Penggunaan model pembelajaran penyelesaian penyebab permasalahan (Problem Posing Solving) untuk meningkatkan kemampuan menemukan pokok-pokok berita siswa kelas VIIID SMP Negeri 10 Malang / Mahiroh Azwa Ulfa
Main Author: | Ulfa, Mahiroh Azwa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9257/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimenyimakberitamenemukanpokok-pokokberitamodelpembelajaranPPPMenyimakberitamerupakansalahsatukegiatanyangsangatpentingbagisiswakarenadapatmenambahinformasi.DalamKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)matapelajaranBahasaIndonesiatahun2006untukjenjangSMPkelasVIIIsemesterIIterdapatkompetensidasaryangberkaitandenganketerampilanmenyimakberitayaitumenemukanpokok-pokokberita(apasiapadimanakapanmengapadanbagaimana)yangdidengardanatauditontonmelaluiradio/televisi.Berdasarkanobservasidanwawancarapadasaatstudipendahuluanditemukanberbagaimasalahdalampembelajaranmenyimakberita.Salahsatunyaadalahtidakadanyalangkah-langkahyangjelasdalammenemukanpokok-pokokberita.Halinimenyebabkansiswaterlihatmalasmisalnyatidakmemperhatikandankurangaktifdalammengikutiprosespembelajaran.Selainituhasiltulisansiswamenemukanpokok-pokokberitadiketahuibahwahanya6dari38siswa(1578%)yangnilainyamencapaiKKM.Masalahtersebutdapatdiatasiapabilagurumenerapkanmodelpembelajarandanmediapembelajaranyangsesuaidenganketerampilanmeyimakberita.SalahsatunyaadalahmodelpembelajaranPenyeleaianPenyebabPermasalahan(PPP)yangartinyamerumuskanmasalah(pertanyaan)danmemecahkanmasalah.ModelpembelajaranPPPmerupakansalahsatucarayangmemudahkansiswauntukmenemukanpokok-pokokberitakarenasiswamenemukansendiripermasalahanyangberkaitandenganberitayangdisimakdenganmenggunakanlangkah-langkahyangjelas.ModelpembelajaranPPPjugadapatmengaktifkansiswadengancarabertanyadanmenjawab.Untukbertanyadanmenjawabdiperlukansikapmemperhatikanyangbaik.Sikaptersebutjugadapatmemengaruhihasilbelajarsiswa.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilaksanakansebanyakduasiklus.Dataprosesdalampenelitianiniberupahasilwawancaradengangurudansiswaobservasidandokumentasiberupafoto-fotoyangmendukung.Datahasildalampenelitianiniberupakemampuanmenyimakberitadenganmenemukanpokok-pokokberitadenganmerumuskanmasalah(pertanyaan)danmemecahkannya.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmodelpembelajaranPPPyangdapatmeningkatkankualitasprosespembelajaranmenemukanpokok-pokokberitasiswakelasVIIIDSMPN10Malangdilaksanakandengan3tahapan.PertamasetelahapersepsigurumemberikancontohpenggunaanmodelpembelajaranPPPuntukmenemukanpokok-pokokberita.Keduapemantapanpemahamansecaraberkelompok.Ketigaevaluasisecaraindividu(pengisianLKS).iiPenggunaanmodelpembelajaranPPPsaatpemberiancontohdilaksanakandengan(1)gurumembericontohcaramerumuskanpertanyaansesuaidengantopikberita(2)gurumembericontohmenjawabpertanyaanyangdisusundan(3)siswadimintauntukmerumuskanpertanyaanlainyangberkaitandengantopikberitadansesuaidenganpokok-pokokberitakemudiandijawab(4)gurumemberikonfirmasi(benar/salah).PenggunaanmodelpembelajaranPPPpadapemantapanpemahamansecaraberkelompokdilaksanakandengan(1)siswadalamkelasdibagimenjadiempatkelompok(2)2kelompokbertugasmenyusunpertanyaansesuaidengantopikberitadanpokokberitadan2kelompokyanglainbertugasmenjawabpertanyaanyangdiajukanolehkelompokpenyusunpertanyaan(3)kelompokpenyusunpertanyaanmemberikonfirmasi(benar/salah)(4)siswadangurumembahaspertanyaanyangdiajukandanjawabanyangdiberikan.PenggunaanmodelpembelajaranPPPsaatpemantapanpemahamansecaraberkelompokterdapatbeberapakekurangansehinggaperludiperbaiki.PenggunaanmodelPPPsaatpemantapanpemahamansecaraberkelompokyangtelahdiperbaikidilaksanakandengan(1)membagikelasmenjadi4kelompokbesar(2)masing-masingkelompokdiberiwaktuuntukpersiapan(3)kelompokdiberiwaktuuntukmempersiapkanpertanyaandanjugajawabanyangakandiajukan(4)masing-masingkelompokdibagimenjadikelompokkecildengancara(a)bangkuderetpertamadankeduamenemukanpokokberitafaktaperistiwaorang-orangyangterlibatdalamberitadansebab-sebabterjadinyaperistiwa(b)deretketigadankeempatmenemukanpokokberitawaktutempatkejadiansertaprosesterjadinyaperistiwadanupayamengatasikejadian(5)2kelompokbertugasmengajukanpertanyaansesuaidengantopikberitasecaralisandan2kelompokyanglainbertugasmenjawabpertanyaandan(6)membahaspertanyaandanjawabanyangdiajukanolehkelompoksecarateratur.PenggunaanmodelpembelajaranPPPsaatevaluasisecaraindividudilaksanakandengan(1)LembarKerjaSiswa(LKS)dibagikankepadasiswadangurumenjelaskancarapengisiannya(2)siswadibimbingdiarahkandandimintauntukmerumuskanpertanyaansesuaidengantopikberitamenggunakankatatanyaapasiapadimanakapanmengapadanbagaimanadan(3)siswadibimbingdiarahkandandimintauntukmenjawabseluruhpertanyaanyangtelahdisusunsecaralengkapdantepat.PenggunaanmodelpembelajaranPPPsaatevaluasisecaraindividujugadigunakanuntukmeningkatkankualitashasilpembelajaranmenemukanpokok-pokokberita.PenggunaanmodelpembelajaranPPPdiketahuidapatmeningkatkankualitasprosesdankualitashasilpembelajaranmenemukanpokok-pokokberitasiswakelasVIIIDSMPN10Malang.Kualitasprosespembelajaranmenemukanpokok-pokokberitayangdapatditingkatkanadalahperhatiandankeaktifan.Kualitashasilpembelajaranmenemukanpokok-pokokberitadiketahuidarinilairata-ratasiswa.Nilairata-ratasiswasiklusItermasukkualifikasicukupdanmengalamipeningkatansebesar2597poin(5441menjadi8038)meskipunterdapatduasiswayangnilainyaturun.Nilairata-ratasiswasiklusIItermasukkualifikasisangatbaikdanmengalamipeningkatansebesar1072poin(8038menjadi911)meskipunterdapatsatusiswayangnilainyaturun.PenggunaanmodelpembelajaranPPPdapatmeningkatkankualitasprosesberupaperhatiandankeaktifansiswasertakemampuanmenemukanpokok-pokokberitayangdidengardanatauditontonmelaluiradio/televisisehinggaperludipertimbangkandalammeningkatkankualitaspembelajaran.