Pengembangan instrumen asemen pembelajaran menulis kreatif puisi siswa kelas VII SMP/MTs / Herlina Agustin
Main Author: | Agustin, Herlina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9308/ |
Daftar Isi:
- Katakunciinstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisi.Asesmenmerupakansatu-satunyalangkahyangdiambilolehguruuntukmengetahuikemampuanmenuliskreatifpuisisiswa.Demiketercapaiantujuanpenilaiandiperlukansebuahinstrumenasesmenyangdapatmengukurkompetensisiswadalammenuliskreatifpuisi.Instrumenasesmenyangdigunakanharusmampumengukurkeberhasilanbelajaryangdicapaisiswasebagaimanayangtertulisdalamsetiapindikatorpembelajaran.HalyangmelatarbelakangipengembanganinstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisisiswakelasVIISMP/MTsantaralainpentingnyainstrumentersebutdanmasihadakekuranganterhadapinstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisiyangsudahada.Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalah(1)mengembangkaninstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisidenganmemperhatikanvaliditas(2)mengembangkaninstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisidenganmemperhatikanreliabilitasdan(3)mengembangkaninstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisidenganmemperhatikankepraktisan.PenelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganmodelproseduraldanmemodifikasidarisepuluhlangkahpenelitiandanpengembanganBorgdanGallyaitu(1)studipendahuluan(2)pengembanganmodeldan(3)ujimodel.UntukmengetahuikelayakanmodelatauprodukdilakukanujikepadaahliasesmendanevaluasipembelajaranahliisisastraIndonesiaahlipraktisiataugurubahasadansastraIndonesiadansiswakelasVIISMP/MTs.Jenisdatayangdikumpulkanpadakegiatanpengembanganiniantaralainadalahdatatertulisdandataverbal.Datatertulismeliputicatatanujicobasarankoreksidankomentarparasubjekujicoba.Sedangkandataverbalberuparekamanhasildariwawancaradenganparasubjekujicobasetelahdilakukannyaujicoba.Instrumenpenelitianyangdigunakanuntukmengumpulkandatapadapenelitianpengembanganiniadalahpedomanwawancarapedomanobservasidanpedomanangketpenilaian.Analisisdatatertulisdanverbaldianalisiskemudiandiaplikasikanterhadapprodukpenilaianinstrumenasesmenberupapedomanatauangketpenilaiankelayakaninstrumenasesmen.Instrumenasesmentersebutmenghasilkandatanonverbalberupaskordandataverbalberupasaran-saranperbaikan.Hasilujiinstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisiberkenaandengankeindahanalamadalahsebagaiberikut.(a)Hasilujicobakepadaahliasesmendanevaluasipembelajarandiperolehhasilujivalidasisebesar805%reliabilitassebesar75%dankepraktisansebesar75%.(b)HasilujicobadenganahliisisastraIndonesiadiperolehhasilujipenggunaanbahasasebesar100%dankelayakanisisebesar909%.(c)HasilujicobakepadapraktisiataugurubahasadansastraIndonesiadiperolehhasilujikepraktisansebesar857%.HasilujicobakepadasiswakelasVIISMPsebesar925%.Hasilujiinstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisimenunjukkanbahwaproduktergolonglayakdandapatdiimplementasikan.Hasilujiinstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisiberkenaandenganperistiwayangpernahdialamiadalahsebagaiberikut.(a)Hasilujicobakepadaahliasesmendanevaluasipembelajarandiperolehhasilujivalidasisebesar833%reliabilitassebesar75%dankepraktisansebesar917%.(b)HasilujicobadenganahliisisastraIndonesiadiperolehhasilujipenggunaanbahasasebesar100%dankelayakanisisebesar932%.(c)HasilujicobakepadapraktisiataugurubahasadansastraIndonesiadiperolehhasilujikepraktisansebesar893%.HasilujicobakepadasiswakelasVIISMPsebesar954%.HasilujiinstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisimenunjukkanbahwaproduktergolonglayakdandapatdiimplementasikanSebagailangkahpemanfaatanprodukhasilpengembangangurudisarankanuntukdapatmemanfaatkaninstrumenasesmenpembelajaranmenuliskreatifpuisiinisebagaialatuntukmenilaikemampuanmenuliskreatifpuisisiswakelasVIISMP/MTs.BagipenelitilainprodukinstrumenpenilaianpembelajaranmenuliskreatifpuisidapatdigunakansebagaipertimbangandansumberbacaandalammengembangkaninstrumenasesmenpembelajaranbahasadansastraIndonesiayanglebihbaiklagijugamengembangkaninstrumenasesmenyanglain.8195