Pembelajaran berbicara pada siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang / Elsa Dwi Ratna Sari
Main Author: | Sari, Elsa Dwi Ratna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9333/ |
Daftar Isi:
- SariElsaDwiRatna.2013.PembelajaranBerbicarapadaSiswaKelasVIISMPBrawijayaSmartSchoolMalang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.ImamSuyitnoM.Pd(II)Dra.Hj.IdaLestariM.Si.KataKuncipembelajaranberbicarasiswaSMPSMPBrawijayaSmartSchoolMalang12288122881228812288Berbicaramerupakanaspekkhususyangpalingpraktisuntukdigunakandalamberkomunikasi.Kemampuanberbicararagamformaltidakdapatdiperolehdengansendirinya.Olehkarenaitudiperlukanadanyakegiatanpembelajaran.Dalampembelajaranberbicaraguruakanmelatihdanmengembangkankemampuansiswadalamberbicara.DalamKurikulimTingkatSatuanPendidikan(KTSP)2006pembelajaranberbicaramerupakansalahsatuaspekyangharusdikuasaisiswadalammatapelajaranBahasadanSastraIndonesiadiSMP/MTskelasVIIsemester1.Berkaitandenganhaltersebutmakadiperlukanpembahasanlebihdalammengenaipembelajaranberbicara.12288122881228812288TujuanpenelitianiniagardapatmemperolehgambarandeskriptifmengenaipembelajaranberbicarayangsesuaidengantujuanumummatapelajaranBahasadanSastraIndonesiadalamKTSP.PembelajaranBahasaIndonesiadiarahkanuntukmeningkatkankemampuanpesertadidikdalamberkomunikasimenggunakanbahasaIndonesiadenganbaikdanbenarbaiksecaralisanmaupunsecaratulissertamenumbuhkanapresiasiterhadaphasilkaryakesastraanmanusiaIndonesia.Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptifkualitatif.Databerupainformasimengenaitahapperencanaanpelaksanaandanpenilaianpembelajaranberbicaradiperolehdarianalisisdokumenwawancaradanpengamatanlangsung.Pengumpulandatadilakukandenganteknikstudidokumentasiwawancaradanobservasi.InstrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataberupapedomananalisisRPPlembarobservasidanpedomanobservasisertapedomanwawancara.Untukmenjagakeabsahandatadilakukankegiatantriangulasiahli.Analisis