Pengembangan bahan ajar berlayout majalah berbasis android pada materi gerakan Non Blok dan ASEAN kelas XII SMA Negeri 1 Pandaan / Mochamad Doni Akviansah
Main Author: | Akviansah, Mochamad Doni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/91026/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANAkviansahMochamadDoni.2019.PengembanganBahanAjarBerlayoutMajalahBerbasisAndroidPadaMateriGerakanNonBlokdanASEANKelasXIIIPSSMANegeri1Pandaan.SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.BlasiusSupraptaM.Hum.KataKunciGerakanNonBlokASEANmajalahbahanajarProsespembelajaransejarahdisekolahmasihmenemuiberbagaipermasalahan.Tidaktanggung-tanggungpermasalahanitumeliputipermasalahanpemilihanstrategipengajaranmetodepengajarandankurangnyapemanfaatanbahanajarataumediapembelajaranolehguru.Halinimembuatsiswamudahmerasabosandalampembelajaransejarah.BeberapasiswadiSMANegeri1Pandaansecaraterang-teranganmengungkapkanbahwacaramengajargurudiSMANegeri1Pandaancukupmembosankan.Penilaiantersebutdidasarkanatasmetodegurumenjelaskan-muridmendengarkanataubiasadisebutceramah.Selainpenggunaanmetodeceramahsaatpembelajaranjugajarangsekalimemanfaatkanmediaataubahanajar.Pemanfaatanbahanajarmerupakansalahsatucarayangdapatmenarikperhatiansiswadanakanmembantusiswadalammemahamimateriyangdisampaikanolehguru.Namunmembuatataumemanfaatkanbahanajarmerupakanpekerjaanyangsulitsehinggamerekaseringkalimerasakesulitandanterbebani.Alasanitulahyangmembuatgurujarangsekalimemanfaatkanbahanajardalamprosespembelajaransejarah.Padahalgurusebenarnyasangatinginmemanfaatkanbahanajarsaatpembelajaransejarah.Gurumenginginkanbahanajaryangsesuaijamanyaknibahanajaryangberbasisandroid.KeinginantersebutdidasarkanolehpihaksekolahyangmengijinkansiswauntukmembawasmartphonedanalokasiwaktuyangsangatkurangdariKDtertentudalamkurikulum.UntukitudikembangkanbahanajarberlayoutmajalahberbasisandroiddenganmuatanmateritentangperanIndonesiadalamperdamaianduniamelaluiGerakanNonBlokdanASEAN.TujuandaripenelitiandanpengembanganiniuntukmengembangkandanmenghasilkanprodukberupabahanajarberlayoutmajalahberbasisandroiddenganmuatanmateritentangperanIndonesiadalamperdamaianduniamelaluiGerakanNonBlokdanASEAN.Pengembangandidasarkanpadamasalahyangditemukanolehpenelitisaatmelakukanobservasidanwawancara.Implikasidaritujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmelihatkeefektifanprodukyangtelahdibuat.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembangan.MetodepenelitiandanpengembanganyangdigunakanolehpenelitiyaknimodelpengembangandariThiagajaranyaitumodelpengembangan4-D.Modeliniterdiridari4tahappengembanganyaitudefinedesigndevelopdisseminateataudiadaptasimenjadimodel4-Pyaitupendefinisianperancanganpengembangandanpenyebaran.ProdukbahanajarberlayoutmajalahberbasisandroiddenganmuatanmateritentangperanIndonesiadalamperdamaianduniamelaluiGerakanNonBlokdanASEANtelahmelaluitahappengembangan(develop)yangterdiridariempattahapan.Tahapanpertamayaknivalidasimateridenganhasilvalidasimenunjukkanpersentasesebesar9375%dantergolongdalamkriteriasangatvalid.Tahapankeduayaknivalidasimediadenganpersentasesebesar9643%dantergolongdalamkriteriasangatvalid.Tahapanketigayakniujicobakelompokkecildenganpersentasesebesar86%dantergolongdalamkriteriasangatvalid.Tahapanterakhiryakniujicobakelompokbesardenganpresentasisebesar86%yangtergolongdalamkriteriasangatvalid.BerdasarkanhasiltersebutdapatdikatakanbahwaprodukbahanajarberlayoutmajalahberbasisandroiddenganmuatanmateritentangperanIndonesiadalamperdamaianduniamelaluiGerakanNonBlokdanASEANsangatvaliddanlayakdigunakansebagaibahanajardalamprosespembelajaransejarah.Akantetapimasihbanyakkekurangan-kekuranganyangdapatdikoreksilebihlanjutuntukdilakukanpengembanganlebihlanjut.