Pengembangan media kartu bergambar untuk pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII SMP/MTs / Lamda Alif
Main Author: | Alif, Lamda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9289/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipengembanganmediamenuliscerpenkartubergambar.Kegiatanmenulismelatihsiswauntukberkomunikasimelaluibahasatulis.Kegiatanmenulisjugadapatmendorongsiswauntukmenuangkanide-ideataugagasanbaikyangbersifatilmiahmaupunimajinatif.Menuliscerpenmerupakansalahsatubentukkompetensiyangharusdimilikisiswa.Seseorangdapatmengekspresikangagasankreatifyangdimilkinyamelaluikegiatanmenuliskreatif.Padaumunyasiswamerasakesulitanpadapenentuanidekreatifpadahalidepokokdalamcerpenmerupakanawaluntukmemulaisebuahtulisan.Mediabergambarbergunasebagaiumpanuntukmemancingdayakretifitassiswadalampenentuantemasebuahcerpenyangakandibuat.Mediabergambardibuatlebihmenarikdanlebihmudahuntukdicermatisiswa.PenentuantemapadamediainijugaberdasarkankegiatanyangseringdijumpaiolehsiswaSMPkelasVII.Penelitianinijugadilatarbelakangiadanyastrategibelajaryangmemberikankesempatansiswauntukaktifdankreatifsecaraterkontroldengancaramengubahmetodepembelajaranyangberpusatpadaguru(teacheroriented)menjadibeerpusatpadasiswa(studentoriented).Penelitianinimenggunakanmodelpenelitianpengembangan.Penelitianpengembanganmerupakanpenelitianyangdilakukansecaraumumbertujanntukmengembangkanproduk.Dalamduniapendidikandanpembelajaranpenelitianpengembanganlebihbanyakberfokuspadadesainmodelbahanajarmediadanstrategi.Padatahappengembanganskenariomediabelajaryangdikembangkanakandigunakansebagaidasaruntukmenyusunmediaini.dalampengembanganmediainimelewatiserangkaianprosesyaitusebagaiberikut(1)melakukanpenataanisianstrukturisimediabelajardengancaramenentukanalurmediabelajarmenuliscerpenmenggunakanmediakartubergambar.(2)memilihgambardanmemasukkannyakedalamkomputeruntukdicetakmenjadimedia.Hasilprodukawalterlebihdahulumelaluitahapujiprodukyangdilakukanolehahlimediapembelajarandanahlimaterimenuliscerpen.Datadarihasilujicobadiolahmenggunakanrumuspengembangankemudianhasilnyaakandijadikanacuanuntukmerevisiprodukagarlebihmatang.TahapberikutnyaadalahmengujicobakankedalamkelompokkecilsiswakelasVIISMPsecaraacak.Berdasarkantahapdemitahappengembangantersebutmembuktikanbahwadalampembelajaranmenuliscerpendapatterbantudenganadanyamediakartubergambar.Dengandemikianmediainitelahlayakuntukdigunakandalampengajaranmenuliscerpen.