Film pendek sebagai media untuk meningkatkan pemnbelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain di kelas X-4 SMA Negeri 02 Batu / Rizki Mertyn Palupi

Main Author: Palupi, Rizki Mertyn
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9329/
Daftar Isi:
  • PalupiRizkiMertyn.2013.FilmPendekSebagaiMediauntukMeningkatkanPembelajaranMenulisCerpenBerdasarkanPengalamanOrangLaindiKelasX-4SMANegeri02Batu.SkripsiJurusanSastraIndonesiaProdiPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerahFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.YuniPratiwiM.Pd.(II)IndraSuherjantoM.Sn.KataKuncikemampuanmenuliscerpenmediafilmpendek12288122881228812288PembelajaranmenuliscerpenkelasX-4diSMAN02Batudiawalidenganmelakukanstudipendahuluanyangmenunjukkanbahwa(1)pembelajaranmenuliscerpenkurangmenumbuhkanminatsiswadalammenuliscerpen(2)siswamemilikikesulitandalammenentukandanmengembangkangagasanuntukmenuliscerpen(3)masihada77%yangmengalamikesulitandalammenuliscerpensehinggasiswatersebutmemperolehnilaidibawahKKM(75).Masalahyangmunculpadaaspekhasilmenuliscerpensiswaadalahpokokpersoalanyangdiangkatdalamcerpenmerekamasihsangatumumsehinggapengembangantokohlatardanperistiwajugabersifatumum.Olehkarenaitupermasalahantersebutdiatasidenganpenggunaanmediafilmpendekuntuklebihmengkhususkanpokokpersoalandalamcerpensiswa.AdapunrumusanmasalahpenelitianiniadalahbagaimanakahpeningkatanhasildanpeningkatanprosesmenuliscerpendenganmediafilmpendekpadasiswakelasX-4SMANegeri02Batu.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas(PTK)yangmeliputiempathalpokokyaitu(1)studipendahuluan(2)perencanaantindakan(3)pelaksanaantindakandan(4)refleksihasiltindakan.Datadalampenelitianiniberupadataprosesdanhasil.Dataprosesberupatranskriphasilinteraksiprosespembelajaranmenuliscerpenyangdilakukansiswadangurudikelassedangkandatahasilberupahasilcerpensiswa.Pengumpulandataprosesdilakukandenganobservasimenggunakanpedomanobservasidancatatanlapangansedangkandatahasildilakukandenganstudidokumendenganmenggunakanrubrikpenilaianhasilmenuliscerpen.12288122881228812288PadasiklusIprosespeningkatanmenuliscerpenpadatahappramenulisdilakukandengankegiatansiswamenyimakcontohtayanganfilmpendekyangdisajikangurukemudianmengamatipenjelasanguru.Selanjutnyasiswamenyimakfilmpendekdanmenyusunkerangkacerpenberdasarkanfilmpendektersebut.Padatahapinibeberapasiswamasihterlihatsalingberbicaradengantemannya.Merekakurangberkonsentrasidankurangaktifbertanya.Siswamulaiberkonsentrasiketikafilmpendekditayangkan.Prosespeningkatanpadatahapmenulisdilakukandengankegiatansiswamengembangkankerangkacerpenmenjadicerpen.Padatahapinisebagianbesarsiswanampakantusiasmengembangkankerangkacerpenmenjadicerpenutuh.Prosespeningkatanpadatahappascamenulisdilakukandengankegiatansiswamenyuntingcerpenmilikteman.Padatahapinisuasanakelasagakgaduhnamunsiswanampakantusiasmenyuntingcerpenmiliktemannya.PadaprosespembelajaransiklusIterdapat11siswa(42%)yangmendapatnilaidibawahKKM.Berdasarkanpaparandiataskegiatansiswaselamaprosespembelajaransudahbervariatifdibandingkanpratindakan.12288122881228812288PadasiklusIIprosespeningkatanmenuliscerpenpadatahappramenulisdilakukandengankegiatansiswamengamatipenjelasanguru.Selanjutnyasiswamenyimakfilmpendekdanmenyusunkerangkacerpenberdasarkanfilmpendektersebut.Padatahapinisiswanampakaktifbertanya.Siswajugamampuberkonsentrasidenganbaik.Prosespeningkatanpadatahapmenulisdilakukandengankegiatansiswamengembangkankerangkacerpenmenjadicerpen.Padatahapinisiswanampakantusiasmengembangkankerangkacerpenmenjadicerpenutuh.Prosespeningkatanpadatahappascamenulisdilakukandengankegiatansiswamenyuntingcerpenmilikteman.Padatahapinisiswanampakantusiasmenyuntingcerpenmiliktemannya.PadaprosespembelajaransiklusIIkegiatansiswaselamaprosespembelajaransudahlebihbervariatifdibandingkansiklusI.12288122881228812288Hasilpeningkatantahappramenuliscerpenditandaidenganhasilkerangkacerpensiswa.HasilkerangkacerpensiswakategorituntasdarisikusImenujusiklusIImeningkatdari462%tuntasmenjadi100%tuntas.Kualitaskerangkacerpenuntukkategorituntasdengankualifikasisangatbaikyaitulengkapdanrincibaikjudultokohlatarmaupunperistiwa.Kualitaskerangkacerpensiswakategorituntasdengankualifikasibaikyaitusudahmenyebutkansemuaaspektetapiadasalahsatuaspekyangkurangrinci.Hasilpeningkatantahapmenuliscerpenditandaidenganhasilcerpensiswa.HasilcerpensiswakategorituntasdarisiklusImenujusiklusIImeningkatdari462%tuntasmenjadi100%tuntas.PadasiklusInilairata-ratahasilmenuliscerpensiswayaitu73dengankualifikasicukupbaiksedangkanpadasiklusIInilairata-ratamenuliscerpensiswayaitu833dengankualifikasibaik.Hasilpeningkatantahappascamenuliscerpenditandaidenganmeningkatnyakualitassiswayangmelakukanpenyuntingan.KategorituntassiklusImenujusiklusIIyaitu80%tuntasmenjadi100%tuntas.Jadimediafilmpendekdapatmeningkatkanketrampilanmenuliscerpensiswapadatahappramenulismenulisdanpascamenulis.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadaguruuntukmenggunakanmediafilmpendekdalampembelajaranmenuliscerpen.Kepadapenelitiselanjutnyadisarankanuntukmenggunakanmediapembelajaranyanglainnyauntukmeningkatkanketerampilanmenuliscerpen.Selainitupenelitianinijugadapatdikajilebihmendalamlagidenganmenggunakankriteriaevaluasidanpendekatanyangberbedamengenaiupayameningkatkanketerampilanmenuliscerpen.