Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Mts Nurul Hidayah Sumengko Kalitidu Bojonegoro / Ummu Iffati A'yunin

Main Author: A'yunin, Ummu Iffati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/91342/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAyuninUmmuI.2016.PenerapanModelPembelajaranPictureandPictureuntukMeningkatkanMinatdanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranIPSdiMTsNurulHidayahSumengkoKalitiduBojonegoro.Skripsi.ProdiPendidikanIPS.FakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingI)Dra.SitiMalikhahTowafM.A.Ph.DII)Drs.SoetjiptoS.H.M.Pd.KataKunciPictureandPictureMinatbelajarHasilBelajarIPSSalahsatuprinsippendidikanadalahdiselenggarakansebagaiprosespembudayaandanpemberdayaansiswayangberlangsungsepanjanghayat.Prosespembelajaranpadasetiapsatuanpendidikandasardanmenengahharusinteraktifinspiratifdanmenyenangkansesuaidenganbakatminatdanperkembanganfisiksertapsikologissiswa(Majid201337).BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradiperolehinformasibahwamodelpembelajaranPictureandPicturebelumpernahditerapkanmediapembelajaranbelumdigunakansecaramaksimalsiswakurangberminatterhadapmatapelajaranIPSberdasarkanhasilangketprapenelitianhasilbelajarsiswamasihrendahyangdibuktikandenganhasilUjianTengahSemesterI.PenelitianinimerupakanjenisPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch)denganduasiklus.PenelitianTindakanKelasinibertujuanmemperbaikipraktekpembelajarandanmeningkatkanminatdanhasilbelajarsiswa.BentukPenelitianTindakanKelasyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelaskolaboratif.Pengumpulandatamenggunakantesobservasiangketcatatanlapangandandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranPictureandPicturepadamatapelajaranIPSkelasVIIIdiMTs.NurulHidayahberjalandengansangatbaik.Rata-ratanilaikemampuangurudalammenerapkanmodelpembelajaranPictureandPicturemengalamipeningkatansebesar476darisiklusIkesiklusII.Sedangkanrata-ratakemampuansiswadalammenerapkanmodelpembelajaranPictureandPicturemengalamipeningkatansebesar781.PenerapanmodelpembelajaranPictureandPicturedapatmeningkatkanminatbelajarsiswa.Minatbelajarsiswamengalamipeningkatansebesar1035%setelahditerapkannyamodelpembelajaranPictureandPicture.PenerapanmodelpembelajaranPictureandPicturedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadaranahafektifdankognitif.Padaranahafektifsikapsosialsiswamengalamipeningkatansebesar1033danpadaranahkognitifmengalamipeningkatansebesar72.BerdasarkananalisisdatadiperolehsimpulanyaitupenerapanmodelpembelajaranPictureandPicturepadamatapelajaranIPSkelasVIIIberjalandengansangatbaik.PenerapanmodelpembelajaranPictureandPicturedapatmeningkatkanminatbelajarsiswa.PenerapanmodelpembelajaranPictureandPicturedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadaranahafektifdankognitif.DisarankanuntuksiswalebihtelitidalammemasangkangambarpadamodelpembelajaranPictureandPicture.Bagipenelitiselanjutnyauntukmelakukanpenelitianpadatemapembelajaranlaindenganranahyangsamadenganpenelitianiniyakniafektifdankognitif.