Pengembangan strategi fantasi K-pop dalam pembelajaran menulis puisi untuk siswa SMP kelas VII / Yunita Puspasari
Main Author: | Puspasari, Yunita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9309/ |
Daftar Isi:
- PuspasariYunita.PengembanganStrategiFantasiK-POPdalamPembelajaranMenulisPuisiuntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.YuniPratiwiM.Pd(II)IndraSuherjantoS.Pd.M.Sn.KataKuncipengembanganstrategiFantasiK-POPmenulispuisi.12288122881228812288Pembelajaranmenulispuisidisekolahmenengahpertamasangatpentingdilakukan.Alasannyakarenasekolahmenengahpertamamerupakantahapberkesinambunganuntukmengembangkanketerampilanmenulispuisiyangtelahdipelajaridisekolahdasar.Padakenyataanyangterjadidilapanganpembelajaranmenulispuisidisekolahmenengahpertamamenemuibanyakkesulitan.Berdasarkanhasilwawancaradengangurusaatstudipendahuluandiperolehinformasibahwagurumengalamikesulitandalammengajarkanpenggunaanmetafordanmengkonkretkankata.Selainituminatsiswadalampembelajaranmenulispuisijugasangatminimsehinggasiswajugamengalamikesulitandalammenciptakanpuisiyangberkualitas.BerdasarkanpermasalahantersebutpenelitiandilakukandenganmengembangkanbukupanduanStrategiFantasiK-POPdalampembelajaranmenulispuisi.Produkyangdihasilkandiharapkandapatmembantuguruuntukmencapaihasilyangoptimaldalampembelajaranmenulispuisi.12288122881228812288Tujuandilakukannyapenelitianiniyaitu(1)menghasilkandeskripsikonsepstrategiFantasiK-POPdalampembelajaranmenulispuisiuntuksiswaSMPkelasVII(2)menghasilkandeskripsilangkah-langkahstrategiFantasiK-POPdalampembelajaranmenulispuisiuntuksiswaSMPkelasVIIdan(3)menghasilkandeskripsicontoh-contohimplementasistrategiFantasiK-POPdalampembelajaranmenulispuisiuntuksiswaSMPkelasVII.UpayadalammencapaitujuantersebutmakadigunakanrancanganpengembanganyangdiadaptasidarimodelpengembanganBorgdanGall.Adaptasimodelpengembangantersebutmeliputi(1)studipendahuluan(2)perencanaan(3)pengembangandrafproduk(4)ujikelayakan(5)revisi(6)ujilapangan(7)penyempurnaanprodukakhirdan(8)diseminasidanimplementasi.Ujikelayakandilakukankepadaahlistrategipembelajaranahlipembelajaranpuisidanpraktisi.Berdasarkanujikelayakanyangtelahdilakukandiperolehhasilrata-ratanilaikeseluruhanbukupanduanstrategiFantasiK-POPmencapai67.6%padaahlistrategipembelajaran98%padaahlipembelajaranpuisidan97.5%padaahlipraktisi.Nilaikeseluruhanprodukdarihasilsemuaujikelayakanmencapai87.7%yangberartiproduklayakdandapatdiimplementasikan.12288122881228812288Revisiyangdilakukandidasarkanpadakomentardansaranyangdiberikansaatujikelayakan.Deskripsikonsepstrategirevisidilakukanpadaaspekkonsepdasaryangmeliputi(1)menghapusbabpertamayaitubabpendahuluan(2)subbabpengertianstrategipadababketigadipindahkedalambabpertamadenganbabkonsepdasarstrategiFantasiK-POPdanmenulispuisidan(3)babpertamaditambahkandengansubbablandasanoperasionaldanproseskreatifmenulispuisidenganstrategiFantasiK-POP.Aspekpenyajianmaterirevisiyangdilakukanmeliputi(1)babkeduamenulispuisiyangmencakupseluruhteoripuisidihapusdandigantidenganbabpenerapanstrategiFantasiK-POPdalampembelajaranmenulispuisidan(2)materimenulispuisidipaparkandalamlampiranmateridenganpoin-poinunsurpembangunpuisi(temadiksirimadancitraan)langkah-langkahmenulispuisidancontohmenulispuisi.Padadeskripsilangkah-langkahstrategiFantasiK-POPrevisiyangdilakukanmeliputi(1)langkah-langkahdidalamtahapFantasiKatadisajikandalamuraianpoin-poinyanglebihpraktis(2)langkah-langkahpadatahapFantasiKataditambahkandenganpengerjaanLKSsecaraberkelompokdan(3)langkah-langkahpadatahapFantasiPengembaradalamLKSditambahkanperintahuntukmendatakatayangberhubungandankatayangmenggambarkansuasanaperistiwa.12288122881228812288UjilapangandilakukanpadakelompokterbatasyaitusiswakelasVII-3SMPNegeri21Malang.HasilyangdiperolehpadatahapFantasikataFantasiPengembaraFantasiOlahMaknadanFantasiPerformansiadalah(1)siswatelahmampumengembangkankedalamtemayangmenarikdanimajinatif(2)siswatelahmampumenghasilkanpuisidenganpenataanrimayangsesuai(3)siswatelahmampumenghasilkanpuisidengandiksiyangbervariasitermasukpenggunaankatakonotatifmaupunkata-katakonkret(4)siswatelahmampumenghasilkanpuisidenganpenggunaancitraanyangmenarikdan(5)siswatelahmampumenghasilkanpuisidenganpenggunaantipografidanenjambemen.12288122881228812288BerdasarkandatayangdiperolehdapatdisimpulkanbahwabukupanduanstrategiFantasiK-POPdapatdiimplementasikanpadapembelajaranmenulispuisikhususnyasiswakelasVII.TerkaitdenganhaltersebutmakadisarankankepadagurusebagaisubjekpenggunabukupanduanagardapatmenerapkanstrategiFantasiK-POPdengancarakreatifdaninovatifsepertipenggunaanmediapendukungyangkreatifataupemanfaatanlingkunganyangada.Dalampenyebarannyadapatdilakukandenganpenulisanartikelataudisebarluaskanmelaluipihakpenerbitanbukuyangkemudiandapatdijualdiberbagaitokobuku.Disarankanpulapadapenelitiselanjutnyaagarmempelajaridanmemanfaatkanprodukinisebagaipijakanuntukmengembangkanstrategipembelajaranyanglebihkreatif.