Penerapan standar proses pendidikan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Lailatul Rahmah
Main Author: | Rahmah, Lailatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9278/ |
Daftar Isi:
- KataKuncistandarprosespendidikanpembelajaranmenulispuisimenulispuisiPenerapanstandarprosespendidikanmerupakankebijakanyangsangatpentingdanstrategisuntukpemerataandanpeningkatankualitaspendidikan.Melaluistandarprosespendidikansetiapgurudanpengelolasekolahdapatmenentukanbagaimanaseharusnyaprosespembelajaranberlangsung.Prosespembelajaranmerupakansuatusistem.Dengandemikianpencapaianstandarprosesuntukmeningkatkankualitaspendidikandapatdimulaidarimenganalisissetiapkomponenyangdapatmembentukdanmempengaruhiprosespembelajaran.Dalamkontekspembelajaranberdasarkanstandarprosespendidikanguruberperansecaraoptimalbegitujugadengansiswa.Olehkarenaituprosespembelajaranyangdilakukansiswatidakmungkinterjaditanpaperlakuangurukarenagurumemilikitugasutamasebagai(1)perencanapembelajaran(2)pelaksanapembelajarandan(3)penilaipembelajaran.PembelajaraniniberkaitandengankompetensidasaryaitumenulispuisibebaskarenakompetensidasarinidiajarkandikelasVIIISMP.OlehkarenaitupenelitiinginmelakukanpenelitianyangberkaitandenganpembelajaranmenulispuisidikelasVIII.UntukitudiadakanpenelitianberjudulPenerapanStandarProsesPendidikandalamPembelajaranMenulisPuisipadaSiswaKelasVIIIdiSMPNegeri13Malangtahunajaran2012/2013.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mendeskripsikanperencanaanpembelajaranmenulispuisiberdasarkanpenerapanstandarprosespendidikanpadasiswakelasVIIISMPNegeri13Malang(2)pelaksanaanpembelajaranmenulispuisiberdasarkanpenerapanstandarprosespendidikanpadasiswakelasVIIISMPNegeri13Malangdan(3)penilaianpembelajaranmenulispuisiberdasarkanpenerapanstandarprosespendidikanpadasiswakelasVIIISMPNegeri13Malang.Penelitianinidigolongkanmenjadipenelitiankualitatif.JenispenelitiankualitatifdalampenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifeksplanatoriyaitupenelitiberusahauntukmenggambarkandanmenjelaskanbagaimanapenerapanstandarprosesdalampembelajaranmenulispuisipadasiswakelasVIII.Datadalampenelitianinimeliputi(1)dataperencanaan(2)datapelaksanaandan(3)datapenilaianpembelajaranmenulispuisi.Sumberdataberupa(1)dokumenatauarsipmeliputisilabusdanRPPperangkatpenilaianfotodanvideorekaman(2)respondenberkaitandenganpembelajaranmenulispuisiyaitugurudan(3)peristiwayaituberlangsungKBMyangdilaksanakanolehgurudansiswamulaidariujaransertatindakangurudansiswadalampelaksanaanpembelajarandanpenilaian.HasilpenelitianuntukrumusanmasalahperencanaanpembelajaranmenulispuisibebasyaitusilabusdanRPPyangdigunakangurusudahsesuaidengankriteriaperencanaanyangadadalamstandarprosespendidikan.HasilpenelitianberkaitanuntukrumusanmasalahpelaksanaanpembelajaranmenulispuisibebassecarakeseluruhansudahsesuaidengansilabusdanRPPyangdigunakan.GurubahasaIndonesiakelasVIIIDmelakukantigatahapankegiatandalampelaksanaanpembelajaranmenulispuisibebasyaitukegiatanawalkegiatanintidankegiatanakhir.AdabeberapahalyangtidaksesuaidengansilabusdanRPPnamuntujuanpembelajaranmenulispuisibebasdikelasVIIIDsudahtercapaidenganbaik.Hasilpenelitianuntukrumusanmasalahpenilaianpembelajaranmenulispuisibebasmutlakdilakukanuntukmengukurkompetensikeberhasilansiswadalampembelajaran.Jenispenilaianmeliputipenilaianhasildanprosesdenganalatpenilaianberupatesdannontes..Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimemberikansaransebagaiberikut.Pertamakepalasekolahdiharapkanlebihbisamengukurkeberhasilanprogrampendidikanyangdipimpinnyadiharapakanlebihmengontrolapakahkegiatan-kegiatanpembelajaranyangdilaksanakanberpijakpadapadaprosesyangtelahditentukan.KepalasekolahdiharapkandapatmengusahakanketersediaansaranadanprasanayangdibutuhkanuntukkeberhasilanprosespembelajarankhususnyamatapelajaranBahasaIndonesia.KeduaguruBahasaIndonesiakelasVIIIDdiharapkandapatmelaksanakanpembelajarandengandengansungguh-sungguhmelaluiperencanaanyangmatangdenganmemanfaatkanseluruhsumberdayayangadadanlebihmemperhatikankondisisiswa.Sebaiknyagurudapatmenciptakankondisibelajaryangoptimaldangurudapatmengorganisasikanwaktudenganbaikagartujuanpembelajaranterciptasecaraoptimal.Ketigabagipenelitilaindiharapkandapatmelakukanpenelitiansejenisdisekolahyangberbedaagardapatmengetahuibagaimanahasilpenelitiandisekolahlaindandapatmeningkatkankualitaspembelajaran.