Kualitas cerpen berdasarkan kehidupan orang lain karya sisa kelas XII SMA Negeri 1 Pesanggrahan Kabupaten Banyuwangi / Adelia Widyaratri

Main Author: Widyaratri, Adelia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9294/
Daftar Isi:
  • KatakuncikualitascerpencerpenberdasarkankehidupanoranglainpembelajaranmenuliscerpenDalamkegiatanpembelajaranmenuliscerpendisekolahsetiapsiswamemilikicarayangunikdanberbedadalammengembangkanceritanyabaikdalampenggambarantokohalurdanlatar.DengankompetensidasarmenuliscerpenberdasarkankehidupanoranglainkelasXIIsemesterIsiswabelajarhalbarudalammenuliscerpenyaitumenuliscerpenberdasarkankisahnyataseseorang.Bertolakdarimasalahtersebutmakapenelitianinidilakukan.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikankualitascerpenyangmencakuppenggambarantokohalurdanlatarkarangansiswakelasXIISMANegeri1Pesanggaran.Datadalampenelitianiniadalahunittekscerpensiswayangmenggambarkantokohunittekscerpensiswayangmenggambarkanalurdanunittekscerpensiswayangmenggambarkanlatar.SumberdataadalahcerpenberdasarkankehidupanoranglainyangdikarangolehsiswakelasXIIsiswakelasXIISMANegeri1Pesanggaran.Penelitisebagaihumaninstrumentbertindaksebagaiperencanapelaksanapengumpuldatapenganalisisdatapenafsirdatasertasebagaipelaporhasilpenelitian.PengambilandatadilaksanakandiSMANegeri1PesanggarandengansubjekpenelitiansiswakelasXIIsemester1.Pengambilandatadilakukandenganteknikdokumentasidanmenggunakanceklisuntukmencarivariabelyangsudahditentukan.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahappenelaahandataidentifikasidatameng-codingdatadanmenginterpretasikandata.Analisisdatadisesuaikandengankriteriapermasalahancerpensiswadenganaspekyangditelitimeliputipenggambarantokohpenggambaranalurdanpenggambaranlatar.Berdasarkanhasilanalisisdiperolehhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamapenggambarantokohpadacerpensiswaberdasarkankehidupanoranglainsudahmenunjukkankualitasyangbaiksebab63%cerpensiswasudahmemenuhiaspek-aspekketentuanpenggambarantokoh.Aspek-aspektersebutyaitu1)penggunaanmetodelangsungtidaklangsungataucampuran2)kesesuaiantokohdalamcerpendengantokohdikisahnyatadan3)perubahantokohdalamkisahnyatamenjaditokohdalamcerpen.Keduapenggambaranalurpadacerpensiswaberdasarkankehidupanoranglainmenunjukkankualitasyangtidakbaiksebab42%cerpensiswatidakadaklimaksdanpenyelesaiandarikonflikyangada.Aspek-aspekpengaluranmeliputi1)kesesuaiantahapeksposisidalamcerpendenganeksposisidalamkisahnyata2)kesesuaiankonflikdalamcerpendengankonflikdalamkisahnyata3)kesesuaianklimaksdalamcerpendenganklimaksdalamkisahnyata4)kesesuaianpenyelesaiandalamcerpendenganpenyelesaiandalamkisahnyata5)kesinambunganantarperistiwadan6)perubahanalurdalamkisahnyataketikamenjadialurdalamcerpen.Ketigapenggambaranlatarcerpensiswaberdasarkankehidupanoranglainmenunjukkankualitasyangtidakbaiksebab58%cerpensiswatidakadapenggambaranlatarsosialdantidakadakesinambunganantaralatardalamcerpendenganlatardalamkisahnyata.Aspek-aspekpelataranmeliputi1)kesesuaianpenggambaranlatartempatdalamcerpendenganlatartempatdalamkisahnyata2)kesesuaianpenggambaranlatarwaktudalamcerpendenganlatarwaktudalamkisahnyata3)kesesuaianpenggambaranlatarsosialdalamcerpendenganlatarsosialdalamkisahnyata4)kesinambunganantarlatardan5)perubahandarilatardalamkisahnyataketikamenjadilatardalamcerpen.Berdasarkanhasilpenelitiansaranyangbisadiberikanadalah(1)guruhendaknyamenggunakankehidupanoranglainyangbenar-benardekatdengankehidupansiswadalampembelajaranmenuliscerpenberdasarkankehidupanoranglainagarsiswabenar-benarmemahamikaraktertokohurutanperistiwadanlataryangakandiceritakan(2)dalampembelajaranmenuliscerpenberdasarkankehidupanoranglainhendaknyasiswamemilihkehidupanoranglainyangbenar-benardipahamiperistiwamaupuntokohnyadan(3)hendaknyapenelitilainlebihkonsistendalammengembangkaninstrumendanmenentukanaspekyangakanditelitiagartidakmenimbulkankerancuan.