Penggunaan media kliping berita bervariasi untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 2 Gandusari / Dian Kusumaningsih
Main Author: | Kusumaningsih, Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9334/ |
Daftar Isi:
- NingsihDianKusuma.2013.PenggunaanMediaKlipingBeritaBervariasiuntukMeningkatkanKemampuanMenulisTeksBeritaSiswaKelasVIIISMPN2Gandusari.Skripsi.JurusanPendidikanBahasadanSastraIndonesiaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.DawudM.Pd(II)Dr.TitikHarsiatiM.Pd.KataKunciMediaKlipingBeritaBervariasiMenulisTeksBeritaMenulisteksberitasecarasingkatpadatdanjelasmerupakansalahsatukompetensidasarmenulisdalamKurikulumTingkatSatuanPendidikan2006kelasVIIISMPsemester2.BerdasarkanstudipendahuluantentangpembelajaranmenulisteksberitayangdilakukandiSMPN2Gandusariditemukanbahwasiswabelummampumenulisteksberitasecaramaksimal.Untukitudiperlukanmediapembelajaranyangdapatmeningkatkanprosesdanhasilpembelajaran.Salahsatumediapembelajaranyangdapatdigunakanuntukmeningkatkankemampuanmenulisteksberitaadalahmediaklipingberitabervariasi.Mediaklipingberitabervariasiinidipilihkarenaterdapatlangkah-langkahmenulisteksberitayangsesuaidenganlangkah-langkahmenulisteksberitayangsehatuntukmeningkatkankemampuansiswadalammengembangkanjudulterasdantubuhberita.Langkah-langkahmenulisteksberitayangsehatyaitu(1)penemuanperistiwaataukejadian(2)pencariansumberberitaagarisiberitaakurat(3)wawancara(4)pencatatanhal-halpentingdan(5)penyusunanberita.SecaraumumpenelitianyangdirancangdenganberbasisPTKinibertujuanuntukmenjelaskanpenggunaanmediaklipingberitabervariasiuntukmeningkatkankemampuansiswakelasVIIISMPN2Gandusaridalammenulisjudulterasdantubuhberita.Datayangdiperolehberupadataprosesdandatahasil.Dataprosesdiperolehdariwawancaracatatanlapangandandokumentasifoto.Datahasildiperolehdariskorkemampuanmenulisjudulterasdantubuhberita.Datakualitatifmeliputikegiatansiswasaatpembelajarantulisansiswaresponsiswamelaluiangketdandokumentasifoto.Datakuantitatifdiperolehdarihasiltulisansiswaberdasarkanindikatorpenilaiandanresponsiswamelaluiangketkemudiandijabarkandalambentukangkaatautabelpenghitunganskor.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenggunaanmediaklipingberitabervariasiefektifmeningkatkankemampuansiswadalammenulisjudulterasdantubuhberita.Pertamamelaluiempattahapanpembelajaranmenulisteksberitamenggunakanmediaklipingberitabervariasiterbuktimeningkatkankemampuansiswadalammenulisjudulberita.Tahapmembandingkancontohklipingmelengkapibagian-bagianberitamemvariasikanletak5W1Hdanmenentukantopikberitayangsetemaklipingmembuatsiswamahirmembuatjudulberitayangsetemadenganklipingsesuaiindikatorjudulberitayangsingkatjelasjudulyangmenarikmengandungsubjekdanpredikatbisamenggambarkanisiberitasecarakeseluruhandanrelevandenganisi.Peningkatanskorsiswapadapembelajaranmenulisjudulberitamenggun/akanmediaklipingberitabervariasipadastudipendahuluansebesar2142%meningkatpadasiklusIsebesar634%danpadasiklusIImeningkat867%.Keduamelaluiempattahapanpelaksanaanpembelajaranmenulisteksberitamenggunakanmediaklipingberitabervariasiterbuktimeningkatkankemampuansiswadalammenulisterasberita.Kegiatanmembandingkancontohklipingdanmemvariasikanletak5W1Hdalamklipingmembuatsiswamahirdalammengenalibagian-bagianberitadanmenyusunbagian-bagianberitasecaralengkap.Kegiatanmenyusundaftarpertanyaan5W1Hsertamendatahasilwawancaradanmengklasifikasikannyaberdasarkanaspek5W1Hmembuatsiswadapatmenyusunlebihdari10pertanyaan5W1Hdanmendatahasilwawancarasecaraterorganisirberdasarkanaspek5W1Hsehinggamembantusiswauntukmengembangkanterasberitasecaralengkapsesuaidenganindikatormampumenuliskanempatunsuresensialapasiapakapandandimanasertamampumenjelaskanfaktaterpentingberita.Peningkatanskorsiswapadapembelajaranmenulisterasberitamenggunakanmediaklipingberitabervariasipadastudipendahuluansebesar0%meningkatpadasiklusIsebesar70%danpadasiklusIImeningkat100%.Ketigamelaluiempattahapanpelaksanaanpembelajaranmenulisteksberitamenggunakanmediaklipingberitabervariasiterbuktimeningkatkankemampuansiswamenulistubuhberita.Tahapanmemvariasikanletak5W1Hmembuatsiswadapatmenulistubuhberitasecaralengkap.Tahapanmenyusundaftarpertanyaandanwawancarajugamampumeningkatkankreativitassiswadalammengembangkantubuhberitasesuaiindikatormampumemaparkantambahanunsurmengapadanbagaimanasecaralengkapberdasarkanfakta.Kemampuansiswadalammenulislebihdari10daftarpertanyaan5W1Hmembantusiswadalammengembangkanpertanyaandanjawaban-jawabannarasumbersebagaibahandalammenyusuntubuhberita.Peningkatanskorsiswapadapembelajaranmenulistubuhberitamenggunakanmediaklipingberitabervariasipadastudipendahuluansebesar0%meningkatpadasiklusIsebesar966%danpadasiklusIImeningkat100%.BerdasarkanpenelitianinidapatdisarankanuntukgurumatapelajaranBahasaIndonesiabahwamediaklipingberitabervariasikhususnyapadatahapanmembandingkanbeberapacontohklipingmemvariasikanletak5W1Hmenyusundaftarpertanyaan5W1Hdanwawancaradapatdijadikanreferensiuntukmeningkatkankemampuanprosesdanhasilmenulisteksberitasiswapadaaspekjudulterasdantubuhberita.Bagipenelitiselanjutnyahasilpenelitianinidisarankandapatdijadikanlandasanuntukpenelitianserupadenganmenggunakanmediapembelajaranyanglebihberagamsehinggadidapatkanberbagaialternatifmediapembelajaranyangdapatmemperkayakhasanahpendidikan.