Analisis surat pribadi berbahasa Jawa siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Lailiyatus Sa'diyah

Main Author: Sa'diyah, Lailiyatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9282/
Daftar Isi:
  • KataKuncianalisissuratpribaditulisansiswaKeterampilanmenulissebagaisalahsatuketerampilanberbahasapentingdikuasai.Denganmenulisseseorangdapatmenyampaikanidepesanperasaandankemauankepadaoranglain.SalahsatubentukpembelajaranmenulisdalammatapelajaranbahasaJawaadalahmenulissurat.Denganmenulissuratsiswadiajarkanberkomunikasidenganbaiksecaratertulis.UntukmengetahuihasilbelajarsiswadalammenulissuratpribadidilakukananalisissuratpribadiberbahasaJawatulisansiswakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalangpadaaspeksistematikakesesuaianisidengantujuandanpenggunaanbahasa.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandeskriptif.Instrumenkuncidalampenelitianiniadalahpenelitisedangkanalatbantuyangdigunakanberupapanduananalisis.DatapenelitianiniberupatekssuratpribaditulisansiswakelasVIII.Data-datatersebutkemudiandianalisisuntukmemperolehdeskripsitentangsistematikakesesuaianisidengantujuandanpenggunaanbahasa.SumberdatapenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalangtahunpelajaran2012/2013.Berdasarkananalisisdatadiperolehtigahasilpenelitian.Pertamasistematikasuratpribadiyangmeliputi(1)satatabasa(alamatelayangbisakatulispojoktengenutawakiwaingdhuwur)(2)adangiyah(tembungpamujirahayu)(3)purwaka(kabarkeslametankangkirimlayanglanpangarep-arepsupayakangdikirimiugaslamet)(4)surasabasa(isinelayangkekarepanelayang)(5)wasanabasa(pungkasaninglayang)(6)titimangsa(nelakakewektupanulisaninglayang)(7)peprenah(asalelayangsakasapa)(8)tapakasta(tandatangan)lan(9)asmaterang(namaterang).Keduakesesuaianisidengantujuan.Ketigapenggunaanbahasayangmeliputipenggunaanunggah-ungguhbasapilihankatadanejaandantandabaca.BerdasarkanhasilanalisissistematikasuratpribadiberbahasaJawasiswakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalangSistematikapenyusunantepatsebanyaksebanyak17siswa(55%)kurangtepatsebanyak10siswa(32%)dantidaktepatsebanyak4siswa(13%).BerdasarkanhasilanalisiskesesuaianisidengantujuandalamsuratpribadiberbahasaJawatulisansiswaSMPNegeriSatuAtapMerjosariMalangketepatanisidengantujuanpenyusunantepatsebanyak24siswa(80%)kurangtepatsebanyak4siswa(13%)dantidaktepatsebanyak2siswa(7%).BerdasarkanhasilpenggunaanbahasadalamsuratpribadiberbahasajawatulisansiswakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalang.Pertamapenggunaanunggah-ungguhbasadengantepatsebanyak3siswa(10%)kurangtepatsebanyak27siswa(90%)dantidaktepatsebanyak(0%).Keduapilihankatakategoritepatsebanyak6siswa(19%)kurangtepatsebanyak23siswa(74%)dantidaktepatsebanyak2siswa(7%).Ketigapenggunaanejaandantandabacakategoritepatsebanyak4siswa(13%)kurangtepatsebanyak21siswa(70%)tidaktepatsebanyak5siswa(17%).Berdasarkanhasilpenelitianinidikemukakantigasaran.PertamabagigurudisarankanmelakukanperbaikanpembelajaranmenulissuratpribadiberbahasaJawaagarsiswalebihterampilmenulissuratpribadi.KeduabagipenelitiselanjutnyadisarankanagarmelakukanpenelitianpadaaspeklainterkaitdengansuratpribadimisalnyapengembanganbahanajarmenulissuratpribadiberbahasaJawa.KetigabagisiswadisarankanagarlebihgiatbelajardanberlatihuntukmenulissuratpribadiberbahasaJawadenganbaikdanbenar.