Analisis soal latihan dalam buku teks "Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik" kelas X terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013 / Fretty Fajarwati
Main Author: | Fajarwati, Fretty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9360/ |
Daftar Isi:
- FajarwatiF.2014.AnalisisSoalLatihandalamBukuTeksBahasaIndonesiaEkspresiDiridanAkademikKelasXTerbitanKementrianPendidikandanKebudayaan2013.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.WidodoHS.M.Pd(II)Dr.KusubaktiAndajaniM.Pd.KataKuncianalisissoallatihanbukuteks12288122881228812288SoallatihanadalahsoalyangdigunakanuntukmelatihkankompetensiberbahasadanbersastrakepadasiswaberdasarkanKIKDdanIndikator.Dalamhalinisoallatihanyangdimaksudadalahsoal-soalyangterdapatdalambukuteksBahasaIndonesiaEkspresiDiridanAkademikKelasXterbitanKementrianPendidikandanKebudayaantahun2013yangberadadibawahsubjudultugas.12288122881228812288Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikansoal-soallatihanyangterdapatdalambukuteksBahasaIndonesiaEkspresiDiridanAkademikKelasXterbitanKementrianPendidikandanKebudayaantahun2013.Soallatihanyangditelitimencakup3halyaitu(1)bentuksoallatihandanpengaplikasianKDdanIndikatorberdasarkanKI3dan4(2)tingkatkesulitansoallatihandan(3)kontekssoallatihan.12288122881228812288Jenispenelitianyangdigunakanadalahdeskriptifdenganmenggunakanpendekatankualitatif.Datapenelitianiniberupadokumen/teksyaitusoal-soallatihanyangberadadibawahsubjudultugas.SumberdatapenelitianiniadalahbukuteksBahasaIndonesiaEkspresiDiridanAkademikKelasXterbitanKementrianPendidikandanKebudayaantahun2013.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikdokumentasi.InstrumenyangdigunakanberupatabelpengumpuldanpengolahdatayangdikelompokkanberdasarkanbentuksoallatihandanpengaplikasianKDdanIndikatorberdasarkanKI3dan4tingkatkesulitansoallatihandankontekssoallatihan.Kegiatananalisisdatadimulaidenganpenyeleksiandatapengklasifikasiandatapenganalisisandanpencocokandatapenginterpretasiandatasertapenyimpulandatahasilanalisis.12288122881228812288Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehtigasimpulansebagaiberikut.PertamaterkaitbentuksoallatihandanpengaplikasianKDdanIndikatorberdasarkanKI3dan4.Bentuksoallatihanyangterdapatdalambukuteksyangditelitiada2jenisyaitu(1)bentuksoalsubjektifdan(2)bentuksoalobjektif.Soallatihansubjektifberupauraianyangterdiridari(1)uraianterbatas(restrictedresponse)dan(2)uraianbebas(extendedresponse).Sementaraitusoallatihanobjektifyangditemukanhanyaada2jenisyaitu(1)pilihanganda(multiplechoice)dan(2)tesbenar-salah(true-false)sedangkansoalobjektifyangberupatesmenjodohkan(matching)tidakditemukan.Selainbentuksoalobjektifdansubjektifjugaditemukanbentuksoalperformansidanportofolio.12288122881228812288Soal-soallatihandalamBTBImerupakanpenerapandariKI3(membaca)danKI4(menulis)berdasarkanKurikulum2013.DalamKI3dan4terdapatbeberapaKDdanIndikatoryangharusdikuasaiolehsiswa.Dalambukuteksterdapatsoaluntukmelatihkemampuanbersastra.KemampuanbersastrainitidaktertulisdalamKDataupunIndikatorpadaKurikulum2013tetapiditemukanpadasoallatihan.12288122881228812288Keduaterkaittingkatsoallatihan.KeenamranahkognitiftaksonomiBloomyangmeliputi6tingkatanyaitu(1)mengingat/C1(2)memahami/C2(3)menerapkan/C3(4)menganalisis/C4(5)mengevaluasi/C5serta(6)membuat/C6ditemukanpadasoal-soallatihandalambukuteksyangditeliti.Ketigaterkaitkontekssoallatihan.Dalambukuteksyangditelitikontekssoallatihanyangditemukanberagam.Kontekssoallatihanyangditemukanmeliputi(1)soaleksplorasiuntukmengarahkandanmenggalipengetahuandanpengalamansiswasebelummembacateks(2)soalpemahamantentangisibacaanyangtelahdibacadanmateripembelajarandan(3)soalyangmenuntunsiswauntukmemproduksitekssecaramandiriataupunkelompok.