Teknik-teknik membaca cepat dan efektif untuk menunjang pembelajaran produktif beragam mata pelajaran / Andini Lailatul Priyani

Main Author: Priyani, Andini Lailatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9336/
Daftar Isi:
  • PriyaniAndiniLailatul.2013.Teknik-teknikMembacaCepatdanEfektifuntukMenunjangPembelajaranProduktifBeragamMataPelajaran.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SuyonoM.Pd.(II)Drs.DwiSaksomoM.Si.KataKunciteknikmembacacepatpembelajaranproduktifPenelitianinididasarkanpadakondisirendahnyakemampuanmembacacepatsiswadiIndonesia.DarifaktayangdiperolehposisiIndonesiadalamhalkemampuanmembacaberadajauhdibawahnegara-negaralain.Halinisangatmemprihatinkankarenakemampuanmembacamerupakandasarpenguasaanpengetahuanseseorang.Disampingitukemampuanmembacainijugaberpengaruhterhadapketerampilanberpikir.Tujuanpenelitianiniadalah(1)untukmendeskripsikanteknik-teknikmembacacepatdanefektifyangdapatmenunjangpembelajaranproduktifberagammatapelajaran(2)untukmendeskripsikanfaktor-faktorpenunjang(kondisipositif)untukmempraktikkanteknik-teknikmembacacepatdanefektifyangdapatmenunjangpembelajaranproduktifberagammatapelajaran(3)untukmendeskripsikanfaktor-faktorpenghambat(kondisinegatif)pelaksanaanteknik-teknikmembacacepatdanefektifyangdapatmenunjangpembelajaranproduktifberagammatapelajarandanalternatifpemecahannya(4)untukmendeskripsikanpotensikeberhasilanpenerapanteknik-teknikmembacacepatdanefektifuntukmenunjangpembelajaranproduktifberagammatapelajaran.Penelitianinimerupakanpenelitiankepustakaanataudisebutjugarisetkepustakaan.Datadansumberdatapenelitianiniadalahdataverbalyangberasaldarilaporan-laporanpenelitianseputarpenerapanteknikmembacacepatdanefektifartikeldalamjurnalyangmembahasperihalteknikmembacacepatefektifsertabuku-bukureferensiyangmembahasmengenaiteknik-teknikmembacacepatdanefektifdanpembelajaranproduktif.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahmatrikpencatatanatauperekamandata.Metodeanalisisdatadalampenelitianinimenggunakanmetodeanalisisisi.Darihasilanalisisdatatersebutditemukanempatkesimpulan.Pertamabahwadariempatteknikmembacacepatyangditemukanadatigateknikyangdapatdigunakanuntukmenunjangpembelajaranproduktifberagammatapelajaranyaituteknikmembacamemindai(scanning)teknikmembacalompat(skimming)danTrifocusSteveSnyder.AdapunteknikBacaKilattidakefektifjikaditerapkandalampembelajarankarenadalampelaksanaannyamembutuhkanwaktuyangrelatifbanyak.Keduafaktor-faktorpenunjangdalamketerampilanmembacacepatyaknimotivasikosakatamembuattujuanmembacalatarbelakangpengetahuandankonsentrasi.Ketigafaktorpenghambatnyayakniperbedaantingkatankemampuanmembacasiswawaktuperencanaanyangmemadaitekananterhadapguruuntukmampumencakupsemuamateridankekhawatirangurutentangkualitasmateri.Keempatbahwaketerampilanmembacacepatberpotensiuntukditerapkandalampembelajaranabadke-21.