Pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Acquire, Search out, Trigger, Exhibit and Reflect (MASTER) terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada matapelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS SMAN 1 Batu / Dina Ilmiati Rizqiyah

Main Author: Rizqiyah, Dina Ilmiati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/90576/
Daftar Isi:
  • RINGKASANRizqiyahDinaIlmiati.2019.PengaruhPenggunaanModelPembelajaranMindAcquireSearchOutTriggerExhibitReflect(MASTER)terhadapKemampuanBerpikirAnalitisPesertaDidikpadaMatapelajaranSejarahIndonesiaKelasXIIPSSMAN1Batu.Skripsi.JurusanSejarah.FakultasIlmuSosial.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.JokoSayonoM.PdM.Hum(II)Drs.KasimanuddinIsmainM.Pd.KataKunciPembelajaranSejarahModelPembelajaranMASTERBerpikirAnalitisSalahsatukemampuanberpikirtingkattinggiyangsebaiknyadimilikipesertadidikadalahkemampuanberpikiranalitis.Berpikiranalisispentingdalamprosespembelajarankarenapesertadidikdapatbersikaprasionaldandapatmemperolehinformasiutuhsertaruntut.Tetapikemampuanberpikiranalitiskurangdikembangkandisekolah.SalahsatunyaterlihatdarikemampuanberpikiranalitispesertadidikdiSMAN1Batuyangmasihrendah.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanberpikiranalitispesertadidikdalampembelajaransejarahadalahmodelpembelajaranMindAcquireSearchOutTriggerExhibitReflect(MASTER).Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui1)KemampuanberpikiranalitispesertadidikyangmenggunakanmodelpembelajaranMASTERdalampembelajaransejarahdiSMAN1Batu.2)PengaruhmodelpembelajaranMASTERterhadapkemampuanberpikiranalitispesertadidikdalampembelajaransejarahdiSMAN1Batu.PenelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifjenisPre-experimentdenganrancanganOneGroupPretest-PosttestDesign.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhpesertadidikkelasXIIPSSMAN1BatudengansampelkelasXIIPS3yangdiambilmenggunakanteknikpurposivesampling.Instrumenyangdigunakanadalahsoalsubjektif(esai).Hasilpenelitianiniakandiujidenganuji-tuntukmelihatadatidaknyapengaruhdanujiregresiliniersederhanauntukmenghitungbesarnyapengaruh.Hasilpenelitianmenunjukkan1)KemampuanberpikiranalitispesertadidikyangmenggunakanmodelpembelajaranMASTERmengalamipeningkatansebesar36%.2)Hasilanalisisregresimenunjukkannilaithitungsebesar2947danttabelsebesar170562.Berdasarkannilaitersebutdapatdiketahuibahwathitungttabeldengantarafsignifikansi5%.OlehkarenaitudisimpulkanH1diterimayaknimodelpembelajaranMASTERberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalitispesertadidikdalampembelajaransejarahdiSMAN1Batu.Besarpengaruhyangterjadiadalah27%.Berdasarkanhasilpenelitiansaranyangdapatdikemukakanadalah1)GurudapatmenggunakanmodelpembelajaranMASTERdalampembelajaransejarahdanuntukmeningkatkankemampuanberpikiranalitispesertadidik.2)BagipenelitiselanjutnyadapatmengujimodelpembelajaranMASTERterhadapvariabellaindenganlokasidanmateriyanglain.