Model pembelajaran membaca dan menulis lintas kurikulum / Ika Dyah Ayu Septiani

Main Author: Septiani, Ika Dyah Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9299/
Daftar Isi:
  • KataKuncimembaca-menulismodelpembelajaranmembaca-menulislintaskurikulum(MMLK)lintaskurikulumMembaca-menulismerupakanaktivitasyangsalingberhubunganuntukmembentuksumberdayamanusia(SDM)yangberkualitastinggimelaluiprosesbelajaraktifyangbermakna.Secarabersamaantigakegiatantersebutakanmelatihsiswauntukmencarimenemukanmengolahmemanfaatkaninformasidatapengetahuandanilmu.Membaca-menulissangatberperanpentingdalamberbagaisegikehidupanbaikdisekolahlingkungandankarir.Penerapanpembelajaranmembaca-menulisdisekolahperludiintegrasikanolehsemuagurumatapelajaranbukanhanyagurupengampumatapelajaranbahasa.Modelpembelajaranmembaca-menulislintaskurikulumakanmemudahkanparaguruuntukmenerapkanpembelajaranmembaca-menulisdalamsetiapprosespengajaran.Membaca-menulislintaskurikulummerupakansuatukeadaanpembelajaranbahasayangdipadukandenganpembelajaranbidangstudinon-bahasa.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankajianpustaka.Secaraumumrancanganpenelitianinimeliputitigahal1)teknikanalisisyangdigunakanyaituteknikpengumpulandatadariberbagaisumbermeliputijurnalilmiahartikeldanbuku-bukumengenaimodel-modelpembelajaranmembaca-menulislintaskurikulum2)analisisdatadariberbagaisumberuntukmenunjukkankonteksprinsipkarakteristikdanmanfaatsetiapmodelpembelajaranmembacamenulislintaskurikulumuntukmatapelajaranSainsMatematikaIlmuSosialdanBahasa.dan3)penyimpulanpadamasing-masingrumusanmasalah.Berdasarkanhasilanalisisdataditemukanlimakontekspentingnyapembelajaranmembaca-menulislintaskurikulum.Pertamamembaca-menulisberperanpentingdalamsemuasegikehidupanbaikpendidikanmaupunhubungansosialmasyarakat.Membaca-menulislintaskurikulumberperanuntukmembantusiswamenguasaisubstansiberbagaimaterimatapelajaran.Keduaketerampilanmembaca-menulissangatberpengaruhbagisemuaorangkarenameliputikemampuanuntukmemahamiberpikirmenerapkandanberkomunikasisecaraefektifuntukmencapaitujuanpribadidankarir.Ketigakemampuansiswadalammembaca-menulismerupakankuncikeberhasilandarisemuakegiatanpembelajaran.Keempatmembaca-menulismerupakanpusatdaripelajaransebelumpelajaranyanglainsepertiSejarahBahasaMatematikaIlmuSosialPemerintahPsikologidanBiologi.Kelimamembaca-menulislintaskurikulummerupakanpengajaranmembacadanmenulisdalamberbagaiteks(sepertiBahasaSainsSosialdanMatematika).Berdasarkanhasilanalisisditemukanempatmodelpembelajaranmembaca-menulislintaskurikulum(1)modelPWIM(Picture-WordInductiveModel)(2)modelpembelajaranCIRC(CooperativeIntegratedReadingandComposition)(3)modelpembelajaranPenemuanKonsep(ConceptAttainmentModel)dan(4)modelpembelajaranSinektik(Synectic).Model-modeltersebutdapatdantelahbanyakdigunakanbaikdidalammaupundiluarnegeri.Berdasarkanhasilanalisisditemukanprinsip-prinsipsetiapmodelpembelajaranciridanmanfaatmasing-masingmodelpembelajarantersebutuntukberbagaibidangmatapelajaran.Denganadanyatemuanmengenaiprinsipciridanmanfaatsetiapmodelinidiharapkandapatmenjadireferensiyangtepatbagisemuagurumatapelajaranuntukmenerapkanpembelajaranmembaca-menulisdalamsetiapprosespembelajaran.