Pengembangan bahan ajar berlayout majalah berbasis android pada materi gerakan Non Blok dan ASEAN kelas XII SMA Negeri 1 Pandaan / Mochamad Doni Akviansah

Main Author: Akviansah, Mochamad Doni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/91026/
Daftar Isi:
  • RINGKASANAkviansahMochamadDoni.2019.PengembanganBahanAjarBerlayoutMajalahBerbasisAndroidPadaMateriGerakanNonBlokdanASEANKelasXIIIPSSMANegeri1Pandaan.SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.BlasiusSupraptaM.Hum.KataKunciGerakanNonBlokASEANmajalahbahanajarProsespembelajaransejarahdisekolahmasihmenemuiberbagaipermasalahan.Tidaktanggung-tanggungpermasalahanitumeliputipermasalahanpemilihanstrategipengajaranmetodepengajarandankurangnyapemanfaatanbahanajarataumediapembelajaranolehguru.Halinimembuatsiswamudahmerasabosandalampembelajaransejarah.BeberapasiswadiSMANegeri1Pandaansecaraterang-teranganmengungkapkanbahwacaramengajargurudiSMANegeri1Pandaancukupmembosankan.Penilaiantersebutdidasarkanatasmetodegurumenjelaskan-muridmendengarkanataubiasadisebutceramah.Selainpenggunaanmetodeceramahsaatpembelajaranjugajarangsekalimemanfaatkanmediaataubahanajar.Pemanfaatanbahanajarmerupakansalahsatucarayangdapatmenarikperhatiansiswadanakanmembantusiswadalammemahamimateriyangdisampaikanolehguru.Namunmembuatataumemanfaatkanbahanajarmerupakanpekerjaanyangsulitsehinggamerekaseringkalimerasakesulitandanterbebani.Alasanitulahyangmembuatgurujarangsekalimemanfaatkanbahanajardalamprosespembelajaransejarah.Padahalgurusebenarnyasangatinginmemanfaatkanbahanajarsaatpembelajaransejarah.Gurumenginginkanbahanajaryangsesuaijamanyaknibahanajaryangberbasisandroid.KeinginantersebutdidasarkanolehpihaksekolahyangmengijinkansiswauntukmembawasmartphonedanalokasiwaktuyangsangatkurangdariKDtertentudalamkurikulum.UntukitudikembangkanbahanajarberlayoutmajalahberbasisandroiddenganmuatanmateritentangperanIndonesiadalamperdamaianduniamelaluiGerakanNonBlokdanASEAN.TujuandaripenelitiandanpengembanganiniuntukmengembangkandanmenghasilkanprodukberupabahanajarberlayoutmajalahberbasisandroiddenganmuatanmateritentangperanIndonesiadalamperdamaianduniamelaluiGerakanNonBlokdanASEAN.Pengembangandidasarkanpadamasalahyangditemukanolehpenelitisaatmelakukanobservasidanwawancara.Implikasidaritujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmelihatkeefektifanprodukyangtelahdibuat.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembangan.MetodepenelitiandanpengembanganyangdigunakanolehpenelitiyaknimodelpengembangandariThiagajaranyaitumodelpengembangan4-D.Modeliniterdiridari4tahappengembanganyaitudefinedesigndevelopdisseminateataudiadaptasimenjadimodel4-Pyaitupendefinisianperancanganpengembangandanpenyebaran.ProdukbahanajarberlayoutmajalahberbasisandroiddenganmuatanmateritentangperanIndonesiadalamperdamaianduniamelaluiGerakanNonBlokdanASEANtelahmelaluitahappengembangan(develop)yangterdiridariempattahapan.Tahapanpertamayaknivalidasimateridenganhasilvalidasimenunjukkanpersentasesebesar9375%dantergolongdalamkriteriasangatvalid.Tahapankeduayaknivalidasimediadenganpersentasesebesar9643%dantergolongdalamkriteriasangatvalid.Tahapanketigayakniujicobakelompokkecildenganpersentasesebesar86%dantergolongdalamkriteriasangatvalid.Tahapanterakhiryakniujicobakelompokbesardenganpresentasisebesar86%yangtergolongdalamkriteriasangatvalid.BerdasarkanhasiltersebutdapatdikatakanbahwaprodukbahanajarberlayoutmajalahberbasisandroiddenganmuatanmateritentangperanIndonesiadalamperdamaianduniamelaluiGerakanNonBlokdanASEANsangatvaliddanlayakdigunakansebagaibahanajardalamprosespembelajaransejarah.Akantetapimasihbanyakkekurangan-kekuranganyangdapatdikoreksilebihlanjutuntukdilakukanpengembanganlebihlanjut.