Pembelajaran membacakan berita siswa kelas XI SMA Negeri 8 Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Iin Yuliati
Main Author: | Yuliati, Iin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9316/ |
Daftar Isi:
- YuliatiIin.2013.PembelajaranMembacakanBeritaSiswaKelasXISMANegeri8MalangTahunPelajaran2012/2013.SkripsiJurusanSastraIndonesiaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.MuakibatulHasanahM.Pd.(II)Dr.RoekhanM.Pd.KataKuncipembelajaranmembacakanberitaKeterampilanmembacamerupakansalahsatudarikeempatketerampilanberbahasayaitumenulismendengarkandanberbicarayangdiajarkandankarenanyajugaberkonsekuensiditeskankepadapembelajarbahasa.Keterampilanmembacakanberitayangdibelajarkanmenuntutkemampuansiswadalammembacakanberitadenganintonasilafaldansikapmembacayangbaiksesuaidenganisiberitayangdisampaikankepadapendengarataupenonton.Keterampilanmembacapadaumumnyadiperolehdengancaramempelajarinyadisekolah.Keterampilanberbahasainimerupakansuatuketerampilanyangsangatuniksertaberperanpentingbagipengembanganpengetahuandansebagaialatkomunikasibagikehidupanmanusia.Terkaitdenganhalitupenelitianinidilaksanaandengantujuanmendeskripsikan(1)perencanaan(2)pelaksanaandan(3)penilaianpembelajaranmembacakanberitasiswakelasXISMANegeri8Malangtahunpelajaran2012/2013.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganpenelitiandeskriptif.Jenispenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptif.PenggunaanpendekatankualitatifdalampenelitianinibertujuanmendeskripsikansecaraobjektifpembelajaranmembacakanberitadikelasXIIPA5SMAN8Malangsejaktahapperencanaanpelaksanaanhinggapenilaianpembelajaranmembacakanberita.SumberdatapenelitianiniberupaRPPyangdibuatolehguruBahasaIndonesiapelaksanaanpembelajaranberupaproseskegiatanbelajarmengajardikelassertakegiatanpenilaianyangdilakukanolehgurudansiswa.Datadalampenelitianiniberupakomponenrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)pelaksanaankegiatanpembelajaranatauinteraksigurudansiswasertapenilaianpembelajaranmembacakanberita.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanadalahpedomanwawancarapedomanobservasidantelaahdokumen.Teknikpengumpulandatapenelitianiniyaitutelaahdokumenobservasiwawancaradanpendokumentasian.Pengumpulandataperencanaanpembelajaranmenggunakantekniktelaahdokumendanwawancara.Pengumpulandatapelaksananpembelajaranmenggunakanteknikobservasidanpendokumentasianpenilaianpembelajaranmenggunakanteknikobservasiwawancaradanpendokumentasian.Kegiatananalisisdatadilakukandengancaramengidentifikasimemilihdatayangrelevanmendeskripsikandatadanmenyimpulkanhasil.Untukmengecekkeabsahandatadilakukantriangulasiteknikyaitudenganmembandingkandatayangdiperolehdaritelaahdokumenobservasidanwawancara.DarihasilpenelitiandiperolehtigatemuanyaituperencanaanpelaksanaandanpenilaianpembelajaranmembacakanberitasiswakelasXISMANegeri8Malangtahunpelajaran2012/2013.Perencanaanpembelajaran(RPP)membacakanberitadisusunolehgurudenganmengacupadaKTSPdanperkembanganpesertadidik.RPPyangdisusungurumemuat(1)identitasRPP(2)standarkompetensidankompetensidasar(3)indikatordantujuanpembelajaran(4)materipembelajaran(5)metodepembelajaran(6)langkah-langkahpembelajaran(7)sumberdanmediapembelajarandan(8)penilaian.Indikatordantujuanpembelajaransecaraumumjugamengacudenganstandarkompetensidankompetensidasaryangakandicapai.Materidituliskanpokok-pokoknyasaja.DalamRPPguruSMAN8Malangmetodeyangdigunakanbervariasidanmenarikminatsiswa.Gurumerumuskanskenariopembelajaransecarajelasdanruntut.AdapunprosedurteknikbentukinstrumendancontohsoaldalamRPPguruSMAN8Malangtidakdicantumkan.PelaksanaanpembelajaranmembacakanberitadiSMAN8Malangdilaksanakan2kalipertemuandenganalokasiwaktu2x45menit.Pertemuanpertamadiarahkankepadasiswamengenaiteknikmembacakanberitagurumenayangkanvideocontohpembacaanberitasebagaipemodelanagarsiswamengetahuicarapembacaanberitayangbaikdanbenarkemudiansiswaberlatihmembacakanberitabersamaanggotakelompoknyadanbeberapadarisiswatampilkedepanuntuklatihansebagaimodelpembacaberitalalusiswayanglainmemberikankomentarnyaterhadapberitayangdibacatemannya.Padaakhirpembelajarangurutidakmelakuknrefleksitetapilangsungpemberiantugasmencariteksberita.Pelaksanaanpembelajaranpertemuankeduaberisilangkah-langkahsistematis.Padapertemuankeduainipembelajaranfokuspadapembacaanberitasecarabergiliransiswamembacakanberitadansiswayanglainnyamenilaidenganrubrikpenilaian.Setelahsemuasiswatampilgurumemintasiswauntukberkelompoksesuaidengankelompokpertemuansebelumnyauntukmemberikantanggapanterhadappembacaanberitadarisalahsatuanggotakelompokyanglain.Penilaianpembelajaranmembacakanberitayangdilakukanolehguruterdiridaripenilaianprosesdanpenilaianhasil.PenilaianprosesyangdilakukanguruBahasaIndonesiaSMAN8Malangyaitugurumelakukanpenilaianprosesselamapembelajaranberlangsung.Penilaianprosestersebutmeliputiaspekkeaktifankeseriusandanketepatan.Penilaianhasildilakukangurupadapertemuankeduayangdiperolehperformansisiswaketikamembacakanberita.Aspekyangdinilaidalamperformansiadalahpenjedaanintonasiekspresidansikapmembacaberitayangbaik.BerdasarkanhasilpenelitiandikemukakansarankepadaguruBahasaIndonesiaagarmemaparkanmateriajardenganrincidanlengkapmenyusunlangkah-langkahpembelajaransecararincimaupunmengembangkanpenilaianpembelajarangunamenunjangpembelajaranmembacakanberita.Melaluideskripsikegiatan-kegiatanatauperistiwapentingyangterjadiselamapembelajaranberlangsunggurumengetahuikualitaspemahamandanpenguasaanpesertadidikterhadapmateripembelajaransehinggagurudapatmeningkatkankualitaspembelajaran.Kepadapenelitilanjutandisarankandapatdijadikansebagaipijakanuntukmelakukanpenelitianlanjutanmaupunpenelitianserupadenganpenelitianiniyangmemfokuskanpadaketerampilanselainmembaca.