Pengembangan model pembelajaran menulis lintas mata pelajaran ujian nasional SD kelas tinggi / Sheilla Arumdyahsari
Main Author: | Arumdyahsari, Sheilla |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9344/ |
Daftar Isi:
- ArumdyahsariSheilla.2013.PengembanganModelPembelajaranMenulisLintasMataPelajaranUjianNasionalSekolahDasarKelasTinggi.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SuyonoM.Pd.(II)MusthofaKamalS.Pd.M.Sn.KatakuncimodelpembelajaranlintasmatapelajaranSDkelastinggiPenelitianinimempunyaibeberapalatarbelakangdiantaranyayaitupentingnyakegiatanmenulisdiajarkansejakdinimanfaatmodelpembelajaranlintasmatapelajaranuntuksiswaSDkelastinggidanperangurukelasSDsangatcocokuntukmodelpembelajaranlintasmatapelajaran.Tujuanpenelitianiniyaitumenjelaskan(1)wujudmodelpembelajaranmenulislintasmatapelajaranyangdikembangkan(2)kemanfaatanmodelpembelajaranmenulislintasmatapelajaranyangdikembangkandan(3)problematikapenerapanmodelpembelajaranmenulislintasmatapelajaranyangdikembangkan.Untukmencapaitujuantersebutpenelitianinidilakukandenganjenispenelitianpengembangan.ModelpengembanganyangdipakaiadalahmodelBorgdanGall(Sukmadinata2008169).Terdapatempattahapandalammodelpengembanganiniyaitutahapprapengembangantahappengembangantahapujicobadantahaprevisi.Tahapprapengembanganmenghasilkanspesifikasiprodukyangsangatpentinguntukdasarpengembanganmodel.Tahappengembangandilakukansesuaispesifikasiprodukyangsudahdirumuskansertamelewativalidasiahli.Tahapujicobadilakukanuntukmenjawabketigatujuanpenelitian.Padaaspekwujudmodelpembelajaranmenulislintasmatapelajaranahli2memberikanskorsebesar625%danpraktisimemberikanskorsebesar875%.Skorrata-ratayangdidapatsebesar75%.Skorrata-ratatermasukkategori3yaitupersentase75%-84%dengankualifikasiLayakdantindaklanjutImplementasi.Padaaspekkemanfaatanmodelpembelajaranmenulislintasmatapelajarandiperolehtanggapansiswadanguruterhadapmodelpembelajaranyangtelahdiujicobakansertanilaiujianketigamapelsebagaibentukpendalamanmaterisiswa.Padaaspekproblematikapenerapanahli1memberikanskorsebesarsebesar50%ahli2sebesar781%danpraktisisebesar100%.Skorrata-ratayangdidapatsebesar76%termasukkategori3yaitupersentase75%-84%dengankualifikasiLayakdantindaklanjutImplementasi.Beberapasaranuntukdasarrevisiyaitu(1)penyusunanskenarioyanglebihholistik(2)penambahanproseduruntukguru(3)penambahanpetunjukpadabagianpendahuluan(4)pembuatantemayangterkaituntukketigabahanmapel(5)perbaikantampilanbukudan(6)perbaikanbeberapakatayangterpengaruhdialekJawadankata-katayangkurangcocokdengankontekskalimat.Saranyangterkaituntukpenelitiselanjutnyayaitu(1)langkah-langkahpembelajarandibuatlebihkreatifdanvariasilagisesuaimateridantujuanpembelajaran(2)kemanfaatanmodelpembelajaranbisaditelitilebihdalamcontohnyamengukurtingkatkeefektifandan(3)minimalisasiproblematikayangmunculdilapanganketikaditerapkanolehguru.