Pengembangan media kartu bergambar untuk pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII SMP/MTs / Lamda Alif

Main Author: Alif, Lamda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9289/
Daftar Isi:
  • KataKuncipengembanganmediamenuliscerpenkartubergambar.Kegiatanmenulismelatihsiswauntukberkomunikasimelaluibahasatulis.Kegiatanmenulisjugadapatmendorongsiswauntukmenuangkanide-ideataugagasanbaikyangbersifatilmiahmaupunimajinatif.Menuliscerpenmerupakansalahsatubentukkompetensiyangharusdimilikisiswa.Seseorangdapatmengekspresikangagasankreatifyangdimilkinyamelaluikegiatanmenuliskreatif.Padaumunyasiswamerasakesulitanpadapenentuanidekreatifpadahalidepokokdalamcerpenmerupakanawaluntukmemulaisebuahtulisan.Mediabergambarbergunasebagaiumpanuntukmemancingdayakretifitassiswadalampenentuantemasebuahcerpenyangakandibuat.Mediabergambardibuatlebihmenarikdanlebihmudahuntukdicermatisiswa.PenentuantemapadamediainijugaberdasarkankegiatanyangseringdijumpaiolehsiswaSMPkelasVII.Penelitianinijugadilatarbelakangiadanyastrategibelajaryangmemberikankesempatansiswauntukaktifdankreatifsecaraterkontroldengancaramengubahmetodepembelajaranyangberpusatpadaguru(teacheroriented)menjadibeerpusatpadasiswa(studentoriented).Penelitianinimenggunakanmodelpenelitianpengembangan.Penelitianpengembanganmerupakanpenelitianyangdilakukansecaraumumbertujanntukmengembangkanproduk.Dalamduniapendidikandanpembelajaranpenelitianpengembanganlebihbanyakberfokuspadadesainmodelbahanajarmediadanstrategi.Padatahappengembanganskenariomediabelajaryangdikembangkanakandigunakansebagaidasaruntukmenyusunmediaini.dalampengembanganmediainimelewatiserangkaianprosesyaitusebagaiberikut(1)melakukanpenataanisianstrukturisimediabelajardengancaramenentukanalurmediabelajarmenuliscerpenmenggunakanmediakartubergambar.(2)memilihgambardanmemasukkannyakedalamkomputeruntukdicetakmenjadimedia.Hasilprodukawalterlebihdahulumelaluitahapujiprodukyangdilakukanolehahlimediapembelajarandanahlimaterimenuliscerpen.Datadarihasilujicobadiolahmenggunakanrumuspengembangankemudianhasilnyaakandijadikanacuanuntukmerevisiprodukagarlebihmatang.TahapberikutnyaadalahmengujicobakankedalamkelompokkecilsiswakelasVIISMPsecaraacak.Berdasarkantahapdemitahappengembangantersebutmembuktikanbahwadalampembelajaranmenuliscerpendapatterbantudenganadanyamediakartubergambar.Dengandemikianmediainitelahlayakuntukdigunakandalampengajaranmenuliscerpen.