Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada mata pelajaran sejarah Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-IPS 1 MAN Kota Batu / Moch. Dimas Galuh Mahardika

Main Author: Mahardika, Moch. Dimas Galuh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/90589/
Daftar Isi:
  • RINGKASANMahardikaMoch.DimasGaluh.2019.PenerapanModelPembelajaranGroupInvestigation(GI)PadaMatapelajaranSejarahIndonesiaUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasX-IPS1MANKotaBatu.Sikripsi.JurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing1)Dr.DewaAgungGedeAgungM.Hum2)IndahWahyuPujiUtamiS.PdS.Hum.M.Pd.KataKunciModelPembelajaranGroupInvestigationhasilbelajar.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasX-IPS1penelitimendapatkandatahasilUASGanjilTahunAjaran2018-2019.Datatersebutmenunjukkanbahwanilairata-ratasiswakelasX-IPS1tergolongrendahjikadibandingkankelasyanglain.Selamakegiatanobservasidilaksanakanpenelitijugamelakukanwawancarakepadagurudansiswauntukmenambahinformasiterkaitkondisikelassaatpembelajaran.Selainitupenelitimenyebarkanangkettanggapanpembelajarankepadasiswauntukmengetahuitestimonisiswaterhadapkegiatanpembelajaran.Jumlahsiswayangmengisiangketsebanyak34anak25siswamenganggapbahwamodelpembelajaranyangditerapkanolehgurubiasa-biasasajadan20menganggapbahwametodeyangditerapkangurubiasa-biasasaja.Berdasarkanhasilangketinipenelitiberasumsibahwasiswamenginginkanpembelajaranyanginovatifsehinggapenelitidapatmempertimbangkanmodelpembelajaranyangnantinyacocokdigunakandidalamkelastersebut.Berdasarkanangkettanggapanpembelajaranyangtelahdiisiolehsiswapenelitiberasumsibahwasiswamenginginkankegiatanpembelajaranyanglebihinovatifdenganmenggunakanmodelpembelajaran.Selanjutnyapenelitimelakukandiskusibersamaguruuntukmencarisolusidalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.MakasalahsatualternatifperbaikanyangtelahdipertimbangkanolehpenelitidanguruadalahmenerapkanmodelpembelajaranGroupInvestigationuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasX-IPS1.PendekatanpenelitianyangsesuaiuntukmenerapkanmodelpembelajaranGroupInvestigationadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).PenelitianinidilakukandalamduasiklussiklusIdansiklusII.Beberapatahapandalampenelitianinidiantaranya(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(4)refleksi.Penelitianiniadalahpenelitiankolaboratifyangdilakukanolehpenelitidanguru.Padatahapperencanaanpenelitidangurumerencanakankegiatanpembelajaransesuaidenganlangkah-langkahmodelpembelajaranGroupInvestigation.Perangkatlainyangdisiapkansepertikisi-kisidansoaltesdisusunbersamadenganguru.PeranpenelitidalampenelitianiniadalahsebagaiobserveryangbertugasuntukmengamatikegiatangurudansiswaselamaberlangsungnyakegiatanpembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigation.Instrumenyangdigunakanpadatahappengamatanadalahlembarobservasikegiatangurudansiswauntukmengukurketerlaksanaanmodelpembelajaransertalembarcatatanlapangan.Untukmengukurpeningkatanhasilbelajarsiswagurumemberikansoaltesdisetiapakhirsiklus.Padatahaprefleksipenelitidangurumelakukanevaluasiuntukmengetahuikekuranganyangmunculsaatkegiatanpembelajaranberlangsung.PelaksanaantindakandenganmenerapkanmodelpembelajaranGroupInvestigationdilakukanpadahariSabtu16Maret2019untuksiklusIdansiklusIIdilaksanakanpada30Maret2019.BerdasarkanlembarobservasikegiatangurutingkatketerlaksanaanmodelpembelajaranGroupInvestigationpadasiklusImencapai8947%danmeningkatpadasiklusIImenjadi9342%.HasilobservasikegiatansiswajugamenunjukkanhasilyangbaikyakniperolehansiklusIsebesar9166%danmeningkatpadasiklusIImenjadi9833%.Hasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatanjikadilihatberdasarkannilairata-ratakelashasilpengerjaanposttestpadatiapsiklus.SiklusIrata-ratakelasmencapai7931danmeningkatpadasiklusIImenjadi8333.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdiasumsikanbahwamodelpembelajaranGroupInvestigationcocokuntukditerapkanpadapembelajaransejarahkarenatelahterbuktimampumeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranSejarahIndonesia.