Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan strategi pemodelan dan media lirik lagu untuk siswa kelas X SMA / Rina Novia Wahyuningtyas
Main Author: | Wahyuningtyas, Rina Novia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9301/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipengembanganbahanajarmenuliscerpenpembelajaranmenuliscerpenstrategipemodelanmedialiriklaguMenuliskaranganberdasarkanpengalamanoranglaindalamcerpen(pelakuperistiwalatar)merupakansalahsatukompetensidasaryangharusdikuasaiolehsiswakelasXSMA.Kegiatanmenuliscerpeninidapatmeningkatkankreativitassiswauntukdapatmenghasilkancerpenyangbaik.Namunharapantersebutmasihkurangmendapatperhatian.Terbuktidenganadanyabeberapahambatanantaralainhambatandarifaktorinternalyaitudaridirisiswaitusendiridanfaktoreksternalyaitupadatersedianyabahanajarmediadanstrategiyangdigunakanolehguru.Untukitudiperlukanpengembanganbahanajarmenuliscerpenyangdapatmengatasihambatanyangada.HalinidimaksudkanuntukmendukungprosespembelajaranmenuliscerpendiSMA.AdabeberapaalasanyangmendasaripentingnyapengembanganbahanajaryaknikebutuhansiswadantuntutanguruuntukdapatmemberikanmateripembelajaranyangberkualitassertasesuaidengankarakteristiksiswakelasXSMA.TujuanumumpenelitianpengembanganiniadalahmenghasilkanprodukbahanajarmenuliscerpendenganstrategipemodelandanmedialiriklaguuntuksiswakelasXSMA.Tujuanumumtersebutkemudiandirincimenjadibeberapatujuankhususyaitumenghasilkanmaterisertalatihan(1)pemilihanidedantemacerpen(2)penokohancerpen(3)pemilihanlatarcerpen(4)penentuansudutpandangcerpendan(5)pemilihandanpengembanganalurcerpendenganstrategipemodelandanmedialiriklagu.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianpengembangan.MetodepenelitianinidiadaptasidarimodelpengembanganpembelajaranBorgandGall.Berdasarkanmodeltersebutterdapat4tahapanprosedurpenelitianpengembanganyakni(1)tahapprapengembangan(2)tahappengembangan(3)tahapujicobadan(4)tahaprevisiproduk.Produkhasilpenelitianinidiujicobakepadaahlimenuliscerpenahlipembelajaranmenuliscerpenpraktisi(gurubahasaIndonesia)dankelompokkecilsiswayangberanggotakan10siswadenganmembagikanangket.Berdasarkanhasilujicobadenganahlimenuliscerpenahlipembelajaransastradanpraktisijikadirata-ratamemperolehpersentasesebagaiberikut.Hasilujikelayakansistematikapenulisanbahanajarmemperolehpersentasesebesar9166%kesesuaiankompetensibahanajar875%keakuratandankedalamanmateripadabahanajar8024%penggunaanbahasapadabahanajar833%dankelayakantampilanbahanajar854%.Selainhasilujicobatersebutterdapathasilujicobadarikelompokkecilsiswa.Menuruthasilujicobakelompokkecilyangberanggotakan10siswamemperolehpersentasekelayakansistematikapenulisanbahanajarsebesar100%isidanbahasan9083%penggunaanbahasa9125%dantampilanbahanajar9416%.BahanajaryangdihasilkanpadapenelitianinidiberijudulYukMenulisCerpendariLirikLagu.Bahanajariniterdiriatas5bagian.Bagian1memuatmateridanlatihanpemilihantemabagian2memuatmateripenokohanbagian3memuatmateripemilihanlatarbagian4memuatmateripenentuansudutpandangdanbagian5memuatmaterialurdanpengembanganalur.Padabagian5terdapatmaterikhususyangmemandusiswauntukmenuliscerpensecarautuh.Bahanajaryangdidominasidenganwarnahijauinidilengkapidenganmaterisingkattentangcerpendancontohcerpensebagaipendahuluansertaruangrefleksidanrubrikpenilaiansebagaipenutup.Bahanajarinimemilikiperbedaandenganbahanajarlain.Perbedaaniniterletakpadapenggunaanstrategipemodelan.Strategipemodelanmemiliki4faseyaitufaseatensiretensireproduksidanmotivasi.Selainstrategibahanajarinijugamemanfaatkanmedialiriklagu.Strategidanmediayangdigunakanpadabahanajarinidiaplikasikansecaratidaklangsungpadasetiapbagian.Sebagailangkahpemanfaatanprodukyangdihasilkanpadapenelitianpengembanganiniadabeberapasaranyangditujukanuntukpihak-pihakyangberkaitandenganpengembanganbahanajarmenuliscerpen.Untukgurudisarankanagarmemanfaatkanbahanajarmenuliscerpenyangdihasilkanpadapenelitianinidenganoptimal.Untuksiswadisarankanagarmemanfaatkanprodukbahanajarinidenganmulaimembacadanmempelajarisemuatahapanmenuliscerpenyangada.