Pengaruh media pembelajaran I-CHAT ( I Can Hear and Talk) terhadap kemampuan berbicara anak tunarungu kelas VII di SMPLB YPTB Kota Malang / Norista Meilza Wardhani
Main Author: | Norista Meilza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9200/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWardhaniNoristaMeilza.2015.PengaruhMediaPembelajaranI-Chat(ICanHearandTalk)terhadapKemampuanBerbicaraAnakTunarunguKelasVIIdiSMPLBYPTBKotaMalang.SkripsiS1PLBJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.TomasIriyantoM.Pd(2)Dr.SulthoniM.PdKatakuncitunarungukemampuanberbicaramediaI-Chat.Anaktunarungumemilikihambatandalamberkomunikasisecaraverbal.Kata-katayangdiucapkanseringtidakdimengertiolehgurumaupunlingkungansekitar.Kata-katayangdiucapkanseringtidakjelasdanakhirnyadibantudenganpenggunaanisyaratjari.Anakkesulitanmengucapkanhurufvokalhurufkonsonanmemfonemdankemampuanmengartikulasi.BeberapakesulitantersebutterdapatpadasalahsatusiswadiSMPLBYPTBKotaMalang.Siswatersebutkesulitanmengucapkankata-katasehinggaterjadikesalahfahamanantaraanakdanlingkungansosialbaikdisekolahmaupundirumah.Tujuanpenelitianiniadalah(1)UntukmendiskripsikankemampuanberbicarasiswatunarungudiSMPLBKotaMalangsaatbaseline.(2)UntukmendiskripsikankemampuanberbicarasiswatunarungudiSMPLBKotaMalangsaatintervensi.(3)UntukmembuktikanadanyapengaruhpenggunaanmediapembelajaranI-Chat(ICanhearandtalk)terhadapkemampuanberbicaraanaktunarungukelasVIIdiSMPLBYPTBKotaMalang.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianSinggleSubjectResearch(SSR)dengandesainpenelitianA-Bdimanadesaininiuntukmengukurperubahanyangterjadipadatargetbehaviorfasebaseline(A)keintervensi(B).SubjekpenelitianmenggunakansatusiswatunarunguyaituZA(14tahun).Langkah-langkahpenggunaanmediaI-Chat(1)gurumemperlihatkanmediapembelajaranI-Chatkepadasiswa(2)gurumenjelaskankonten-kontenyangterletakpadaI-Chat(3)siswadimintauntukmencarikatayangakandiucapkansecaraverbal(4)siswamengucapkankatasecaraverbaldenganmengukutivideoyangterdapatpadaaplikasiI-Chat.Berdasarkanpengolahandatadiperolehnilairata-ratafasebaselinesubjekZAsebesar552%dannilairata-ratafaseintervensisubjekZAsebesar755%yangberartimenunjukkanpeningkatannilai.Nilaioverlappadapenilitianiniadalah0%semakinsedikitprosentaseoverlapmakasemakinbesarpengaruhintervensiterhadaptargetbehavior.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpenggunaanI-ChatterhadapkemampuanberbicarasiswatunarungukelasVIIdiSMPLBYPTBKotaMalang.Sehinggadisarankankepadaguruagarmampumengasahkemampuanberbicara.PenggunaanmediapembelajaranI-ChatdalampelajaranBPBIdapatditerapkankarenamampumembantupesertadidikmelatihketerampilanberbicaradanberkomunikasisecaraverbal