Peningkatan kemampuan menulis kreatif naskah drama satu babak dengan menggunakan media kartu drama kelas VIII.3 di SMP Negeri 21 Malang tahun ajaran 2011-2012 / Ayu Suci Iryantati
Main Author: | Iryantati, Ayu Suci |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9259/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipenulisannaskahdramamediakartudramaMenulissebagaisalahsatuketerampilanberbahasaperlumendapatperhatianyangseriusdalampembelajarandisekolah.Pembelajaranmenulistidaklepasdariketerampilanmenyimakdanmembacanamundalamhalinipenulislebihmenekankanpadapembelajaranmenulisnaskahdrama.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendiskripsikanbeberapahalyangmencakuppenulisannaskahdramayaitua)bagaimanacarameningkatkankemampuanmenggambarkantemayangrelevanb)bagaimanameningkatkankemampuanmenggambarkantokohdanperwatakantokohyangjelasc)bagaimanameningkatkankemampuanmenggambarkanaluryangjelasdantajamd)bagaimanameningkatkanmenggambarkansettingataulataryangjelassingkatdansangathidupdane)bagaimanameningkatankemampuanmengembangkanperistiwamenjadiprologepilogdialogdanekspresiyangsesuai.Sehubungandenganhaltersebutpenelitimenyiapkanpembelajaranmenuliskreatifnaskahdramadenganmenggunakanmediakartudrama.Kartudramaberisia)temab)tokohdanpenokohanc)peristiwadand)settingtempatwaktudansuasana.Pengumpulandatadilakukandengantekniktesmenulisnaskahdramaobservasiwawancaradandokumentasifoto.Instrumenyangdilakukanuntukmengumpulkandataadalahinstrumenpenelitianyangberupatesdigunakanuntukmengungkapkandatatentangkemampuanmenulisteksdramapedomanobservasipedomanwawancaradanpedomandokumentasifoto.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahappersiapanpengkodeanpenilaiandanpenafsiranhasilpenilaian.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehlimasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamasiswadapatmeningkatkankemampuanmengembangkantemayangrelevanpadapembelajaranmenuliskreatifnaskahdramasatubabakdenganmenggunakanmediakartudrama.TemayangtelahdikembangkanpadasiklusIdan2yaituPersahabatandapatTerpecahBelahkarenaKeegoisan.Keduasiswadapatmeningkatkankemampuanmengembangkantokohdanperwatakantokohyangjelaspadapembelajaranmenuliskreatifnaskahdramasatubabakdenganmenggunakanmediakartudrama.Tokoh-tokohyangtelahdikembangkanpadasiklusIyaituOlive(protagonis)Meta(tritagonisyangmendukungProtagonis)Bondan(tritagonisyangmendukungProtagonis)Satrya(tritagonisyangmendukungProtagonis)Luna(tritagonisyangmendukungProtagonis)Lexa(Antagonis)danTita(tritagonisyangmendukungAntagonis).SedangkanTokoh-tokohyangtelahdigambarkanpadasiklusIIyangdikembangkanyaituDoko(Protagonis)Paijo(Antagonis)Joko(tritagonisyangmendukungAntagonis)Suminem(tritagonisyangmendukungProtagonis)BuAminah(tritagonissebagaipenengah).Ketigasiswadapatmeningkatkanmengembangkankansettingataulataryangjelassingkatdansangathiduppadapembelajaranmenuliskreatifnaskahdramasatubabakdengandenganmenggunakanmediakartudrama.KartusettingtempatyangtelahdikembangkanpadasiklusIyaituruangkelaskamarrumahsakitrumahsakitdanhalamansekolah.kartusettingwaktuyangtelahdikembangkanpadasiklusIyaitusianghari(sepulangsekolah)dankeesokanharinya.kartulatarsuasanayangtelahdikembangrkanpadasiklusIyaitukagettegangpaniksedihbahagiadantakut.KartuSettingTempatyangtelahdikembangkanpadasiklusIIyaituDiruangKelas.KartuSettingWaktuyangtelahdikembangkanpadasiklusIIyaituWaktuIstirahatSekolah.KartuLatarSuasanayangtelahdikembangkanpadasiklusIIyaituBahagiadanTegang.Keempatsiswadapatmeningkatkankemampuanmengembangkanperistiwasesuaitahapanalurdenganmenggunakankartuperistiwapadapembelajaranmenuliskreatifnaskahdramasatubabakdenganmenggunakanmediakartudrama.TahapanaluryangtelahdikembangkanpadasiklusIdanIIyaitueksposisiataupelukisanawalceritakomplikasiataupertikaianawalklimaksatautitikpuncakpenurunankonflikdanresolusiataupenyelesaianataufallingaction.Kelimasiswadapatmeningkatkankemampuanmengembangkanperistiwakedalamdialog-dialogmenggunakanbahasaIndonesiayangbaikdansesuaidenganciri-ciridialogpadapembelajaranmenuliskreatifnaskahdramasatubabakdenganmenggunakanmediakartudrama.ciri-ciridialogyangtelahdikembangkanpadadisiklusIdanIIyaitudialogyangmengembangkantemadialogharusmengembangkantokohdankaraktertokohdialogterkadangmengembangkansettingtempatwaktudansuasanadandialogharusmengembangkanperistiwadankonflikyangada.Keenamsiswadapatmeningkatkankemampuanmengembangkanperistiwakedalamprologepilogdanekspresipadapembelajaranmenuliskreatifnaskahdramasatubabakdenganmenggunakanmediakartudrama.