Karakteristik kompetensi dasar membaca dalam standar isi bahasa Indonesia SD, SMP, dan SMA / Ummi Habibah

Main Author: Habibah, Ummi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9321/
Daftar Isi:
  • HabibahUmmi.2013.KarakteristikKompetensiDasarMembacadalamStandarIsiBahasaIndonesiaSDSMPdanSMA.Skripsi.JurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.ImamAgusBasukiM.Pd.(II)Dr.TitikHarsiatiM.Pd.KataKuncikompetensidasarmembacaStandarIsiBahasaIndonesiaSDSMPdanSMAKompetensidasarmerupakanpenjabaranlebihrincidaristandarkompetensiyangmerupakankemampuanminimalyangharusdimilikipesertadidik.KompetensidasardalammatapelajaranBahasaIndonesiaterdiriatasempataspekyaitumendengarkanberbicaramembacadanmenulis.KompetensidasarmembacadipilihkarenameskididalampembelajaranBahasaIndonesiaterdapatempataspekyangdipelajaridalamstandarisiSDdicantumkanbahwapadaakhirpendidikandiSD/MIpesertadidiktelahmembacasekurang-kurangnyasembilanbukusastradannonsastrasedangkanpadaakhirpendidikandiSMP/MTspesertadidiktelahmembacasekurang-kurangnya15bukusastradannonsastrabegitupulapadaakhirpendidikandiSMA/MA.JikaditotalsecarakeseluruhansejakSDhinggaSMAsiswasekurang-kurangnyaharusmembaca39bukusastradannonsastra.Membacalebihdiutamakandibandingkanaspekyanglainsepertimenulis.HalinimenjadimenarikkarenadidalamstandarisitidakdicantumkanberapajumlahtulisanyangharusdihasilkansiswaselamamenempuhpendidikansejakdudukdiSDhinggaSMA.Penelitianinidilaksanakandengantujuan(1)mendeskripsikankarakteristikrumusankompetensiKDmembacajenjangSDSMPdanSMA(2)mendeskripsikankarakteristikgenrewacanaKDmembacajenjangSDSMPdanSMA(3)mendeskripsikankarakteristikjenismembacaKDmembacajenjangSDSMPdanSMA(4)mendeskripsikankarakteristiktingkatanberpikirKDmembacajenjangSDSMPdanSMAdan(5)mendeskripsikanpengurutanKDmembacadalamstandarisiSDSMPdanSMA.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.Datadalampenelitianiniadalahkutipankompetensidasar(KD)membacayangadadidalamstandarisiyangdikeluarkanBadanstandarNasionalPendidikanberdasarkanPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22tahun2006.Untukmenjagakeabsahandatatersebutdilakukankegiatantriangulasidatadengandosenpembimbingdanrekansejawat.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahapidentifikasidanklasifikasidatatahappenyimpulandatadantahapevaluasidata.Berdasarkananalisisdatadiperolehlimasimpulanpenelitiansebagaiberikut.PertamaditinjaudarirumusankompetensiKDmembacajenjangSDSMPdanSMAdapatdibedakanmenjadiduapolayaitupolatanpakriteriadanpoladengankriteria.Seluruhkriteriamerupakankriteriayangberkaitandenganketerampilan.KeduaditinjaudarigenrewacananyaKDmembacadapatdikelompokkanmenjadiduaaspekyaituaspeknonsastradanaspeksastra.Aspeknonsastrameliputiteksbebasteksakademikteksprofesidantekspersonal.Sementaraituaspeksastrameliputiprosapuisidandrama.KetigaditinjaudarijenismembacaKDmembacadikelompokkanmenjadiduayaitumembacasastradannonsastra.Keduanyadibedakanlagimenjadimembacanyaringdanmembacapemahaman.KeempatKDmembacasastrabaikmembacapemahamansastramauunmembacanyaringsastradapatdiklasifikasikanmenjadilimatingkatanberpikiryaitu(a)pengetahuan(b)responsireseptif(c)responsiekspresif(d)ekspresidan(e)partisipasi.AkantetapipadaKDmembacasastrajenjangSDsampaiSMAtidakditemukantingkatanberpikirpartisipasi.Darisemuajenjangtingkatanberpikiryangpalingbanyakadalahresponsireseptif.Halinibukanmasalahkarenamembacaadalahkegiatanreseptif.Sementaraitumembacapemahamannonsastradapatdiklasifikasikanmenjadilimatingkatanberpikiryaitutingkatberpikir(a)literal(b)inferensial(c)analitis(d)kritisdan(e)kreatif.Untukmembacanyaringnonsastratidakdapatdiklasifikasikanberdasarkantingkatanberpikirkarenatidakditemukanreferensiyangdapatmendukungpengklasifikasiannya.KelimaterdapatduapendekatandalampengurutanKDaspekmembacayaitupendekatanhierarkisdanspiral.PengurutandenganpendekatanhierarkisditemukanpadajenjangSDpadamaterisukukatakatadankalimat.SementaraitupengurutanpadapendekatanspiralditemukanpadajenjangSDsampaiSMAyaitupadamateripuisi.Sarandaripenelitiadalah(1)Penulisangenrewacanaseharusnyajelassehinggagurubisalangsungmenentukangenrewacanaapayangakandiajarkanjanganmenulisdenganambigusepertikaryasastrateksnonsastradanteksagakpanjang(2)padajenjangSMPdanSMAyangpembagiangenrewacanadibedakansesuaiSKmakaletakgenrewacanaharusditataulangkarenagenrewacanabiografiyangmerupakangenrenonsastradimasukkanpadaSKsastra(3)genrewacanateksperangkatupacaraseharusnyadiajarkanpadajenjangSDbukanSMPkarenamembacanyaringteksperangkatupacarasepatutnyadiajarkandijenjangSDagarsiswatahubagaimanacaramembacakannyasejakdini(4)tingkatberpikirpadajenjangSMPmaupunSMAseharusnyaditingkatkanlagiagartidakdidominasitingkatberpikirrendah(5)pengurutanKDperludiubahsehinggatidakterjadipenurunankesulitandarikelasVIIIkekelasIXyaitupadaKDmembacacepat.