Pola gaya bahasa dalam teks pidato siswa kelas X SMA Maarif Lawang tahun pelajaran 2012/2013 / Dianti Setia Dharma
Main Author: | Dharma, Dianti Setia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9332/ |
Daftar Isi:
- DharmaDiantiSetia.2013.PolaGayaBahasadalamTeksPidatoSiswaKelasXSMAMaarifLawangTahunPelajaran2012/2013.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumadiM.Pd.(II)Dr.TitikHarsiatiM.Pd.KataKuncigayabahasatekspidatosiswaSetiaporangmenggunakanbahasadengancaradankekhasannyamasing-masing.Bentukkhaspenggunaanbahasaolehpenggunanyadisebutgayabahasa.Gayabahasamerupakancaramengungkapkanpikiranmelaluibahasayangkhasdanbisamemperlihatkankarakterpenulisnya.Bahasadapatdinyatakandalambentuklisanmaupuntulisandemikianpuladengangayabahasa.Menyatakanbahasadalambentuktulisandisebutkegiatanmenulis.SalahsatukompetensidasarketerampilanmenulisyangharusdikuasaiolehsiswaSMAadalahmenulistekspidato.Pidatomerupakansalahsatubentukretorika.Retorikaadalahsenikemampuanmenyatakanpendapatmengemukakangagasanmenyampaikaninformasikepadaoranglainsecaraefektifdenganmenggunakanbahasasebagaialatnya.Gayabahasadigunakandalamtekspidatosecarasadarsebagaiteknikdanalatuntukmencapaitujuanpidatodanjugasebagaiperwujudandariketerampilanberbahasasecarakhusus.PenelitianinidilaksanakandengantujuanyaknimendeskripsikanpolagayabahasaberdasarkanpilihankatadalamtekspidatosiswamendeskripsikanpolagayabahasaberdasarkannadadalamtekspidatosiswamendeskripsikanpolagayabahasaberdasarkanstrukturkalimatdalamtekspidatosiswadanmendeskripsikanpolagayabahasaberdasarkanlangsungtidaknyamaknadalamtekspidatosiswaSMAMaarifLawangkelasXtahunpelajaran2012/2013.Penelitianinimerupakanjenispenelitiankualitatifdanmenggunakanrancanganpenelitiandeskriptif.Instrumendalampenelitianiniadalahpenelitidanalatbantuberupapanduankodifikasidanpanduananalisis.Datapenelitianiniberwujuddataverbalyangberupagayabahasadalamtekspidatosiswa.SumberdatapenelitianiniadalahtekspidatosiswakelasXSMAMaarifLawangtahunpelajaran2012/2013yangberjumlah30teks.Kegiatananalisisdatadilakukandenganreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Pengecekankeabsahantemuandatadilakukandengantekniktriangulasipakaryaitukonsultasipadadosenpembimbing.BerdasarkananalisisdatapadatekspidatosiswakelasXSMAMaarifLawangdiperolehempathasilpenelitian.PertamapolagayabahasaberdasarkanpilihankatayangdigunakandalamtekspidatosiswakelasXSMAMaarifLawangterdiriataspolagayabahasaresmipolagayabahasatakresmidanpolagayabahasapercakapan.Polagayabahasatakresmipalingbanyakdigunakansiswadaripadapolagayabahasaresmidanpolagayabahasapercakapan.KeduapolagayabahasaberdasarkannadayangdigunakandalamtekspidatosiswakelasXSMAMaarifLawangterdiriataspolagayasederhanapolagayamuliadanbertenagadanpolagayamenengah.Polagayamuliadanbertenagapalingbanyakdigunakansiswadaripadapolagayabahasasederhanadanpolagayabahasamenengah.KetigapolagayabahasaberdasarkanstrukturkalimatyangdigunakandalamtekspidatosiswakelasXSMAMaarifLawangterdiriataspolagayabahasaklimakspolagayabahasaparalelismepolagayabahasarepetisidanpolagayabahasaantitesis.Polagayabahasarepetisilebihbanyakdigunakandibandingkandenganketigapolagayabahasalainnya.KeempatpolagayabahasaberdasarkanlangsungtidaknyamaknayangdigunakandalamtekspidatosiswakelasXSMAMaarifLawangterdiriataspolagayabahasaretorisdanpolagayabahasakiasan.Polagayabahasaretorislebihbanyakdigunakanolehsiswadaripadapolagayabahasakiasan.Polagayabahasaretorisyangdigunakansiswaterdiriatasaliterasiapostrofasindentonpolisindentoneufimismuslitotesprolipsiseroterishiperboldanaksimoron.Polagayabahasakiasanyangdigunakansiswaterdiriatassimilepersonifikasidansinekdoke.BerdasarkanhasilpenelitianiniterdapatsaranyangditujukankepadaguruBahasaIndonesiadanpenelitilanjutan.PertamaguruBahasaIndonesiauntukmemberikancontohpolagayabahasayanglebihvariatifdalampembelajaranmenulis.Selainitugurudiharapkanuntukmemberikaninstruksiyangjelasdalampemberiantugasdanmemberikanpenjelasantujuandaripenugasanmenulispidatosehinggasiswadapatmenggunakanpolagayabahasadanbahanyangsesuaidengantujuanpidato.Keduapenelitilanjutandiharapkanuntukmenelitihallainmengenaipembelajaranmenulispidatoyangtidakmenjadifokusdalampenelitianiniyaitumengenaipolapenugasandalampembelajaranmenulistekspidato.