Pola gaya bahasa dalam teks pidato siswa kelas X SMA Maarif Lawang tahun pelajaran 2012/2013 / Dianti Setia Dharma

Main Author: Dharma, Dianti Setia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9332/
Daftar Isi:
  • DharmaDiantiSetia.2013.PolaGayaBahasadalamTeksPidatoSiswaKelasXSMAMaarifLawangTahunPelajaran2012/2013.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumadiM.Pd.(II)Dr.TitikHarsiatiM.Pd.KataKuncigayabahasatekspidatosiswaSetiaporangmenggunakanbahasadengancaradankekhasannyamasing-masing.Bentukkhaspenggunaanbahasaolehpenggunanyadisebutgayabahasa.Gayabahasamerupakancaramengungkapkanpikiranmelaluibahasayangkhasdanbisamemperlihatkankarakterpenulisnya.Bahasadapatdinyatakandalambentuklisanmaupuntulisandemikianpuladengangayabahasa.Menyatakanbahasadalambentuktulisandisebutkegiatanmenulis.SalahsatukompetensidasarketerampilanmenulisyangharusdikuasaiolehsiswaSMAadalahmenulistekspidato.Pidatomerupakansalahsatubentukretorika.Retorikaadalahsenikemampuanmenyatakanpendapatmengemukakangagasanmenyampaikaninformasikepadaoranglainsecaraefektifdenganmenggunakanbahasasebagaialatnya.Gayabahasadigunakandalamtekspidatosecarasadarsebagaiteknikdanalatuntukmencapaitujuanpidatodanjugasebagaiperwujudandariketerampilanberbahasasecarakhusus.PenelitianinidilaksanakandengantujuanyaknimendeskripsikanpolagayabahasaberdasarkanpilihankatadalamtekspidatosiswamendeskripsikanpolagayabahasaberdasarkannadadalamtekspidatosiswamendeskripsikanpolagayabahasaberdasarkanstrukturkalimatdalamtekspidatosiswadanmendeskripsikanpolagayabahasaberdasarkanlangsungtidaknyamaknadalamtekspidatosiswaSMAMaarifLawangkelasXtahunpelajaran2012/2013.Penelitianinimerupakanjenispenelitiankualitatifdanmenggunakanrancanganpenelitiandeskriptif.Instrumendalampenelitianiniadalahpenelitidanalatbantuberupapanduankodifikasidanpanduananalisis.Datapenelitianiniberwujuddataverbalyangberupagayabahasadalamtekspidatosiswa.SumberdatapenelitianiniadalahtekspidatosiswakelasXSMAMaarifLawangtahunpelajaran2012/2013yangberjumlah30teks.Kegiatananalisisdatadilakukandenganreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Pengecekankeabsahantemuandatadilakukandengantekniktriangulasipakaryaitukonsultasipadadosenpembimbing.BerdasarkananalisisdatapadatekspidatosiswakelasXSMAMaarifLawangdiperolehempathasilpenelitian.PertamapolagayabahasaberdasarkanpilihankatayangdigunakandalamtekspidatosiswakelasXSMAMaarifLawangterdiriataspolagayabahasaresmipolagayabahasatakresmidanpolagayabahasapercakapan.Polagayabahasatakresmipalingbanyakdigunakansiswadaripadapolagayabahasaresmidanpolagayabahasapercakapan.KeduapolagayabahasaberdasarkannadayangdigunakandalamtekspidatosiswakelasXSMAMaarifLawangterdiriataspolagayasederhanapolagayamuliadanbertenagadanpolagayamenengah.Polagayamuliadanbertenagapalingbanyakdigunakansiswadaripadapolagayabahasasederhanadanpolagayabahasamenengah.KetigapolagayabahasaberdasarkanstrukturkalimatyangdigunakandalamtekspidatosiswakelasXSMAMaarifLawangterdiriataspolagayabahasaklimakspolagayabahasaparalelismepolagayabahasarepetisidanpolagayabahasaantitesis.Polagayabahasarepetisilebihbanyakdigunakandibandingkandenganketigapolagayabahasalainnya.KeempatpolagayabahasaberdasarkanlangsungtidaknyamaknayangdigunakandalamtekspidatosiswakelasXSMAMaarifLawangterdiriataspolagayabahasaretorisdanpolagayabahasakiasan.Polagayabahasaretorislebihbanyakdigunakanolehsiswadaripadapolagayabahasakiasan.Polagayabahasaretorisyangdigunakansiswaterdiriatasaliterasiapostrofasindentonpolisindentoneufimismuslitotesprolipsiseroterishiperboldanaksimoron.Polagayabahasakiasanyangdigunakansiswaterdiriatassimilepersonifikasidansinekdoke.BerdasarkanhasilpenelitianiniterdapatsaranyangditujukankepadaguruBahasaIndonesiadanpenelitilanjutan.PertamaguruBahasaIndonesiauntukmemberikancontohpolagayabahasayanglebihvariatifdalampembelajaranmenulis.Selainitugurudiharapkanuntukmemberikaninstruksiyangjelasdalampemberiantugasdanmemberikanpenjelasantujuandaripenugasanmenulispidatosehinggasiswadapatmenggunakanpolagayabahasadanbahanyangsesuaidengantujuanpidato.Keduapenelitilanjutandiharapkanuntukmenelitihallainmengenaipembelajaranmenulispidatoyangtidakmenjadifokusdalampenelitianiniyaitumengenaipolapenugasandalampembelajaranmenulistekspidato.