Penggunaan strategi gen estetika untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Tarbiyatul Falah Kota Blitar / Fatma Dian Susiwi

Main Author: Susiwi, Fatma Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9340/
Daftar Isi:
  • SusiwiFatma.Dian.2013.PenggunaanStrategiGenEstetikauntukMeningkatkanKemampuanMenulisPuisiSiswaKelasVIISMPTarbiyatulFalahKotaBlitar.SkripsiJurusanPend.BahasaSastraIndonesiadanDaerahFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HeriSuwignyoM.Pd(II)KarkonoS.S.M.A.KataKuncipembelajaranmenulispuisikemampuanmenulispuisistrategiGenEstetika.Pembelajaranmenulispuisimerupakanpembelajaranyangwajibdiajarkangurudiberbagaijenjangpendidikan.Seluruhsiswadituntutmampumenguasaisehinggamampumenulispuisidenganmempertimbangkanstrukturpuisi.Halinitidaksesuaidenganyangterjadidilapangan.Kebanyakansiswabelummenguasaipembelajaranmenulispuisidenganbaik.PendapatinididukungolehhasilpenelitiandiSMPTarbiyatulFalahKotaBlitaryangmembuktikanbahwasiswamasihbelummampumenulispuisidenganbaik.OlehkarenaitupenelitimelakukantindaklanjutdenganmenerapkanstrategiGenEstetikauntukmeningkatkankemampuanmenulispuisisiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkankemampuanmenulispuisisiswakelasVIISMPTarbiyatulFalahKotaBlitardenganmenerapkanstrategiGenEstetika.Penelitianiniberfokuspada(1)penerapanstrategiGenEstetikadalammeningkatkankemampuanprosesmenulispuisisiswa(2)penerapanstrategiGenEstetikadalammeningkatkankemampuanhasilmenulispuisisiswa.MasalahkemampuanmenulispuisiyangdikajiolehpenelitiyaituterkaitkemampuanmenuliskreatifpuisiberkenaandenganperistiwayangpernahdialamidenganKompetensiDasar(KD)16.2menuliskreatifpuisiberkenaandenganperistiwayangpernahdialami.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganmenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas(PTK).Datapenelitianinidikumpulkandenganinstrumenpengumpuldatayaitupenelitisebagaiinstrumenutama.Penelitibertindaksebagaipengumpuldatamelaluiteknikobservasidanteknikdokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwastrategiGenEstetikamampumeningkatkankualitasprosesdankualitashasilmenulispuisipadasiswakelasVIISMPTarbiyatulFalahKotaBlitar.PeningkatanprosesstrategiGenEstetikameliputipeningkatanprosespadatahappramenulismenulisdanpascamenulis.Prosespeningkatankemampuanmenulispuisitahappramenulisdilakukandenganpenggalianideyangunikdanpengonsepanpuisi.Padaindikatorpenggalianideuniksiswamenentukanidedanmemberikanketerangansecararincimengenaiideyangdipilih.Selanjutnyaidedikonsepmenjadideskripsiringkasdansebagianbesarsiswasudahmasukkategorisangatbaik.Padatahapmenulissiswasudahmampumelakukankegiatanpenulisanpuisisecaramaksimal.Siswasudahmampumempertimbangkanunsur-unsurpembangunpuisiagarmenjadipuisiyangbernilaiestetis.Padatahappascamenulissiklus1penyuntingandilakukanolehtemandinyatakantidakefektifkarena(1)membuatkelasmenjadigaduh(2)minimnyasiswayangmampumemberikankomentardenganbaikhalinidisebabkansiswaharusmengomentarisecarakeseluruhanrangkaianpanjangpadakaryasiswadan(3)komentarsiswalaintidakselaludipertimbangkandalampenyusunanpuisi.Padasiklus2penerapankomentarkaryabisadilakukanolehsiapapunsetelahtahappublikasi.Disiklus2seluruhsiswasudahmempublikasikankaryadimajalahdindingkelas.Duaindikatordalamtahappascamenulisinidinyatakandapatdilaluisiswadengankategorisangatbaik.Nilaiakhirsiswadalammenulispuisimengalamipeningkatandaripratindakansiklus1dansiklus2.Padapratindakanjumlahsiswayangdikategorikantuntasberjumlah1siswadenganpresentasekeberhasilanmencapai10%.Jumlahinimeningkatpadasiklus1menjadilimasiswayangmencapaiketuntasandenganpresentasekeberhasilansebesar50%.Padasiklus2peningkatanterlihatdarisembilansiswayangmemperolehnilaiketuntasandenganprsesntasekeberhasilansebesar90%.Hanyaadasatusiswayangbelummencapaiketuntasanbelajar.HasiltersebutmenunjukkanbahwapenggunaanstrategiGenEstetikamampumeningkatkankemampuansiswadalammenulispuisi.Hasilpeningkatanaspekdiksipadasiklus1sebanyak9siswadikategorikantuntasdan1siswadikategorikanbelumtuntas.Nilairata-rataaspekdiksipadasiklus1sebesar66.Padasiklus2seluruhsiswadikategorikantuntaspadaaspekdiksidengannilairata-rata84.Hasilpeningkatanaspekrimasiklus1sebanyak9siswadikategorikantuntasdan1siswadikategorikanbelumtuntas.Nilairata-rataaspekrimapadasiklus1sebesar78.Padasiklus2tigasiswadikategorikanbelumtuntasdengannilairata-ratameningkatmenjadi82.Peningkatanaspekmajassiklus1sebanyak5siswadikategorikanbelumtuntasdengannilairata-ratakeseluruhansebesar42.Padasiklus2seluruhsiswadikategorikantuntas.Nilairata-ratasebesar70.Diaspektipografimengalamipeningkatandarisiklus1kesiklus2.Padasiklus1sebanyak9siswadikategorikantuntasdan1siswadikategorikanbelumtuntas.Nilairata-ratakeseluruhanyangdiperolehpadasiklus1sebesar64.Padasiklus2seluruhsiswadikategorikantuntasdengannilairata-ratameningkatmenjadi82.Padaaspekamanatterjadisedikitpeningkatan.Padasiklus1seluruhsiswadikategorikantuntas.Jumlahyangsamajugaterdapatpadasiklus2.Rata-ratasiklus1sebesar66menjadi72padasiklus2.BerdasarkanpenelitianyangdilakukandapatdisimpulkanbahwapenerapanstrategiGenEstetikamampumeningkatkankemampuanmenulispuisisiswakelasVIISMPTarbiyatulFalahKotaBlitar.Haltersebutditandaidenganmeningkatnyanilaiyangdiperolehsiswapadanilaiakhirmaupunnilaipadatiapaspek.Berdasarkansimpulanhasilpenelitianmakadisarankankepadakepalasekolahagarmengadakankerjasamayangbaikantarasekolahdenganpondokpesantrensehinggaterciptasuasanaakademikyangmenunjangterlaksananyapembelajaranyangefektif.KepadaguruBahasaIndonesiadisarankanagarmampumenerapkanstrategiGenEstetikayangtelahdisesuaikandengankondisisiswasehinggamampumenuntunsiswamenulispuisidenganbaikdanbertahap.Kepadapenelitilainagarmelakukanpenelitiansejenissehinggamampumemberikantemuanbarudalampembelajaranmenulispuisiyangmampumeningkatkankualitasprosesmaupunhasilkaryasiswa.Tindaklanjuttersebutdalamrangkamengembangkandanmeningkatkanhasilpembelajaran.