Studi deskriptif penggunaan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) dan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) pada interaksi sosial anak tunarungu di SMALB-B YPTB Malang / Leli Maulita Agustin

Main Author: Agustin, Leli Maulita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/9091/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKAgustinLeliMaulita.2017.StudiDeskriptifPenggunaanBahasaIsyaratIndonesia(SIBI)danBahasaIsyaratIndonesia(BISINDO)dalamInteraksiSosialAnakTunarungudiSMALB-BYPTBMalang.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.WiwikDwiHastutiS.PdM.Pd(II)Dr.SihkabudenM.Pd.KatakunciInteraksiAnakTunarunguSIBIBISINDOBahasaIsyaratInteraksimerupakanhalyangsangatpentingbagimanusiaagarbisaberhubungandengansesamanyadidalamkehidupanbermasyarattakterkecualiuntukanaktunarungu.BerdasarkanhasilstudipendahuluanpenelitimendapatibahwasanyadiSMALB-BYPTBMalanganaktunarungumenggunakanduabahasaisyaratyaknibahasaisyaratSIBIdanBISINDOdimanayangmenjadipermasalahankaumtunarunguadalahadanyadualismedidalampenggunaanbahasaisyarat.DaripermasalahantersebutpenelititertarikuntukmenelitilebihjauhtentangpenggunaanbahasaisyaratdiSMALB-BYPTBMalang.Fokuspenelitianmeliputi(1)PenggunaanSistemBahasaIsyaratIndonesia(SIBI)danBahasaIsyaratIndonesia(BISINDO)disekolah(2)faktor-faktoryangmempengaruhipenggunaanSIBIdanBISINDOdisekolahdan(3)hambatandanupayaanaktunarungudidalampenggunaanSIBIdanBISINDOdisekolah.Metodeyangdigunakanadalahmetodepenelitiankualitatifdenganmenggunakanteknikwawancaraobservasidandokumentasidalampengumpulandata.Analisisdatadilakukandenganmereduksidatapenyajiandatadanpengambilankesimpulan.Pengecekkankeabsahandatadilakukandengantekniktriangulasi(triangulasiteknikdantriangulasisumber).HasildaripenelitaniniyaituPenggunaanSIBIdanBISINDOdisekolahdisesuaikandengansiapaanaktunarunguberinteraksi.SecaranormatifmerekamenggunakanSIBInamunsecaraimplementatifmerekamenggunakankeduanya.Faktor-faktoryangmempengaruhiyaitukarenaanaktunarungumengikutikomunitasAkarTulitidakadanyalaranganpenggunaanbahasaisyaratdanmerekamenirubahasaisyaratdarigurudanteman-temannya.Hambatananaktunarunguhanyasebatasdidalammenggunakangerakbibirsecaracepatsehinggamerekaakanmemintalawanbicaranyauntukberbicarapelan-pelanataumengulanginyadengancaramengejadengandisertaioral(gerakbibir)mimiksertagestur.Saranuntukpenelitigurudansiswayakniagardapatmempelajarikeduabahasaisyarattersebutsebagaibahasaisyaratresmidanbahasaisyaratyangtidakresmi.Bagipemerintahanagarmerangkulsetiaplembaga-lembagayangterkaitdengantunarunguuntukmensinergidanmenyepakatitentangpenggunaanbahasaisyaratsehinggaterciptalahsebuahkonsistensididalampenggunaanbahasaisyarat.