Peningkatan kemampuan menulis kreatif naskah drama satu babak dengan menggunakan media kartu drama kelas VIII.3 di SMP Negeri 21 Malang tahun ajaran 2011-2012 / Ayu Suci Iryantati

Main Author: Iryantati, Ayu Suci
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9259/
Daftar Isi:
  • KataKuncipenulisannaskahdramamediakartudramaMenulissebagaisalahsatuketerampilanberbahasaperlumendapatperhatianyangseriusdalampembelajarandisekolah.Pembelajaranmenulistidaklepasdariketerampilanmenyimakdanmembacanamundalamhalinipenulislebihmenekankanpadapembelajaranmenulisnaskahdrama.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendiskripsikanbeberapahalyangmencakuppenulisannaskahdramayaitua)bagaimanacarameningkatkankemampuanmenggambarkantemayangrelevanb)bagaimanameningkatkankemampuanmenggambarkantokohdanperwatakantokohyangjelasc)bagaimanameningkatkankemampuanmenggambarkanaluryangjelasdantajamd)bagaimanameningkatkanmenggambarkansettingataulataryangjelassingkatdansangathidupdane)bagaimanameningkatankemampuanmengembangkanperistiwamenjadiprologepilogdialogdanekspresiyangsesuai.Sehubungandenganhaltersebutpenelitimenyiapkanpembelajaranmenuliskreatifnaskahdramadenganmenggunakanmediakartudrama.Kartudramaberisia)temab)tokohdanpenokohanc)peristiwadand)settingtempatwaktudansuasana.Pengumpulandatadilakukandengantekniktesmenulisnaskahdramaobservasiwawancaradandokumentasifoto.Instrumenyangdilakukanuntukmengumpulkandataadalahinstrumenpenelitianyangberupatesdigunakanuntukmengungkapkandatatentangkemampuanmenulisteksdramapedomanobservasipedomanwawancaradanpedomandokumentasifoto.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahappersiapanpengkodeanpenilaiandanpenafsiranhasilpenilaian.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehlimasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamasiswadapatmeningkatkankemampuanmengembangkantemayangrelevanpadapembelajaranmenuliskreatifnaskahdramasatubabakdenganmenggunakanmediakartudrama.TemayangtelahdikembangkanpadasiklusIdan2yaituPersahabatandapatTerpecahBelahkarenaKeegoisan.Keduasiswadapatmeningkatkankemampuanmengembangkantokohdanperwatakantokohyangjelaspadapembelajaranmenuliskreatifnaskahdramasatubabakdenganmenggunakanmediakartudrama.Tokoh-tokohyangtelahdikembangkanpadasiklusIyaituOlive(protagonis)Meta(tritagonisyangmendukungProtagonis)Bondan(tritagonisyangmendukungProtagonis)Satrya(tritagonisyangmendukungProtagonis)Luna(tritagonisyangmendukungProtagonis)Lexa(Antagonis)danTita(tritagonisyangmendukungAntagonis).SedangkanTokoh-tokohyangtelahdigambarkanpadasiklusIIyangdikembangkanyaituDoko(Protagonis)Paijo(Antagonis)Joko(tritagonisyangmendukungAntagonis)Suminem(tritagonisyangmendukungProtagonis)BuAminah(tritagonissebagaipenengah).Ketigasiswadapatmeningkatkanmengembangkankansettingataulataryangjelassingkatdansangathiduppadapembelajaranmenuliskreatifnaskahdramasatubabakdengandenganmenggunakanmediakartudrama.KartusettingtempatyangtelahdikembangkanpadasiklusIyaituruangkelaskamarrumahsakitrumahsakitdanhalamansekolah.kartusettingwaktuyangtelahdikembangkanpadasiklusIyaitusianghari(sepulangsekolah)dankeesokanharinya.kartulatarsuasanayangtelahdikembangrkanpadasiklusIyaitukagettegangpaniksedihbahagiadantakut.KartuSettingTempatyangtelahdikembangkanpadasiklusIIyaituDiruangKelas.KartuSettingWaktuyangtelahdikembangkanpadasiklusIIyaituWaktuIstirahatSekolah.KartuLatarSuasanayangtelahdikembangkanpadasiklusIIyaituBahagiadanTegang.Keempatsiswadapatmeningkatkankemampuanmengembangkanperistiwasesuaitahapanalurdenganmenggunakankartuperistiwapadapembelajaranmenuliskreatifnaskahdramasatubabakdenganmenggunakanmediakartudrama.TahapanaluryangtelahdikembangkanpadasiklusIdanIIyaitueksposisiataupelukisanawalceritakomplikasiataupertikaianawalklimaksatautitikpuncakpenurunankonflikdanresolusiataupenyelesaianataufallingaction.Kelimasiswadapatmeningkatkankemampuanmengembangkanperistiwakedalamdialog-dialogmenggunakanbahasaIndonesiayangbaikdansesuaidenganciri-ciridialogpadapembelajaranmenuliskreatifnaskahdramasatubabakdenganmenggunakanmediakartudrama.ciri-ciridialogyangtelahdikembangkanpadadisiklusIdanIIyaitudialogyangmengembangkantemadialogharusmengembangkantokohdankaraktertokohdialogterkadangmengembangkansettingtempatwaktudansuasanadandialogharusmengembangkanperistiwadankonflikyangada.Keenamsiswadapatmeningkatkankemampuanmengembangkanperistiwakedalamprologepilogdanekspresipadapembelajaranmenuliskreatifnaskahdramasatubabakdenganmenggunakanmediakartudrama.