Pembelajaran menemukan perbedaan paragrah induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif siswa kelas XI SMAN 7 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Zainul Eko Arifianto

Main Author: Arifianto, Zainul Eko
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9313/
Daftar Isi:
  • ArifiantoZainulEko.2013.PembelajaranMenemukanPerbedaanParagrafInduktifdanDeduktifMelaluiKegiatanMembacaIntensifSiswaKelasXISMAN7MalangTahunAjaran2012/2013.Skripsi.ProgramStudiPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerahFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.KusubaktiAndajaniM.Pd.Pembimbing(II)Drs.DwiSaksomoM.Si.KatakunciPembelajaranParagrafInduktifdanDeduktifMembacaIntensifSalahsatukompetensidasaryangdiajarkandalamsekolahjenjangSMAadalahmenemukanperbedaanparagrafinduktifdandeduktif.Paragrafadalahsebuahwacanaminiatausatuanbentukbahasayangbiasanyamerupakanhasilpenggabunganbeberapakalimat.Artinyasetiapunsurdalamkalimatpanjangadapadakalimat.Paragrafinduktifdandeduktifmerupakansalahsatujeniskalimatyangdibedakanberdasarkanletakkalimatutamanya.Salahsatucaramembacayangdigunakanuntukmenentukanperbedaanparagrafinduktifdandeduktifialahdenganmembacaintensif.Membacaintensifadalahmembacateks-tekspendekuntukmencariinformasidanmengembangkanakurasididalammemahamitekssecaraterinci.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpembelajaranmenemukanperbedaanparagrafinduktifdandeduktifsiswakelasXISMAN7Malangdarisegiperencanaanpembelajaranpelaksanaanpembelajarandanpenilaianpembelajaran.Manfaatpenelitianiniadalahdiperolehnyadeskripsimengenaipembelajaranmenemukanperbedaanparagrafinduktifdandeduktifdarisegiperencanaanpembelajaranpelaksanaanpembelajarandanpenilaianpembelajaran.Datapenelitianiniadalahcatatanlapanganyangdiperolehmelaluiwawancaraobservasidandokumentasi.DatatersebutdiperolehdarisiswakelasXISMAN7MalangdangurumatapelajaranBahasaIndonesiadenganmengamatipembelajaranyangdilakukan.Peristiwayangdiamatimeliputipersiapanpembelajaranpelaksanaanpembelajarandanpenilaianpembelajaran.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniadalahobservasiwawancaradandokumentasi.Observasidilakukanmenggunakaninstrumenpenelitianberupapedomanobservasi.Observasidilakukanuntukmengamatipembelajaranyangmeliputikegiatanpendahuluankegiatanintikegiatanpenutupdanpenilaiandalampembelajaran.Selainmenggunakanobservasipenelitijugamenggunakanteknikpengumpulandatawawancara.Instrumenyangdigunakanberupapedomanwawancarayangberisibutir-butirpertanyaanyangditujukankepadagurutentangpembelajaranyangtelahdilaksanakan.Hasilpenelitianterbagimenjaditigayaituperencanaanpembelajaranpelaksanaanpembelajarandanpenilaianpembelajaran.Rincianhasilpenelitianperencanaanpembelajaranadalah(1)identitasRPPmeliputisatuanpendidikankelasdansemestermatapelajarandanalokasiwaktuditulisdenganbaik(2)StandarKompetensidanKompetensiDasarmengutipdarilampiranStandarIsidengantepat(3)kalimatindikatormenggunakankatakerjaoperasionalyangdapatdiukurkecualipadaindikatorketiga(4)rumusantujuanpembelajarankurangsesuaidenganindikatorpembelajaran(5)materipembelajarantidakdijabarkansecaraterperinci(6)skenariopendahuluanmemuatlangkahmemfokuskanperhatiansiswadenganmengajukanpertanyaanpancingan(7)skenariopembelajarankegiatanintimemuatlangkah-langkahpembelajaranyangmenunjukkanperubahanperilakusiswauntukmencapaikompetensidasar(8)skenariokegiatanpenutupmemuatlangkahperumusankesimpulanbelajardanrefleksi(9)rencanapelaksanaanpembelajarantidakdisertaidenganformatpenilaianyangjelas.Hasilpenelitianpelaksanaanpembelajaranmenunjukkanbahwapelaksanaanpembelajaranmenentukanperbedaanparagrafinduktifdandeduktiftidaksesuaidenganrencanapelaksanaanpembelajaranyangdisusun.Padakegiatanpendahuluanterdapatkegiatanapersepsipadakegiatanintimeliputiproseseksplorasielaborasidankonfirmasidankegiatanpenutupterdapatkegiatanmenyimpulkanpembelajarandanrefleksi.Hasilpenelitianpenilaianpembelajaranmenunjukkanbahwapenilaianyangdigunakanolehguruialahpenilaianprosesdanpenilaianhasil.Penilaianprosesmeliputisiswayangaktifdalampembelajaranaktifbertanyamemberikanjawabanbenarsesuaipertanyaanpartisipasisiswamotivasikeseriusansertahasilkerjasiswaselamapembelajaran.Dalampenilaianhasilaspekyangdinilaidalampembelajaranialahsiswamampumembedakanantaraparagrafinduktifdanparagrafdeduktif.Dalammelakukanpenilaianprosesdanpenilaianhasiltersebuttidakdisertaidenganpedomanpenilaianyangjelas.BerdasarkanhasilpenelitianbagigurupenggunaanmediapembelajarandapatdigunakansebagaisalahsatumediapembelajaranuntukgurumatapelajaranBahasaIndonesiayangmenyenangkan.Penggunaanmediapembelajaranjugadapatdigunakanuntukpembelajarankompetensidasaryanglainnya.Bagipenelitilainmediapembelajarandapatdikembangkanuntukkompetensidasaryanglainnya.Selainitukompetensidasarmenemukanperbedaanparagrafinduktifdandeduktifdapatmenggunakanmediapembelajaranyanglainnyayangsesuai.