Pengaruh penggunaan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik tunarungu kelas VII di SLB Pembina TK. Nasional Bagian C Lawang / Erika Setyawati

Main Author: Setyawati, Erika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/9075/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKSetyawatiErika.2018.PengaruhPenggunaanMetodeSQ3R(surveyquestionreadrecitereview)dalamMeningkatkanKemampuanMembacaPemahamanPesertaDidikTunarunguKelasVIIdiSLBPembinaTk.NasionalBagianCLawang.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.MohammadEfendiM.PdM.Kes(2)Drs.UsepKustiawanM.Sni.KataKunciTunarunguMetodeSQ3RMembacaPemahaman.Membacamerupakankegiatanatauprosesmenerapkansejumlahketerampilanmengolahteksbacaandalamrangkamemahamiisibacaan.Anaktunarungukesulitandalammemahamisuatubacaankarenakosakatayangdimilikinyasangatlahterbatasdanbahkanterkadangsalahdalammempersepsikansuatukata.Olehkarenaituanaktunarungumengalamikesulitandalammengungkapkaninformasidalambacaanyangdibaca.PenelitianinibertujuanuntukmendiskripsikankemampuanmembacapemahamanpesertadidiktunarungukelasVIIsebelumdansesudahdiberikanmetodeSQ3R(surveyquestionreadrecitereview)danmendeskripsikanpengaruhmetodeSQ3R(surveyquestionreadrecitereview)dalammeningkatkankemampuanmembacapemahamanpesertadidiktunarungukelasVIIdiSLBPembinaTk.NasionalBagianCLawang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdenganmetodepreeksperimendengandesainonegrouppretest-posttest.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniberupatestulisuntukkegiatanpretestdankegiatanposttest.TeknikanalisisyangdigunakanpadapenelitianiniialahujihipotesismenggunakanUjiWilcoxon.Berdasarkananalisisdatayangdiperolehhasilnyayaitunilairata-ratapadakegiatanpretestsebesar54dannilairata-ratakegiatanposttestsebesar87.HasiloutputdiperolehdengansyaratapabilaH0diterimayaknimemilikiThitungTtabeldanH0ditolakjikamemilikiThitungTtabel.PadapenelitianinidiperolehhasilThitungTtabelyakninilaiThitung0Ttabel1atau01sehinggaH0ditolak.HalinimenunjukkanbahwaterdapatperbedaankemampuanmembacapemahamanpesertadidiktunarungusebelumdansesudahdiberikannyametodeSQ3R.PenelitianinidapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhpadametodeSQ3RdalammeningkatkankemampuanmembacapemahamanpesertadidiktunarungukelasVIIdiSLBPembinaTk.NasionalBagianCLawang.SaranyangdiajukanolehpenulisuntuklembagasekolahialahbahwametodeSQ3Rdapatdijadikanreferensidalampemilihanmodelpembelajaranyangdapatdisesuaikandengankarakteristikpesertadidikdalammeningkatkankemampuanmembacapemahamanpadapesertadidiktunarungu.Bagigurudapatdigunakandalammeningkatkankemampuanmembacapemahamanpesertadidiktunarungu.BagipenelitiselanjutnyapenggunaanmetodeSQ3Rdapatdigunakandalammeningkatkankemampuanmembacapemahamanpadapesertadidikdenganketunaanselaintunarungu.