Pengembangan instrumen asemen pembelajaran menulis kreatif puisi siswa kelas VII SMP/MTs / Herlina Agustin

Main Author: Agustin, Herlina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9308/
Daftar Isi:
  • Katakunciinstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisi.Asesmenmerupakansatu-satunyalangkahyangdiambilolehguruuntukmengetahuikemampuanmenuliskreatifpuisisiswa.Demiketercapaiantujuanpenilaiandiperlukansebuahinstrumenasesmenyangdapatmengukurkompetensisiswadalammenuliskreatifpuisi.Instrumenasesmenyangdigunakanharusmampumengukurkeberhasilanbelajaryangdicapaisiswasebagaimanayangtertulisdalamsetiapindikatorpembelajaran.HalyangmelatarbelakangipengembanganinstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisisiswakelasVIISMP/MTsantaralainpentingnyainstrumentersebutdanmasihadakekuranganterhadapinstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisiyangsudahada.Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalah(1)mengembangkaninstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisidenganmemperhatikanvaliditas(2)mengembangkaninstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisidenganmemperhatikanreliabilitasdan(3)mengembangkaninstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisidenganmemperhatikankepraktisan.PenelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganmodelproseduraldanmemodifikasidarisepuluhlangkahpenelitiandanpengembanganBorgdanGallyaitu(1)studipendahuluan(2)pengembanganmodeldan(3)ujimodel.UntukmengetahuikelayakanmodelatauprodukdilakukanujikepadaahliasesmendanevaluasipembelajaranahliisisastraIndonesiaahlipraktisiataugurubahasadansastraIndonesiadansiswakelasVIISMP/MTs.Jenisdatayangdikumpulkanpadakegiatanpengembanganiniantaralainadalahdatatertulisdandataverbal.Datatertulismeliputicatatanujicobasarankoreksidankomentarparasubjekujicoba.Sedangkandataverbalberuparekamanhasildariwawancaradenganparasubjekujicobasetelahdilakukannyaujicoba.Instrumenpenelitianyangdigunakanuntukmengumpulkandatapadapenelitianpengembanganiniadalahpedomanwawancarapedomanobservasidanpedomanangketpenilaian.Analisisdatatertulisdanverbaldianalisiskemudiandiaplikasikanterhadapprodukpenilaianinstrumenasesmenberupapedomanatauangketpenilaiankelayakaninstrumenasesmen.Instrumenasesmentersebutmenghasilkandatanonverbalberupaskordandataverbalberupasaran-saranperbaikan.Hasilujiinstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisiberkenaandengankeindahanalamadalahsebagaiberikut.(a)Hasilujicobakepadaahliasesmendanevaluasipembelajarandiperolehhasilujivalidasisebesar805%reliabilitassebesar75%dankepraktisansebesar75%.(b)HasilujicobadenganahliisisastraIndonesiadiperolehhasilujipenggunaanbahasasebesar100%dankelayakanisisebesar909%.(c)HasilujicobakepadapraktisiataugurubahasadansastraIndonesiadiperolehhasilujikepraktisansebesar857%.HasilujicobakepadasiswakelasVIISMPsebesar925%.Hasilujiinstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisimenunjukkanbahwaproduktergolonglayakdandapatdiimplementasikan.Hasilujiinstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisiberkenaandenganperistiwayangpernahdialamiadalahsebagaiberikut.(a)Hasilujicobakepadaahliasesmendanevaluasipembelajarandiperolehhasilujivalidasisebesar833%reliabilitassebesar75%dankepraktisansebesar917%.(b)HasilujicobadenganahliisisastraIndonesiadiperolehhasilujipenggunaanbahasasebesar100%dankelayakanisisebesar932%.(c)HasilujicobakepadapraktisiataugurubahasadansastraIndonesiadiperolehhasilujikepraktisansebesar893%.HasilujicobakepadasiswakelasVIISMPsebesar954%.HasilujiinstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisimenunjukkanbahwaproduktergolonglayakdandapatdiimplementasikanSebagailangkahpemanfaatanprodukhasilpengembangangurudisarankanuntukdapatmemanfaatkaninstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisiinisebagaialatuntukmenilaikemampuanmenuliskreatifpuisisiswakelasVIISMP/MTs.BagipenelitilainprodukinstrumenpenilaianpembelajaranmenuliskreatifpuisidapatdigunakansebagaipertimbangandansumberbacaandalammengembangkaninstrumenasesmenpembelajaranbahasadansastraIndonesiayanglebihbaiklagijugamengembangkaninstrumenasesmenyanglain.8195