Peningkatan kemampuan bina diri melalui media video pada anak tunagrahita ringan di SLB Muhammadiyah Kertosono Nganjuk / Lutfi Nur Afida

Main Author: Afida, Lutfi Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/9107/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKLutfiNurAfida.2018PeningkatanKemampuanBinaDiriMelaluiModelVideoPadaAnakTunagrahitaRinganDiSLBMuhammadiyahKertosonoNganjuk.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SudarsiniM.Pd.(2)SopingiS.SosM.PdKatakuncimediavideokemampuanbinadiritunagrahitaTunagrahitapadadasarnyamengalamihambatandalamkemampuankognitifkoordinasimotorikdansosialisasinamunpadaumumnyamerekadapatdiarahkankepadapendidikanyangbersifatketerampilanataukerajinantangansepertiketerampilanakupresurtatabogatatariastatabusanadanmerangkaibungasebagaibekaluntukkemandirianhidupdimasadepan.Penelitianinimenggunakanmediamodelvideo.Mediavideoberisikanvideoanimasianakyangdisertaipenjelasansingkattentangberpakaiansehinggasiswalebihaktifdanbersemangatdalamprosespembelajaranbinadiriberpakaian.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbeberapahalyaitu(1)mendeskripsikanprosespelaksanaanPeningkatanBinaDiriMelaluiMediaVideoPadaAnakTunagrahitaRingandan(2)menganalisiskeefektifanmediavideodalammeningkatkankemampuanberpakaiananaktunagrahitaringan.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniyaitupenelitiantindakankelas(PTK).Penelitiantindakankelasmerupakansuatubentukkajianyangbersifatreflektif.Olehpelakutindakanyangdilakukanuntukmeningkatkanpraktekpembelajarandikelassecaralebihberkualitassehinggasiswamendapathasilbelajaryanglebihbaik.Penelitiantindakankelasinidilakukandalam2siklustindakanyangdikembangkanolehKemisdanTaggart.Tiapsiklusterdiritahapan(1)Perencanaan(2)Tindakan(3)Pengamatan(4)Refleksi.Hasilpenelitianini1)kemampuanberpakaiansiswatunagrahitaringanpadakondisipratindakanmasihrendahyaitu485%.KemampuanberpakaiansiswatunagrahitaringansetelahtindakansiklusImengalamipeningkatandengannilairata-rata6175%%danpadasiklusIIrata-ratanyayaitu7425%.2)AktivitassiswapadasiklusInilairata-rata58%meningkatpadasiklusIImenjadi80%.Mediavideodikatakanberpengaruhkarenaterbuktidapatmeningkatkankemampuanberpakaiansiswatunagrahitaringan.Daridata-datayangtelahdipaparkantersebutdapatdisimpulkanbahwamediavideodalampembelajaranbinadirimampumeningkatankemampuanbinadirisiswapadapembelajaranprogramkhusus/binadiriberpakaian.Dengandemikiandapatdisarankanbagisiswahendaknyalebihaktifdanmandiridalammengikutipembelajaranterutamapadasaatkegiatanbinadiri.BagiPembacaagarpembacamemilikiwawasanlebihdalammemahamipembelajaranprogramkhusus/binadiripadapokokbahasanberpakaiandenganmenggunakanmediavideo.