Peningkatan kemampuan membaca puisi dengan teknik pemodelan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kalangan Ngunut / Mochamad Arifin Alatas

Main Author: Alatas, Mochamad Arifin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9326/
Daftar Isi:
  • AlatasMochamadArifin.2013.PeningkatanKemampuanMembacaPuisidenganTeknikPemodelanpadaSiswaKelasVSDNegeriIKalanganNgunut.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.YuniPratiwiM.Pd(II)IndraSuherjantoS.Pd.M.Sn.12288122881228812288Katakuncikemampuanmembacapuisipemodelan12288122881228812288122881228812288Keterampilanmembacamerupakansalahsatuketerampilanberbahasayangkompleksdanmenuntutsejumlahpengetahuanseseorang.KeterampilanmembacatelahdiajarkanmulaijenjangSD/MIhinggajenjangSMA/MA.SiswaSD/MIhinggaSMA/MAdiharapkanmemilikiketerampilanmembacadalamberbagaibentuktermasukdalambentukmembacapuisi.SalahsatuketerampilanmembacayangdiajarkanpadasiswakelasVadalahmembacapuisidengankompetensidasaryaknimembacapuisidenganlafaldanintonasiyangtepat.Pembelajarantersebutbertujuanagarsiswasecaraleluasaberlatihmembacapuisidenganlafaldanintonasihinggasiswamampumembacapuisidenganlafaldanintonasiyangtepat.Namunkenyataannyaguruengganmenjadimodeldantidakmenggunakanmediadanmetodeyangtepat.Akibatnyakemampuanmembacapuisidenganlafaldanintonasisiswamasihrendah.122881228812288Jenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK).Tujuandiadakanpenelitianiniadalahmeningkatkankemampuanmembacapuisisiswadenganmenggunakanteknikpemodelan.Adapuntahap-tahapdalamteknikpemodelanyaitu(1)perhatian(2)retensi(3)reproduksidan(4)motivasi.Masing-masingtahaptersebutdiharapkandapatdianalisisdandiketahuipeningkatankemampuansiswa.122881228812288PenelitianinidilaksanakanpadabulanJanuari8213Mei2013padakelasVSDNegeriIKalanganNgunut.Fokuspenelitianditujukanpadapeningkatankemampuanmembacapuisisiswapadaaspekvolumedanlafalintonasimimikdangestur.PenelitianinidilaksanakandalamduasiklusyaitusiklusIdansiklusIIsebagaiefesiensiwaktu.Pemberiantindakanpadatiapsiklusdidasarkanpadahasilrefleksipadatesidentifikasidansiklussebelumnya.122881228812288Berdasarkanhasilpenilaianmembacapuisisiswadenganmengacupadapedomanpenskorandanstandarkeberhasilanyangtelahditentukandiketahuibahwapadatahappratesyaknisebelummenggunakanteknikpemodelanrata-ratakemampuanmembacapuisisiswahanyamencapai5614%sehinggabelummampumencapaiKKMsebesar75%.SetelahdiberikantindakandenganmenggunakanteknikpemodelanpadasiklusIrata-ratakemampuanmembacapuisisiswamengalamipeningkatansebesar1286%sehinggamencapai69%.PadasiklusIIrata-ratakemampuanmembacapuisisiswamengalamipeningkatansebesar17%darisiklusIsehinggamencapai86%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwasetelahmenggunakanteknikpemodelankemampuansiswakelasVSDNegeriIKalanganNgunutdalammembacapuisimengalamipeningkatansebesar2986%danmampumencapaistandarkeberhasilanyangdisyaratkan.122881228812288HasilpenelitianjugamenunjukkanadanyapeningkatankemampuanmembacapuisisiswakelasVSDNegeriIKalanganNgunutpadasetiapaspeknya.Kemampuanmembacapuisisiswamengalamipeningkatanpada(1)aspekvolumedanlafaldenganpeningkatansebesar43%(2)aspekintonasidenganpeningkatansebesar30%(3)aspekmimikdenganpeningkatansebesar21%dan(4)aspekgesturdenganpeningkatansebesar20%.122881228812288BerdasarkanpenelitianpeningkatankemampuanmembacapuisisiswakelasVSDNegeriIKalanganNgunutdenganmenggunakanteknikpemodelangurumatapelajaranBahasaIndonesiadisarankan(1)menggunakanteknikpemodelandalampembelajaranmembacapuisi(2)menggunakanlangkah-langkahpembelajaransebagaimanalangkah-langkahpembelajaranmembacapuisidenganmenggunakanteknikpemodelandan(3)membimbingsiswauntukmelakukantahapan-tahapandalampembelajaranmembacapuisiyaknitahapperhatianretensireproduksidanmotivasi.Adapununtukpenelitiselanjutnyadisarankanmelaksanakanpenelitiandenganmenggunakanteknikpemodelanuntukmeningkatkankemampuansiswapadaketerampilanmembacayanglain.