Model pembelajaran membaca dan menulis lintas kurikulum / Ika Dyah Ayu Septiani
Main Author: | Septiani, Ika Dyah Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9299/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimembaca-menulismodelpembelajaranmembaca-menulislintaskurikulum(MMLK)lintaskurikulumMembaca-menulismerupakanaktivitasyangsalingberhubunganuntukmembentuksumberdayamanusia(SDM)yangberkualitastinggimelaluiprosesbelajaraktifyangbermakna.Secarabersamaantigakegiatantersebutakanmelatihsiswauntukmencarimenemukanmengolahmemanfaatkaninformasidatapengetahuandanilmu.Membaca-menulissangatberperanpentingdalamberbagaisegikehidupanbaikdisekolahlingkungandankarir.Penerapanpembelajaranmembaca-menulisdisekolahperludiintegrasikanolehsemuagurumatapelajaranbukanhanyagurupengampumatapelajaranbahasa.Modelpembelajaranmembaca-menulislintaskurikulumakanmemudahkanparaguruuntukmenerapkanpembelajaranmembaca-menulisdalamsetiapprosespengajaran.Membaca-menulislintaskurikulummerupakansuatukeadaanpembelajaranbahasayangdipadukandenganpembelajaranbidangstudinon-bahasa.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankajianpustaka.Secaraumumrancanganpenelitianinimeliputitigahal1)teknikanalisisyangdigunakanyaituteknikpengumpulandatadariberbagaisumbermeliputijurnalilmiahartikeldanbuku-bukumengenaimodel-modelpembelajaranmembaca-menulislintaskurikulum2)analisisdatadariberbagaisumberuntukmenunjukkankonteksprinsipkarakteristikdanmanfaatsetiapmodelpembelajaranmembacamenulislintaskurikulumuntukmatapelajaranSainsMatematikaIlmuSosialdanBahasa.dan3)penyimpulanpadamasing-masingrumusanmasalah.Berdasarkanhasilanalisisdataditemukanlimakontekspentingnyapembelajaranmembaca-menulislintaskurikulum.Pertamamembaca-menulisberperanpentingdalamsemuasegikehidupanbaikpendidikanmaupunhubungansosialmasyarakat.Membaca-menulislintaskurikulumberperanuntukmembantusiswamenguasaisubstansiberbagaimaterimatapelajaran.Keduaketerampilanmembaca-menulissangatberpengaruhbagisemuaorangkarenameliputikemampuanuntukmemahamiberpikirmenerapkandanberkomunikasisecaraefektifuntukmencapaitujuanpribadidankarir.Ketigakemampuansiswadalammembaca-menulismerupakankuncikeberhasilandarisemuakegiatanpembelajaran.Keempatmembaca-menulismerupakanpusatdaripelajaransebelumpelajaranyanglainsepertiSejarahBahasaMatematikaIlmuSosialPemerintahPsikologidanBiologi.Kelimamembaca-menulislintaskurikulummerupakanpengajaranmembacadanmenulisdalamberbagaiteks(sepertiBahasaSainsSosialdanMatematika).Berdasarkanhasilanalisisditemukanempatmodelpembelajaranmembaca-menulislintaskurikulum(1)modelPWIM(Picture-WordInductiveModel)(2)modelpembelajaranCIRC(CooperativeIntegratedReadingandComposition)(3)modelpembelajaranPenemuanKonsep(ConceptAttainmentModel)dan(4)modelpembelajaranSinektik(Synectic).Model-modeltersebutdapatdantelahbanyakdigunakanbaikdidalammaupundiluarnegeri.Berdasarkanhasilanalisisditemukanprinsip-prinsipsetiapmodelpembelajaranciridanmanfaatmasing-masingmodelpembelajarantersebutuntukberbagaibidangmatapelajaran.Denganadanyatemuanmengenaiprinsipciridanmanfaatsetiapmodelinidiharapkandapatmenjadireferensiyangtepatbagisemuagurumatapelajaranuntukmenerapkanpembelajaranmembaca-menulisdalamsetiapprosespembelajaran.