Pembelajaran berbicara pada siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang / Elsa Dwi Ratna Sari

Main Author: Sari, Elsa Dwi Ratna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9333/
Daftar Isi:
  • SariElsaDwiRatna.2013.PembelajaranBerbicarapadaSiswaKelasVIISMPBrawijayaSmartSchoolMalang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.ImamSuyitnoM.Pd(II)Dra.Hj.IdaLestariM.Si.KataKuncipembelajaranberbicarasiswaSMPSMPBrawijayaSmartSchoolMalang12288122881228812288Berbicaramerupakanaspekkhususyangpalingpraktisuntukdigunakandalamberkomunikasi.Kemampuanberbicararagamformaltidakdapatdiperolehdengansendirinya.Olehkarenaitudiperlukanadanyakegiatanpembelajaran.Dalampembelajaranberbicaraguruakanmelatihdanmengembangkankemampuansiswadalamberbicara.DalamKurikulimTingkatSatuanPendidikan(KTSP)2006pembelajaranberbicaramerupakansalahsatuaspekyangharusdikuasaisiswadalammatapelajaranBahasadanSastraIndonesiadiSMP/MTskelasVIIsemester1.Berkaitandenganhaltersebutmakadiperlukanpembahasanlebihdalammengenaipembelajaranberbicara.12288122881228812288TujuanpenelitianiniagardapatmemperolehgambarandeskriptifmengenaipembelajaranberbicarayangsesuaidengantujuanumummatapelajaranBahasadanSastraIndonesiadalamKTSP.PembelajaranBahasaIndonesiadiarahkanuntukmeningkatkankemampuanpesertadidikdalamberkomunikasimenggunakanbahasaIndonesiadenganbaikdanbenarbaiksecaralisanmaupunsecaratulissertamenumbuhkanapresiasiterhadaphasilkaryakesastraanmanusiaIndonesia.Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptifkualitatif.Databerupainformasimengenaitahapperencanaanpelaksanaandanpenilaianpembelajaranberbicaradiperolehdarianalisisdokumenwawancaradanpengamatanlangsung.Pengumpulandatadilakukandenganteknikstudidokumentasiwawancaradanobservasi.InstrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataberupapedomananalisisRPPlembarobservasidanpedomanobservasisertapedomanwawancara.Untukmenjagakeabsahandatadilakukankegiatantriangulasiahli.Analisis