Peningkatan kemampuan bina diri melalui media video pada anak tunagrahita ringan di SLB Muhammadiyah Kertosono Nganjuk / Lutfi Nur Afida
Main Author: | Afida, Lutfi Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9107/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKLutfiNurAfida.2018PeningkatanKemampuanBinaDiriMelaluiModelVideoPadaAnakTunagrahitaRinganDiSLBMuhammadiyahKertosonoNganjuk.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SudarsiniM.Pd.(2)SopingiS.SosM.PdKatakuncimediavideokemampuanbinadiritunagrahitaTunagrahitapadadasarnyamengalamihambatandalamkemampuankognitifkoordinasimotorikdansosialisasinamunpadaumumnyamerekadapatdiarahkankepadapendidikanyangbersifatketerampilanataukerajinantangansepertiketerampilanakupresurtatabogatatariastatabusanadanmerangkaibungasebagaibekaluntukkemandirianhidupdimasadepan.Penelitianinimenggunakanmediamodelvideo.Mediavideoberisikanvideoanimasianakyangdisertaipenjelasansingkattentangberpakaiansehinggasiswalebihaktifdanbersemangatdalamprosespembelajaranbinadiriberpakaian.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbeberapahalyaitu(1)mendeskripsikanprosespelaksanaanPeningkatanBinaDiriMelaluiMediaVideoPadaAnakTunagrahitaRingandan(2)menganalisiskeefektifanmediavideodalammeningkatkankemampuanberpakaiananaktunagrahitaringan.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniyaitupenelitiantindakankelas(PTK).Penelitiantindakankelasmerupakansuatubentukkajianyangbersifatreflektif.Olehpelakutindakanyangdilakukanuntukmeningkatkanpraktekpembelajarandikelassecaralebihberkualitassehinggasiswamendapathasilbelajaryanglebihbaik.Penelitiantindakankelasinidilakukandalam2siklustindakanyangdikembangkanolehKemisdanTaggart.Tiapsiklusterdiritahapan(1)Perencanaan(2)Tindakan(3)Pengamatan(4)Refleksi.Hasilpenelitianini1)kemampuanberpakaiansiswatunagrahitaringanpadakondisipratindakanmasihrendahyaitu485%.KemampuanberpakaiansiswatunagrahitaringansetelahtindakansiklusImengalamipeningkatandengannilairata-rata6175%%danpadasiklusIIrata-ratanyayaitu7425%.2)AktivitassiswapadasiklusInilairata-rata58%meningkatpadasiklusIImenjadi80%.Mediavideodikatakanberpengaruhkarenaterbuktidapatmeningkatkankemampuanberpakaiansiswatunagrahitaringan.Daridata-datayangtelahdipaparkantersebutdapatdisimpulkanbahwamediavideodalampembelajaranbinadirimampumeningkatankemampuanbinadirisiswapadapembelajaranprogramkhusus/binadiriberpakaian.Dengandemikiandapatdisarankanbagisiswahendaknyalebihaktifdanmandiridalammengikutipembelajaranterutamapadasaatkegiatanbinadiri.BagiPembacaagarpembacamemilikiwawasanlebihdalammemahamipembelajaranprogramkhusus/binadiripadapokokbahasanberpakaiandenganmenggunakanmediavideo.