Pengaruh penggunaan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik tunarungu kelas VII di SLB Pembina TK. Nasional Bagian C Lawang / Erika Setyawati
Main Author: | Setyawati, Erika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9075/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKSetyawatiErika.2018.PengaruhPenggunaanMetodeSQ3R(surveyquestionreadrecitereview)dalamMeningkatkanKemampuanMembacaPemahamanPesertaDidikTunarunguKelasVIIdiSLBPembinaTk.NasionalBagianCLawang.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.MohammadEfendiM.PdM.Kes(2)Drs.UsepKustiawanM.Sni.KataKunciTunarunguMetodeSQ3RMembacaPemahaman.Membacamerupakankegiatanatauprosesmenerapkansejumlahketerampilanmengolahteksbacaandalamrangkamemahamiisibacaan.Anaktunarungukesulitandalammemahamisuatubacaankarenakosakatayangdimilikinyasangatlahterbatasdanbahkanterkadangsalahdalammempersepsikansuatukata.Olehkarenaituanaktunarungumengalamikesulitandalammengungkapkaninformasidalambacaanyangdibaca.PenelitianinibertujuanuntukmendiskripsikankemampuanmembacapemahamanpesertadidiktunarungukelasVIIsebelumdansesudahdiberikanmetodeSQ3R(surveyquestionreadrecitereview)danmendeskripsikanpengaruhmetodeSQ3R(surveyquestionreadrecitereview)dalammeningkatkankemampuanmembacapemahamanpesertadidiktunarungukelasVIIdiSLBPembinaTk.NasionalBagianCLawang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdenganmetodepreeksperimendengandesainonegrouppretest-posttest.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniberupatestulisuntukkegiatanpretestdankegiatanposttest.TeknikanalisisyangdigunakanpadapenelitianiniialahujihipotesismenggunakanUjiWilcoxon.Berdasarkananalisisdatayangdiperolehhasilnyayaitunilairata-ratapadakegiatanpretestsebesar54dannilairata-ratakegiatanposttestsebesar87.HasiloutputdiperolehdengansyaratapabilaH0diterimayaknimemilikiThitungTtabeldanH0ditolakjikamemilikiThitungTtabel.PadapenelitianinidiperolehhasilThitungTtabelyakninilaiThitung0Ttabel1atau01sehinggaH0ditolak.HalinimenunjukkanbahwaterdapatperbedaankemampuanmembacapemahamanpesertadidiktunarungusebelumdansesudahdiberikannyametodeSQ3R.PenelitianinidapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhpadametodeSQ3RdalammeningkatkankemampuanmembacapemahamanpesertadidiktunarungukelasVIIdiSLBPembinaTk.NasionalBagianCLawang.SaranyangdiajukanolehpenulisuntuklembagasekolahialahbahwametodeSQ3Rdapatdijadikanreferensidalampemilihanmodelpembelajaranyangdapatdisesuaikandengankarakteristikpesertadidikdalammeningkatkankemampuanmembacapemahamanpadapesertadidiktunarungu.Bagigurudapatdigunakandalammeningkatkankemampuanmembacapemahamanpesertadidiktunarungu.BagipenelitiselanjutnyapenggunaanmetodeSQ3Rdapatdigunakandalammeningkatkankemampuanmembacapemahamanpadapesertadidikdenganketunaanselaintunarungu.