Kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 9 Blitar tahun pelajaran 2012/2013 / Ardilla Septiana

Main Author: Septiana, Ardilla
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9293/
Daftar Isi:
  • SeptianaArdilla.2013.KemampuanMenulisNaskahDramaSiswaKelasVIIISMPN9BlitarTahunPelajaran2012/2013.SkripsiJurusanBahasaIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.RoekhanM.Pd(II)Dr.NurchasanahM.Pd.KataKuncikemampuanmenulisnaskahdramaDalampembelajaransastradramamerupakansalahsatugenresastrayangpalingdiminatisiswadibandingkandengangenresastrayanglain.Halinidikarenakandramamemilikiseniperanyangmencerminkankehidupansehari-haridandialognyamudahuntukdipahami.Melaluipengalamanmenulisnaskahdramasiswadapatmengekspresikanpengalamanemosionalintelektualestetikdanimajinatifsecarabebas.Penelitiantentangkemampuanmenulisnaskahdramabelumbanyakdilakukan.Penelitianinimendeskripsikankemampuansiswadalampembelajaranmenulisnaskahdrama.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikemampuansiswadalammenuliskreatifdramadalamaspektemaaspekdialogaspekkarakterisasiaspekaluraspeklatardanaspekbahasa.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkuantitatifkarenamasalahyangditelititerjadipadasaatinidanpenelitiberusahauntukmendeskripsikansituasiataukejadiansesuaidengankenyataanyangsebenarnya(apaadanya).DatapenelitianiniberupaskoryangdiperolehdarikemampuansiswadalammenulisnaskahdramakaryasiswakelasVIIIHSMPN9Blitar.Instrumenpenelitianberupatesdanrubrikpenilaianmenulisdrama.Penyekorandilakukandenganmetodeanalitikyaknidenganmemberikanskorterhadapaspek-aspekyangditeliti.Aspekaspekyanginginditelitidalampenelitianinimeliputiaspektemadialogkarakterisasialurlatardanbahasa.Setelahpenyekoranselesaimakadilakukanlahpenilaianperaspekberdasarkanpedomanpenilaianyangtelahdilakukan.Analisisdatadilakukansetelahsemuadataterkumpuldenganlangkah-langkahberikut(1)persiapan(2)pengkodeandan(3)penilaian.HasilanalisiskemampuanmenentukantemadalammenulisnaskahdramasiswakelasVIIISMPNegeri9Blitartahunpelajaran2012/2013dengankualifikasitemasangatbaiksebanyak2siswa(7%)kualifikasitemabaiksebanyak15siswa(50%)kualifikasitemacukupsebesar0%atautidakadasiswayangmendapatkannilaidalamtingkatantersebutkualifikasitemakurangsebanyak11siswa(36%)dankualifikasitemasangatkurangsebanyak1siswa(7%).Kemampuanmendeskripsikandialogdalammenulisnaskahdramadengankualifikasidialogsangatbaiksebanyak17siswa(57%)kualifikasidialogbaiksebanyak7siswa(23%)kualifikasidialogcukupsebesar0%atautidakadasiswayangmendapatkannilaidalamtingkatantersebutkualifikasidialogkurangsebanyak3siswa(10%)kualifikasidialogsangatkurangsebanyak3siswa(10%).Kemampuanmendeskripsikankarakterisasidalammenulisnaskahdramadengankualifikasikarakterisasibaiksekalisebanyak10siswa(33%)kualifikasikarakterisasibaiksebanyak8siswa(27%)kualifikasikarakterisasicukupsebesar0%atautidakadasiswayangmendapatkannilaidalamtingkataniitersebutkualifikasikarakterisasikurangsebanyak7siswa(23%)kualifikasikarakterisasisangatkurangsebanyak5siswa(17%).Kemampuanmengembangkanalurdalammenulisnaskahdramadengankualifikasialurbaiksekalisebanyak8siswa(27%)kualifikasialurbaiksebanyak10siswa(33%)kualifikasialurcukupsebesar0%atautidakadasiswayangmendapatkannilaidalamtingkatantersebutkualifikasialurkurangsebanyak6siswa(20%)kualifikasialursangatkurangsebanyak6siswa(20%).Kemampuanmendeskripsikanlatardalammenulisnaskahdramadengankualifikasilatarbaiksekalisebanyak7siswa(2333%)kualifikasilatarbaiksebanyak13siswa(4333%)kualifikasilatarcukupsebesar0%atautidakadasiswayangmendapatkannilaidalamtingkatantersebutkualifikasilatarkurangsebanyak6siswa(20%)kualifikasilatarsangatkurangsebanyak4siswa(1333%).Kemampuanmenggunakanbahasadalammenulisnaskahdramadengankualifikasibahasabaiksekalisebanyak20siswa(67%)kualifikasibahasabaiksebanyak3siswa(10%)kualifikasibahasacukupsebesar0%atautidakadasiswayangmendapatkannilaidalamtingkatantersebutkualifikasibahasakurangsebanyak4siswa(13%)kualifikasibahasasangatkurangsebanyak3siswa(10%).PembahasankemampuanmenentukantemadalammenulisnaskahdramamenulisnaskahdramasiswakelasVIIISMPNegeri9Blitartahunpelajaran2012/2013dapatdiketahuibahwasebanyak17siswa(57%)memilikikemampuanmenentukantemayangsudahmemenuhiSKMdansebanyak13siswa(43%)memilikikemampuanmenentukantemadibawahSKM.Kemampuanmendeskripsikandialogdalammenulisnaskahdramadapatdiketahuisebanyak24siswa(80%)memilikikemampuanmendeskripsikandialogyangsudahmemenuhiSKMdansebanyak6siswa(20%)memilikikemampuanmendeskripsikandialogdibawahSKM.Kemampuanmendeskripsikankarakterisasidalammenulisnaskahdramadapatdiketahui18siswa(60%)memilikikemampuanmendeskripsikankarakterisasiyangsudahmemenuhiSKMdansebanyak12siswa(40%)memilikikemampuanmendeskripsikankarakterisasidibawahSKM.Kemampuanmengembangkanalurdalammenulisnaskahdramadapatdiketahuisebanyak18siswa(60%)memilikikemampuanmengembangkanaluryangsudahmemeuhiSKMdansebanyak12siswa(40%)memilikikemampuanmengembangkanalurdibawahSKM.Kemampuanmendeskripsikanlatardalammenulisnaskahdramadapatdiketahuisebanyak20siswa(6666%)memilikikemampuanmendeskripsikanataryangsudahmemeuhiSKMdansebanyak10siswa(3333%)memilikikemampuanmendeskripsikanlatardibawahSKM.Kemampuanmenggunakanbahasadalammenulisnaskahdramadapatdiketahuisebanyak23siswa(77%)memilikikemampuanmenggunakanbahasayangsudahmemeuhiSKMdansebanyak7siswa(23%)memilikikemampuanmenggunakanbahasadibawahSKM.Secaraumumsiswakesulitanmengubahceritapendekmenjadisebuahnaskahdramadanmenceritakankembalikedalambahasanyasendiriyangberbentukdialog.Saranuntukgurusebaiknyagurubanyakreferensitentangtopikyangakandiajarkansehinggasiswamemilikibanyakcarauntukmemberikanhasilyangterbaik.Kemudiansaranuntukpenelitilaintemuanpenelitianinidapatdijadikansebagairujukandalammelakukanpenelitiansejenis.