Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Mts Nurul Hidayah Sumengko Kalitidu Bojonegoro / Ummu Iffati A'yunin
Main Author: | A'yunin, Ummu Iffati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/91342/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAyuninUmmuI.2016.PenerapanModelPembelajaranPictureandPictureuntukMeningkatkanMinatdanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranIPSdiMTsNurulHidayahSumengkoKalitiduBojonegoro.Skripsi.ProdiPendidikanIPS.FakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingI)Dra.SitiMalikhahTowafM.A.Ph.DII)Drs.SoetjiptoS.H.M.Pd.KataKunciPictureandPictureMinatbelajarHasilBelajarIPSSalahsatuprinsippendidikanadalahdiselenggarakansebagaiprosespembudayaandanpemberdayaansiswayangberlangsungsepanjanghayat.Prosespembelajaranpadasetiapsatuanpendidikandasardanmenengahharusinteraktifinspiratifdanmenyenangkansesuaidenganbakatminatdanperkembanganfisiksertapsikologissiswa(Majid201337).BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradiperolehinformasibahwamodelpembelajaranPictureandPicturebelumpernahditerapkanmediapembelajaranbelumdigunakansecaramaksimalsiswakurangberminatterhadapmatapelajaranIPSberdasarkanhasilangketprapenelitianhasilbelajarsiswamasihrendahyangdibuktikandenganhasilUjianTengahSemesterI.PenelitianinimerupakanjenisPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch)denganduasiklus.PenelitianTindakanKelasinibertujuanmemperbaikipraktekpembelajarandanmeningkatkanminatdanhasilbelajarsiswa.BentukPenelitianTindakanKelasyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelaskolaboratif.Pengumpulandatamenggunakantesobservasiangketcatatanlapangandandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranPictureandPicturepadamatapelajaranIPSkelasVIIIdiMTs.NurulHidayahberjalandengansangatbaik.Rata-ratanilaikemampuangurudalammenerapkanmodelpembelajaranPictureandPicturemengalamipeningkatansebesar476darisiklusIkesiklusII.Sedangkanrata-ratakemampuansiswadalammenerapkanmodelpembelajaranPictureandPicturemengalamipeningkatansebesar781.PenerapanmodelpembelajaranPictureandPicturedapatmeningkatkanminatbelajarsiswa.Minatbelajarsiswamengalamipeningkatansebesar1035%setelahditerapkannyamodelpembelajaranPictureandPicture.PenerapanmodelpembelajaranPictureandPicturedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadaranahafektifdankognitif.Padaranahafektifsikapsosialsiswamengalamipeningkatansebesar1033danpadaranahkognitifmengalamipeningkatansebesar72.BerdasarkananalisisdatadiperolehsimpulanyaitupenerapanmodelpembelajaranPictureandPicturepadamatapelajaranIPSkelasVIIIberjalandengansangatbaik.PenerapanmodelpembelajaranPictureandPicturedapatmeningkatkanminatbelajarsiswa.PenerapanmodelpembelajaranPictureandPicturedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadaranahafektifdankognitif.DisarankanuntuksiswalebihtelitidalammemasangkangambarpadamodelpembelajaranPictureandPicture.Bagipenelitiselanjutnyauntukmelakukanpenelitianpadatemapembelajaranlaindenganranahyangsamadenganpenelitianiniyakniafektifdankognitif.