjudulterasdantubuhteksberitadarikelaseksperimendankelaskontrol.12288122881228812288Hasilpenelitianpengaruhpenggunaanteknikpetapikiranterhadapkemampuanmenulisjudulterasdantubuhberitamenunjukkanbahwanilaikelaseksperimenlebihtinggidibandingkandengankelaskontrolkecualiaspekkelogisankalimatterasberitadanejaansertatandabaca.Berdasarkanhasilanalisisstatistikujibedatesakhirkemampuanmenulisjudulberitadiketahuithitungadalah3620p0001(p005).Hasiltersebutmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanskormenulisjudulberitakelaseksperimendengankelaskontrol.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpenggunaanteknikpetapikiranterhadapkemampuanmenulisjudulberita.Jadipenggunaanteknikpetapikirandapatmeningkatkankemampuanmenulisjudulteksberita.12288122881228812288Hasilanalisisujibedatesakhirkemampuanmenulisterasberitadiketahuithitungadalah4313p0000(p005).Hasiltersebutmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanskormenulisterasberitakelaseksperimendengankelaskontrol.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpenggunaanteknikpetapikiranterhadapkemampuanmenulisterasberita.Jadipenggunaanteknikpetapikirandapatmeningkatkankemampuanmenulisterasteksberita.12288122881228812288Hasilanalisisujibedatesakhirkemampuanmenulistubuhberitadiketahuithitungadalah8105p0000(p005).Hasiltersebutmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanskormenulistubuhberitakelaseksperimendengankelaskontrol.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpenggunaanteknikpetapikiranterhadapkemampuanmenulistubuhberita.Jadipenggunaanteknikpetapikirandapatmeningkatkankemampuanmenulistubuhteksberita.Saranyangdiajukanpenelitiberdasarkanhasilpenelitianadalah(1)bagigurumatapelajaranBahasaIndonesiateknikpetapikirandigunakanuntukketerampilanbahasaIndonesiayanglain(2)bagipenelitilaindapatmenerapkanteknikpembelajaranyangtepatuntukmeningkatkanaspekejaandantandabacadan(3)bagipenelitialainjugadapatmengembangkanteknikpetapikiranyangdapatmendorongsiswasecaramandirimembuatpetapikiranpadapembelajaranmenulisteksberita.